Selasa, 24 April 2018 04:50 WIB
citraland

makanmakan

Dua Jam Pecahkan Rekor MURI, Sajikan 10.861 Nasi Kotak

Redaktur:

JUARA: Ratusan koki dari Tagana menunjukkan penghargaan MURI setelah memasak di Peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional 2017. JPG

INDOPOS.CO.ID - Organisasi sosial yang bergerak dalam bidang penanggulangan bencana alam dan bencana sosial yang berbasiskan masyarakat atau yang dikenal sebagai Tagana sepertinya memiliki kemampuan yang lengkap.

Tak hanya profesional dalam membantu penanggulangan bencana alam dan bencana sosial. Sebaliknya mereka pun cakap dalam menyajikan makanan bagi korban bencana.

Dan itu dibuktikan mereka di Peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional 2017. Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) memberikan penghargaan atas rekor Lomba Dapur Umum Lapangan (Dumlap) Taruna Siaga Bencana (Tagana) Terbanyak.

Penghargaan MURI tersebut diserahkan langsung kepada Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial saat puncak peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) 2017 di Lapangan Kodam V Brawijaya, Surabaya, Rabu (20/12). Selanjutnya, penghargaan tersebut diserahkan kepada Dinas Sosial Pemerintah Provinsi Jawa

Lomba yang diikuti Tim Tagana dengan 38 Mobil Dapur Umum Lapangan Tagana Kabupaten/Kota se Jawa Timur tersebut mengharuskan setiap pesertanya menyiapkan makanan sebanyak 300 bungkus dalam kurun waktu dua jam.

Menunya adalah nasi, tumis kacang panjang, telur bumbu bali, dan sambal. Lomba digelar pukul 04.55 dan berakhir pukul 06.55. Sedikitnya 11.400 nasi kotak berhasil disajikan dalam lomba tersebut yang hasilnya akan dibagikan kepada seluruh peserta puncak peringatan HKSN 2017.

Ada empat kriteria penilaian yang dilakukan oleh tim juri yakni kualitas makanan, proses memasak, standar safety, dan rasa makanan. Hasilnya, Tim Tagana asal Kabupaten Trenggalek berhasil meraih juara I, disusul Kabupaten Tulungagung dan Kabupaten Banyuwangi di juara kedua dan ketiga.

"Ini menjadi modal Tagana untuk memberikan pelayanan yang lebih baik lagi kepada para korban bencana," ungkap Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, Rabu (20/12).

Khofifah mengatakan, Tagana bertugas dalam hal pemulihan dan penguatan sosial korban bencana alam serta kerjasama dan pengelolaan logistik hususnya dapur umum di pengungsian saat terjadi bencana. Dalam Standard Operasional Procedure , mewajibkan Tagana hadir maksimal 1 jam setelah terjadi bencana.

Sementara itu, Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Harry Hikmat mengatakan rekor MURI yang ditorehkan oleh Tagana Jatim adalah bukti konsistensi Tagana dalam bertugas dan melayani para korban bencana.

Menurutnya, kebutuhan logistik para korban bencana tidak bisa dianggap sepele. Tidak jarang malah berdampak buruk, jika logistik yang ada tidak dikelola dengan baik. "Saya tidak menyangka Tagana mampu menyajikan masakan dengan cepat dan enak. Apalagi kebanyakan yang memasak adalah laki-laki," tuturnya. (mg7/ash/jpg)
 


TOPIK BERITA TERKAIT: #kuliner 

Berita Terkait

Sensasi Daun Kare, Bikin Ketagihan

makanmakan

Ngopi Asyik, di Bengkel Moge

makanmakan

IKLAN


1. Ditjen PHU akan Kerjasama dengan Ditjen Bimas Islam Adakan Penyuluh Haji    2. Di Anggap Prospektif, Dirjen Nizar Minta Prodi Manajemen Haji dan Umrah Masuk Fakultas Ekonomi Syariah    3. 2019, Di Targetkan Seluruh Pembimbing Manasik Haji Bersertifikat    4. Hasilkan Pembimbing Haji Profesional, Ditjen PHU MoU dengan IAIN Purwokerto    5. Beri Kuliah Umum, Dirjen Nizar Minta Pembimbing Haji Bersertifikasi dan Profesional    6. 1.096 Jemaah Haji Khusus Masuk Pelunasan Tahap II    7. Layanan Armina Bakal Meningkat    8. Dirjen Nizar: Relokasi Anggaran ke APBN Demi Azaz Keadilan    9. Petugas Haji Bertambah, Pelayanan Optimis Meningkat    10. 2019, Pembimbing Haji Bersertifikasi dan Profesional    11. Temui Direktur Proyek E Hajj Arab Saudi, Tim Pelayanan Haji Bahas Kesiapan Layanan Haji    12. Permudah Pendataan, Ditjen PHU Siapkan Gelang QR untuk Jemaah Haji    13. FK-KBIH Teken Pakta Integritas Manasik Haji    14. Saat Ini di Ditjen PHU Sudah Ada Advokasi Haji    15. Tim harus Jaga Integritas, Komitmen dan Soliditas Tugas    16. Kemenag Merilis Daftar Nama Jemaah Haji Berhak Lunas    17. Seleksi Petugas Haji 1439 H/2018 M Dibuka 20 Maret    18. Biaya Haji 2018 Disepakati    19. Pembinaan Haji Inheren Kesehatan    20. Haji Rescue Team terus Berikan Pelayanan Maksimal    21. Asrama Haji Bermetamorfosis Menjadi Hotel Berbintang    22. Sertifikasi Haji, Kemenag Gandeng UIN Suska Riau    23. Rekrutmen Petugas Haji secara Online    24. Kemenag Targetkan Indeks Kepuasan Haji Naik    25. Cek Perkiraan Berangkat Haji Khusus via Online    26. Pedoman Pembatalan Pendaftaran Haji Reguler 2018 Kembali Dibuka    27. Ini Tata Cara Pembatalan Pendaftaran Ibadah Haji    28. Kuota Haji 2018 Sama dengan 2017    29. Diseminasi Advokasi Haji Dimulai di Bogor, Daerah Lain Menyusul    30. Rangkul Muspida, Advokasi Haji akan Lakukan Diseminasi