Rabu, 17 Januari 2018 06:10 WIB

Kuliner

Madam Tan Resto, Restoran Rasa Komplet Perpaduan Tiga Outlet

Editor:

Foto : istimewa

INDOPOS.CO.ID - Mendengar nama Madam Tan Resto, hal pertama yang telintas adalah seminar ataupun pertemuan lainnya. Pasalnya, restoran yang berlokasi di Jalan Cok Agung Tresna ini, memang  sering digunakan sebagai lokasi pertemuan  formal dan non formal.

Citra sebagai tempat pertemuan tentu tidak salah, karena konsep Madam Tan Resto ini, memang dirancang untuk melayani pasar MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition), yakni untuk pertemuan, insentif, konvensi, dan pameran yang saat ini sedang berkembang pesat di Bali. Meski demikian, restoran ini juga menjadi tempat yang asyik untuk menikmati makanan dan suasana santai yang nyaman bagi perorangan.

Operational Manager Madam Tan Resto, Timothius Suhandy mengatakan, Madam Tan Resto Bali yang berdiri sejak tahun 2015 ini, menjadi salah satu bagian dari jaringan Madam Tan Restoran yang berpusat di Yogyakarta. “Madam Tan Resto Bali adalah restoran dengan konsep yang berbeda dengan tiga Madam Tan Resto yang ada di Yogyakarta,” jelasnya kepada Bali Express (Jawa Pos Group), Jumat (24/11) kemarin.

Dijelaskan Suhandy, Madam Tan Resto Bali ini menggabungkan konsep dari tiga outlet Madam Tan yang berada di Yogyakarta, yaitu Madam Tan Classic, Madam Tan Ristorante, dan Madam Tan Wok Bar.

Dengan adanya penggabungan ini, menu dan suasana di Madam Tan Resto Bali cukup lengkap. Dari menu, Madam Tan Resto Bali memiliki ragam jenis menu yang cukup lengkap, mulai dari Asian Food, Nusantara Food hingga Western Food. Sedangkan untuk suasana, menawarkan suasana nyaman dengan dua zone, yakni outdoor dan indoor.  “Karena konsepnya adalah penggabungan dari tiga Madam Tan Resto lainnya, maka jenis menunya cukup beragam. Dan, untuk yang di Bali kami tambahkan satu menu khas Bali, yakni Ikan Bakar Ala Jimbaran,” jelas  Executive Chef Madam Tan Resto, Henry.

Lantas, apa menu favorit di Madam Tan Resto Bali? Chef Henry mengatakan,  ada beberapa menu favorit. Mulai Nasi Goreng hingga Pizza. “Nasi Goreng Merah ala Madam Tan menjadi menu favorit,” bebernya.

Sesuai dengan namanya,  Nasi Goreng Merah tampilannya  memang berwarna merah cerah. Namun, pelanggan jangan khawatir, karena warna merah pada nasi goreng ini tidak berasal dari pewarna kimia, tetapi dari umbi bit atau beetroot.

Nasi Goreng ini memiliki perpaduan rasa yang unik, yakni pedas, asam, dan manis. Hal ini karena bahan yang digunakan cukup beragam. “Nasi Goreng yang kami punya, memiliki sensasi rasa yang unik, karena dalam satu porsi kami campurkan beberapa bahan, seperti buah nanasnya, paprika merah dan hijau, juga kismis dan daging ayam,” paparnya.

Masih di sajian Nusantara, restoran ini juga menyajikan menu Nasi Bakar yang dinamai Nasi Bakar Tangkuban Perahu. Nasi yang dibakar dengan daun pisang ini memiliki isian yang cukup komplet, seperti pete, daun kalian dan ikan asin. Nasi ini disajikan dengan beragam lauk pendamping, seperti  sambal, potongan daging, dan juga sup bola-bola ayam dengan rasa kuah yang gurih.

Sementara untuk Pizza,  juga disajikan dengan rasa yang unik, yakni perpaduan antara rasa manis dan gurihnya daging sapi. Rasa manis yang digunakan ini, didapat dari daging sapi yang sebelumnya dimasak dengan bumbu manis, sehingga ketika digunakan sebagai topping, memberikan sensasi rasa manis yang gurih.

Selain itu, proses pemanggangan Pizza yang menggunakan bara api dari kayu kopi, lanjut Chef Henry, juga membuat aroma dari Pizza semakin nikmat. “Untuk memanggang Pizza, kami gunkaan bara kayu, tidak pakai oven karena akan memengaruhi kualitas rasa,” terangnya.  

Beragam Sajian untuk Menu Penutup

Sama halnya dengan menu makanan utama yang beragam, untuk menu pencuci mulut, Madam Tan juga memiliki beragam jenis pilihan dessert (makanan penutup). Mulai dari dessert dengan sensasi rasa segar hingga kopi dan beragam jenis latte.

Ada banyak pilihan tersedia, seperti Es Madam Tan, Es Langkawi, Matcha Green, dan lainnya. Dijelaskan Chef Henry.

Es Madam Tan tampilannya sekilas mirip dengan es buah dengan isian buah naga dan kolang kaling, namun dengan citarasa manis.

Selanjutnya adalah Es Langkawi, yakni hidangan es yang terdiri dari perpaduan es serut, tape, cincau, buah nangka, kolang kaling, dan bahan segar lainnya. “Untuk es ini, kami menggunakan tape hijau dengan pemanis yang terbuat dari gula aren, sehingga rasa manisnya tidak membuat eneg,” ungkapnya.

Selain menu dessert, Madam Tan Resto juga menyediakan menu kopi sebagai menu penutup. Kopi yang dihidangkan adalah kopi Bali yang disajikan dengan metode coffee press dan latte art.

Madam Tan Resto mematok harga yang cukup terjangkau, sehingga semua kalangan bisa menikmati menu makanan yang dihidangkan. (bx/rin/gek/yes/JPR)

Berita Terkait

Nyeruput Kopi, Rindukan Batavia Tempo Doeloe

Kuliner

First Crack Coffee Academy Cetak Ahli Kopi

Kuliner

Gooloong, Evolusi Martabak Zaman Now

Kuliner

Reaktiv Coffee, Cara Lain Menikmati Kopi

Kuliner

Berinovasi dengan Sate

Kuliner