Selasa, 16 Januari 2018 06:39 WIB

Internasional

Bukan Australia, Ini Negara Pertama yang Rayakan Tahun Baru

Editor:

Ilustrasi Tahun Baru (Al Arabiya)

INDOPOS.CO.ID - Kebanyakan orang mengira kembang api di atas pelabuhan Sidney merupakan kembang api pertama untuk menyambut tahun baru secara global.

Tapi, ternyata Australia bukanlah negara pertama yang menyambut tahun baru. Ini mungkin mengejutkan Anda. Lalu di manakah negara pertama yang merayakan tahun baru?

Seperti dilansir The Sun, Minggu, (31/12), negara di Kepulauan Pasifik, Tonga adalah yang pertama yang merayakan tahun baru. Kepulauan Tonga terletak di perbatasan Lempeng Tektonik Pasifik dan Australia. Mereka merayakan tahun baru pada jam 10 pagi GMT atau jika diubah ke WIB yaitu jam 5 sore WIB.

Tonga

Tonga (Independent)

 

Lalu, negara manakah yang merayakan tahun baru paling terakhir? Tempat terakhir atau tempat untuk menyambut tahun 2018 yang terakhir adalah pulau-pulau terpencil di Amerika Serikat. Pulau Baker dan Pulau Howland akan menyambut tahun baru pada jam 12 siang atau 7 malam WIB pada 1 Januari.

Samoa Amerika merayakan tahun baru pukul 11 malam GMT atau 6 pagi WIB, hanya 558 mil dari Tonga, tempat penduduk setempat dan pengunjung merayakan tahun baru di 25 jam penuh sebelumnya.(iml/JPC)

Berita Terkait

Rayakan Tahun Baru, Kembang Api Meletus di Tangan

Nusantara

Sejuk dan Murah, Alasan Warga berwisata ke Setu Babakan

Jakarta Raya

Malam Tahun Baru Menjadi Ajang Tawuran di Gambir

Jakarta Raya

Libur Akhir Tahun, Puluhan Ribu Warga Serbu Setu Babakan

Jakarta Raya

Wabah Difteri, Penjual Trompet Musiman Menjerit

Megapolitan