Jumat, 20 April 2018 04:33 WIB
citraland

Kemenhub Tambah Kapal Perintis Tol Laut

Redaktur:

DEMI RAKYAT: Para stakeholder Tol Laut berpose di depan KM Sabuk Nusantara 110.

INDOPOS.CO.ID - Program Tol Laut  untuk  ketersediaan barang dan mengurangi kesenjangan harga, terus digeber. Seperti yang dilakukan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, dengan menambah armada kapal perintis . Tidak hanya itu, kapal khusus angkutan barang berukuran tidak terlalu besar, untuk menjangkau pelabuhan-pelabuhan kecil, rencananya juga akan dibuat. Hal itu untuk mendukung program yang dicanangkan Presiden Jokowi tersebut.

Penambahan Kapal Perintis  yakni  tipe 1.200 GT (Paket S), yang diluncurkan di Bangka, Senin (4/9).  Kapal tersebut diberi nama KM Sabuk Nusantara 110. Rencananya, kapal tersebut akan dioperasikan oleh Pelni. Perusahaan BUMN itu sebelumnya juga sudah mengoperasikan sejumlah KM Sabuk Nusantara.

Plt. Dirjen Perhubungan Laut Bay M. Hasani dalam sambutannya  yang diwakili oleh Kasubdit Angkutan Laut Luar Negeri, Direktorat Lalulintas dan Angkutan Laut, Een Nuraini Saidah mengatakan, peluncuran kapal perintis tersebut juga  merupakan tindak lanjut dari penandatanganan kontrak pembangunan kapal pada 2 November 2015.

"Dengan semakin bertambahnya kapal perintis diharapkan dapat menunjang kelancaran program tol laut.  Yang bertujuan untuk meningkatkan penurunan disparitas harga di Indonesia timur," ujar Bay, Senin (4/9). Menurutnya, pemerintah terus berupaya meningkatkan pengembangan sarana dan prasarana transportasi laut. "Ini sebagai wujud nyata pemerintah dalam memperlancar arus penumpang, barang, dan jasa di seluruh penjuru Tanah Air," ujarnya.

Kapal perintis menurut Bay, merupakan salah satu bentuk nyata sejak tahun 2015-2017 Direktorat Jenderal Perhubungan Laut telah membangun 100 unit kapal perintis. Kapal itu, dibangun oleh  PT Pahala Harapan Lestari,  dengan tepat waktu.

"Pemerintah juga memberikan apresiasinya kepada PT Pahala Harapan Lestari karena pembangunan kapal berjalan lancar dan tepat waktu," jelas Bay. Kapal tersebut  akan ditempatkan di perairan yang melewati ketinggian di atas rata-rata dua meter.  Yang kebanyakan berada di wilayah Samudera Hindia dan Indonesia bagian Tengah dan Timur.

Untuk diketahui,  supaya  Tol Laut berjalan sesuai rencana, pemerintah melalui Kementrian Perhubungan (Kemenhub) telah menganggarkan program tersebut. Pada tahun 2017 ini, jumlah anggaran mencapai Rp 355 miliar lebih. Anggaran ratusan miliar tersebut untuk mendukung 13 trayek tol laut. Sebanyak 7 trayek ditugaskan kepada PT Pelni dengan menggelontorkan anggaran sebesar Rp 226 miliar lebih. Sedangkan sisanya, sebanyak 6 trayek dilakukan pelelangan umum. Dilaksanakan oleh perusahaan angkutan swasta dengan anggaran sebesar Rp 128 miliar lebih. (dai)


TOPIK BERITA TERKAIT: #tol-laut 

Berita Terkait

Layanan Tol Laut Pakai Aplikasi

Nusantara

Bamsoet Soroti Realisasi Tol Laut Jokowi

Nasional

Megaproyek Tol Laut Jokowi Rawan Korupsi

Nasional

Pemerintah Anggarkan Ratusan Miliar

Nasional

IKLAN


1. Ditjen PHU akan Kerjasama dengan Ditjen Bimas Islam Adakan Penyuluh Haji    2. Di Anggap Prospektif, Dirjen Nizar Minta Prodi Manajemen Haji dan Umrah Masuk Fakultas Ekonomi Syariah    3. 2019, Di Targetkan Seluruh Pembimbing Manasik Haji Bersertifikat    4. Hasilkan Pembimbing Haji Profesional, Ditjen PHU MoU dengan IAIN Purwokerto    5. Beri Kuliah Umum, Dirjen Nizar Minta Pembimbing Haji Bersertifikasi dan Profesional    6. 1.096 Jemaah Haji Khusus Masuk Pelunasan Tahap II    7. Layanan Armina Bakal Meningkat    8. Dirjen Nizar: Relokasi Anggaran ke APBN Demi Azaz Keadilan    9. Petugas Haji Bertambah, Pelayanan Optimis Meningkat    10. 2019, Pembimbing Haji Bersertifikasi dan Profesional    11. Temui Direktur Proyek E Hajj Arab Saudi, Tim Pelayanan Haji Bahas Kesiapan Layanan Haji    12. Permudah Pendataan, Ditjen PHU Siapkan Gelang QR untuk Jemaah Haji    13. FK-KBIH Teken Pakta Integritas Manasik Haji    14. Saat Ini di Ditjen PHU Sudah Ada Advokasi Haji    15. Tim harus Jaga Integritas, Komitmen dan Soliditas Tugas    16. Kemenag Merilis Daftar Nama Jemaah Haji Berhak Lunas    17. Seleksi Petugas Haji 1439 H/2018 M Dibuka 20 Maret    18. Biaya Haji 2018 Disepakati    19. Pembinaan Haji Inheren Kesehatan    20. Haji Rescue Team terus Berikan Pelayanan Maksimal    21. Asrama Haji Bermetamorfosis Menjadi Hotel Berbintang    22. Sertifikasi Haji, Kemenag Gandeng UIN Suska Riau    23. Rekrutmen Petugas Haji secara Online    24. Kemenag Targetkan Indeks Kepuasan Haji Naik    25. Cek Perkiraan Berangkat Haji Khusus via Online    26. Pedoman Pembatalan Pendaftaran Haji Reguler 2018 Kembali Dibuka    27. Ini Tata Cara Pembatalan Pendaftaran Ibadah Haji    28. Kuota Haji 2018 Sama dengan 2017    29. Diseminasi Advokasi Haji Dimulai di Bogor, Daerah Lain Menyusul    30. Rangkul Muspida, Advokasi Haji akan Lakukan Diseminasi