Rabu, 17 Januari 2018 06:09 WIB

Kuliner

Berinovasi dengan Mangga

Editor:

INDOPOS.CO.ID - Siapa yang tak kenal dengan mangga. Buah ini selalu dinanti disaat musimnya tiba. Selain cocok untuk kesehatan tubuh dan juga kecantikan wajah. Buah ini mengandung protein, kalium, zat besi, kalori, lemak, karbohidrat, beta karoten, vit A, B6, vit K dan juga potasium.

Tak salah, buah mangga kerap dijadikan sajian dalam kebutuhan sehari-hari. Tak hanya minuman,  buah bisa penghias kue. Salah satunya Minum juice  (jus).

Walaupun  tidak sebooming aktivitas minum kopi. Namun, bila ingin khusus menikmati aneka jus, mangga selalu menjadi pilihan utama.

Ingin menikmati jus di Denpasar, sangat gampang. Pasalnya,  hampir seluruh rumah makan ataupun industri kuliner di Denpasar menyediakan jenis minuman satu ini. Namun, jika memang ingin menikmati jus dengan beragam pilihan, coba datang ke Juice Time  di Jalan Raya Batu Bulan No 50, Sukawati, Gianyar.

Untuk menemukan lokasi Juice Time ini tidaklah  sulit.  Dari Terminal Batu Bulan,  ikuti saja Jalan Raya Batu Bulan ini hingga 200 meter ke arah Sukawati, tepat di sisi kanan jalan akan menemukan counter Juice Time yang menjadi satu dengan outlet sandal jepit import.

Di Juice Time ini, konsumen tidak saja dimanjakan dengan beragam jenis jus buah dan sayuran, namun juga tersedia menu makanan ringan ataupun berat, yang bisa dinikmati sebagai teman minum jus.

Corporate Chef Juice Time, Putu Riyanta Martawan mengatakan, Juice Time memang menjadi salah satu destinasi kuliner yang patut dicoba oleh wisatawan ataupun masyarakat lokal.

Dikatakan Putu Riyanta, Juice Time yang mengambil konsep restoran outdoor ini, tidak saja menyajikan beragam jenis menu jus, namun  menjadi salah satu destinasi kuliner di Bali yang mengadopsi gaya hidup sehat dalam konsep makanan yang disajikan.

”Saat ini tren menyantap healty food sudah menjadi gaya hidup bagi sebagian besar masyarakat. Maka, melalui Juice Time ini, kami ingin memberikan pilihan tempat bagi masyarakat yang ingin mencicipi menu makanan sehat,” paparnya kepada Bali Express (indopos grup ) belum lama ini.

Karena healty food menjadi slogan utama, lanjutnya,  maka jus yang disajikan  jus segar yang dibuat dari buah segar. Juice Time menyediakan beberapa jenis pilihan jus kepada para pelanggannya, mulai dari original juice atau single juice yang terbuat dari satu jenis olahan buah sampai mix juice yang berisi perpaduan beberapa jenis buah menjadi satu minuman jus.

Tidak hanya menyajikan jus dari olahan buah, Juice Time juga menawarkan jus Popeye Mix. Jus yang terbuat dari sayur-sayuran impor seperti tomat dan bayam.

Selain jus biasa, pengunjung dapat memilih jenis jus seperti mix, green, healty, dan yogurt, Juice Time ini juga dilengkapi beberapa jenis menu lainnya, seperti Smoothies Bowl, yakni smoothies buah yang dihidangkan dalam mangkok.

”Untuk Smoothies Bowl ini, kami sajikan dengan beragam jenis topping, mulai dari granola, buah potong dan forsen berry,” ungkapnya.

Lantas, apa jenis jus yang paling  digemari pelanggan saat ini? Putu Riyanta menyebutkan  Manggo Hitz menjadi salah satu menu favorit di Juice Time. Manggo Hitz ini pada dasarnya adalah pure mangga yang disajikan dengan homemade whipped cream dan tambahan mangga potong segar.

Manggo Hitz, lanjutnya,  menjadi salah satu menu sehat yang disajikan di Juice Time ini, tanpa ada tambahan gula lagi.

”Namun, jika pelanggan minta dicampurkan gula, kami tambahkan, karena kami ingin pelanggan kami nyaman dan bisa menikmati menu-menu yang kami sajikan,” tambahnya.

Selain Manggo Hitz, Juice Time juga memiliki menu jus yang  terbuat dari sayuran, yakni Healty Imboost. Jus ini terbuat dari campuran beetroot, apel, wortel, dan nanas, yang rasanya manis dan asam  menyegarkan.

Simple Food Jadi Menu Pelengkap Minum Jus

Sebagai pelengkap minum jus,Juice Time  juga memanjakan pelanggannya dengan beragam jenis menu makanan, mulai dari snack hingga makanan berat. Putu  Riyanta menegaskan,  meskipun menunya adalah menu makanan Western dan Asian Food, namun tetap yang jadi fokus adalah  jenis healty food.

Salah satunya adalah Burger yang disajikan healty food, karena paty  dibuat sendiri oleh tim dapur Juice Time. "Kebersihan dan kualitas kesehatan daging yang digunakan untuk membuat makanan ini bisa dijamin," terangnya.

Khusus menu makanan favorit, Juice Time memiliki satu menu andalan, yakni Chicken Parmigiana. Ayam goreng Italia ini disajikan dengan rasa yang tidak jauh berbeda dengan rasa aslinya, yakni ayam goreng Parmigiana dengan saus keju yang gurih.

Juice Time mematok harga makanannya tidak terlalu tinggi, yakni mulai dari Rp 14 ribu sampai dengan Rp 40 ribu per porsi. “Hal ini kami lakukan supaya semua kalangan bisa menikmati makanan yang kami sajikan,” ungkapnya. (bx/rin/gek/yes/jpg)

Agar tidak salah dalam memahami manfaat dan khasiat mangga, kami berikan rincian penjelasan tentang beberapa kegunaan buah ini untuk kesehatan Anda.

Berikut ini informasinya seperti dilansir dari khasiat.co.id :

1. Mengatasi diabetes

Kandungan glikemik dalam buah mangga termasuk rendah, sehingga tidak akan membahayakan penderita diabetes. Glikemik yang rendah tidak akan memicu kadar gula dalam darah menjadi tinggi, sehingga bisa diandalkan sebagai makanan yang mampu mengatasi diabetes.

2. Mencegah degenerasi macula

Khasiat mangga untuk mencegah degenerasi macula didukung oleh kandungan anti oksidan zeaxanthin yang mampu menurunkan kerusakan tubuh akibat degenerasi tersebut. Tentunya Anda akan jauh lebih sehat dengan mengonsumsi buah ini.

3. Mengatasi penyakit jantung

Manfaat mangga yang berikutnya adalah mencegah dan mengatasi penyakit jantung. Kandungan serat, vitamin dan kalium adalah perpaduan senyawa yang baik untuk menyehatkan organ jantung Anda. Jantung yang sehat akan membuat tubuh Anda juga sehat.

4. Mencegah penyakit kanker

Beberapa senyawa dalam buah ini seperti asam galat dan fisetin berkhasiat untuk mencegah penyakit kanker. Manfaat mangga yang satu ini akan melindungi organ tubuh Anda yang berpotensi mengidap penyakit kanker, seperti payudara dan usus besar.

5. Membuat tulang lebih sehat

Khasiat mangga untuk tulang adalah menguatkannya dan membantu pertumbuhannya. Kandungan vitamin K dalam buah ini berguna untuk kesehatan tulang. Jadi Anda tidak hanya membutuhkan kalsium saja, namun juga vitamin K.

6. Melancarkan pencernaan

Salah satu kandungan senyawa yang ada pada buah mangga untuk melancarkan pencernaan adalah serat. Buah ini akan membantu Anda memiliki pencernaan yang lebih baik dan juga sehat tentunya agar senantiasa terhindar dari penyakit pencernaan.

7. Obat anemia

Obat anemia yang paling cocok adalah zat besi. Zat besi banyak terdapat pada buah mangga. Jadi jika Anda mengonsumsi buah ini setiap hari, Anda bisa mengobati penyakit anemia dengan cara yang lebih alami.

8. Mengontrol kadar kolesterol

Kandungan vitamin C dan juga serat yang tinggi pada mangga mampu mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh. Kolesterol jahat adalah penyebab utama dari timbulnya beberapa penyakit kronis. Untuk menghindari hal tersebut, konsumsilah mangga dengan lebih teratur.

9. Membuat mata sehat

Khasiat mangga untuk mata adalah menyehatkannya. Buah ini kaya akan vitamin A yang sangat baik untuk menyehatkan mata dan membuat penglihatan Anda lebih jelas serta tajam. Buah ini juga sangat cocok bagi Anda penderita mata minus.

10. Mencegah asma

Banyak orang yang masih tidak tahu jika buah mangga dapat mencegah asma. Hal ini karena buah ini memiliki kandungan beta karoten yang tak kalah tinggi dari sayuran. Beta karoten adalah senyawa yang berkhasiat untuk mencegah penyakit asma.

 Manfaat dan Khasiat Buah Mangga Lainnya:

11.          Anti oksidan

12.          Mengatasi jerawat

13.          Melembabkan rambut

14.          Obat panas dalam

15.          Meningkatkan daya tahan tubuh

Berita Terkait

Nyeruput Kopi, Rindukan Batavia Tempo Doeloe

Kuliner

First Crack Coffee Academy Cetak Ahli Kopi

Kuliner

Gooloong, Evolusi Martabak Zaman Now

Kuliner

Reaktiv Coffee, Cara Lain Menikmati Kopi

Kuliner

Berinovasi dengan Sate

Kuliner