Rabu, 17 Januari 2018 06:20 WIB

UMKM

Cakep Nih, Peritel Bersedia Bermitra dengan UKM

Editor: Wahyu Sakti Awan

EKONOMI RAKYAT: Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany melihat hasil produk UKM di wilayah kerjanya. Foto: Tangsel Pos

INDOPOS.CO.ID– Peritel modern menyambut positif rencana Kementerian Perdagangan yang akan mengatur regulasi kemitraan antara pelaku usaha ritel modern besar dan warung/toko kelontong usaha kecil dan menengah. Direncanakan, peritel modern diarahkan untuk menyuplai barang untuk warung/kelontong usaha kecil dan menengah.

Ketua Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Jatim April Wahyu Widati menyatakan, terkait rencana pemerintah tersebut, Aprindo akan mendukung penuh. Tapi, untuk itu, diperlukan persiapan dan komunikasi intensif supaya kebijakan tersebut bisa berjalan tanpa kendala.

”Yang perlu ditekankan, harus ada komunikasi dengan para pihak terkait. Supaya ketika itu diterapkan, semua peritel bisa menjalankan program dengan baik,” ujar April Wahyu Widati, Kamis (5/10). Saat ini regulator dari Kementerian Perdagangan juga masih membahas rencana tersebut secara intensif dengan Aprindo. Secara umum, lanjut dia, Aprindo memiliki sejumlah masukan terkait rencana kemitraan itu.

Sebagaimana diketahui, dalam UU Perdagangan 7/2009 disebutkan, ada lima format ritel. Cakupannya adalah minimarket, supermarket, hipermarket, department store, dan wholesale alias perkulakan. Di dalam aktivitas bisnisnya, empat di antara lima format tersebut berhubungan langsung dengan konsumen akhir atau end user. (res/c10/sof/Jawa Pos/JPG)

Berita Terkait