Rabu, 25 April 2018 05:41 WIB
citraland

Jakarta Raya

Lahan Reklamasi Bisa Untuk Program Rumah DP 0 Rupiah

Redaktur: Syaripudin

SEMINAR: Kajian Ilmiah Kelayakan Pemanfaatan Reklamasi Teluk Jakarta di Universitas Jayabaya, Jakarta Timur, Selasa (28/11). Foto: Purwoko/INDOPOS.CO.ID

INDOPOS.CO.ID - Pemanfaatan lahan reklamasi Pulau C dan D untuk program rumah DP 0 Rupiah kembali mencuat. Kali ini ide itu muncul dalam seminar bertajuk Kajian Ilmiah Kelayakan Pemanfaatan dan Kelanjutan Reklamasi Teluk Jakarta di Universitas Jayabaya, Jakarta Timur, Selasa (28/11).

”Nantinya reklamasi Pulau C dan D bisa dijadikan lahan atau area pembangunan rumah DP 0 rupiah," ujar Rasminto, Direktur Eksekutif Human Studies Institute, yang menjadi pembicara dalam seminar itu.

Rasminto mengatakan, Pemprov DKI Jakarta perlu mengkaji secara mendalam atas dampak keekonomisan apabila reklamasi Pulau C dan D dibiarkan mangkrak. "Kita melihat dampak keekonomisan, termasuk ketika pulau reklamasi dibatalkan dan ini juga perlu dikaji," kata Rasminto.

Menurut Rasminto yang juga aktif sebagai anggota Ikatan Geografi Indonesia (IGI) ini, Anies Baswedan dan wakilnya, Sandiaga Uno memiliki program unggulan rumah DP 0 Rupiah. Pada sisi lain ketersediaan lahan di Ibu Kota sangat terbatas.

"Sehingga tidak ada salahnya jika mengkaji pemanfaatan pulau reklamasi yang sudah terlanjur dibangun itu dilakukan," terang anggota Perkumpulan Peneliti Pendidikan dan Manajemen Lingkungan Hidup (P3ML) ini.

Sementara itu pakar hukum Supardji mengungkapkan, ada baiknya polisi segera mempercepat proses penyidikan kasus reklamasi Teluk Jakarta. Sebab dengan begitu, kelangsungan proyek reklamasi dapat segera ditentukan.

"Percepat proses penyelidikan itu untuk menentukan status hukumnya, apakah ada pidananya dan segera dilimpahkan ke pengadilan. Siapa tahu dalam proses perizinan dulu ada unsur gratifikasi atau korupsi," kata Kepala Program Studi Ilmu Hukum Pascasarjana Universitas Al Azhar ini. (wok)


TOPIK BERITA TERKAIT: #rumah-dp-0-rupiah 

Berita Terkait

Wagub Ajak Warga Cegah Calo Rumah DP 0 Rupiah

Jakarta Raya

Pergub Rumah DP 0 Rupiah Diterbitkan

Jakarta Raya

Anies-Sandi Target Bangun 250 Ribu Rumah DP 0 Rupiah

Jakarta Raya

Meski Dihadang, Rumah DP 0 Rupiah Melenggang

Jakarta Raya

IKLAN


1. Ditjen PHU akan Kerjasama dengan Ditjen Bimas Islam Adakan Penyuluh Haji    2. Di Anggap Prospektif, Dirjen Nizar Minta Prodi Manajemen Haji dan Umrah Masuk Fakultas Ekonomi Syariah    3. 2019, Di Targetkan Seluruh Pembimbing Manasik Haji Bersertifikat    4. Hasilkan Pembimbing Haji Profesional, Ditjen PHU MoU dengan IAIN Purwokerto    5. Beri Kuliah Umum, Dirjen Nizar Minta Pembimbing Haji Bersertifikasi dan Profesional    6. 1.096 Jemaah Haji Khusus Masuk Pelunasan Tahap II    7. Layanan Armina Bakal Meningkat    8. Dirjen Nizar: Relokasi Anggaran ke APBN Demi Azaz Keadilan    9. Petugas Haji Bertambah, Pelayanan Optimis Meningkat    10. 2019, Pembimbing Haji Bersertifikasi dan Profesional    11. Temui Direktur Proyek E Hajj Arab Saudi, Tim Pelayanan Haji Bahas Kesiapan Layanan Haji    12. Permudah Pendataan, Ditjen PHU Siapkan Gelang QR untuk Jemaah Haji    13. FK-KBIH Teken Pakta Integritas Manasik Haji    14. Saat Ini di Ditjen PHU Sudah Ada Advokasi Haji    15. Tim harus Jaga Integritas, Komitmen dan Soliditas Tugas    16. Kemenag Merilis Daftar Nama Jemaah Haji Berhak Lunas    17. Seleksi Petugas Haji 1439 H/2018 M Dibuka 20 Maret    18. Biaya Haji 2018 Disepakati    19. Pembinaan Haji Inheren Kesehatan    20. Haji Rescue Team terus Berikan Pelayanan Maksimal    21. Asrama Haji Bermetamorfosis Menjadi Hotel Berbintang    22. Sertifikasi Haji, Kemenag Gandeng UIN Suska Riau    23. Rekrutmen Petugas Haji secara Online    24. Kemenag Targetkan Indeks Kepuasan Haji Naik    25. Cek Perkiraan Berangkat Haji Khusus via Online    26. Pedoman Pembatalan Pendaftaran Haji Reguler 2018 Kembali Dibuka    27. Ini Tata Cara Pembatalan Pendaftaran Ibadah Haji    28. Kuota Haji 2018 Sama dengan 2017    29. Diseminasi Advokasi Haji Dimulai di Bogor, Daerah Lain Menyusul    30. Rangkul Muspida, Advokasi Haji akan Lakukan Diseminasi