Selasa, 16 Januari 2018 06:40 WIB

Internasional

Saudi Dituding Tolak Warga Qatar Umrah

Editor:

Umrah (Jerusalem Post)

INDOPOS.CO.ID - Arab Saudi diduga mencegah warga Qatar untuk melakukan umrah. Surat kabar Al-Raya melaporkan Saudi telah melakukan tindakan sewenang-wenang terhadap jamaah Qatar yang ingin mengunjungi Makkah.

Di tengah perselisihan diplomatik Qatar yang sedang berlangsung dengan Saudi dan sekutunya sejak Juni 2017, warga Qatar melaporkan kesulitan untuk melakukan ibadah di Saudi. Musim panas lalu, Saudi, Bahrain, Uni Emirat Arab, dan Mesir memotong hubungan diplomatik dengan Doha dan memberlakukan blokade darat, laut, dan udara di negara Teluk.

Mereka menuduh Qatar mendanai kelompok ekstremis. Selain itu Qatar dinilai terlalu dekat dengan saingan regionalnya, Iran.

Saudi

Saudi (Jerusalem Post)

 

Menurut Al-Raya, pihak berwenang Saudi mendeportasi 20 warga Qatar dari bandara Jeddah ke Kuwait pekan lalu. Dua hari sebelumnya mereka ditahan, saat mereka dalam perjalanan untuk melakukan umrah.

Satu orang Qatar mengonfirmasi laporan Al-Raya tersebut dengan menulis keluhannya di Twitter. "Saya bermaksud untuk melakukan umrah namun Pemerintah Saudi mencegah saya," kata Mohamed Ben Hamid Al Mohanadi, dalam sebuah cuitan pada 25 Desember seperti dilansir Al Jazeera, Kamis, (4/1).

Saudi menolak tudingan tersebut. "Tidak benar laporan di media sosial tersebut. Kami tidak pernah menolak warga Qatar untuk melakukan umrah," kata Pemerintah Saudi.

Pihak berwenang Saudi mengatakan, banyak jamaah dari Qatar telah melakukan umrah dan dan ibadah keagamaan lainnya walaupun sedang krisis diplomatik.(ce1/iml/JPC)

Berita Terkait

Bersama OKI,Pemerintah Diminta Lobi Saudi

Nasional

Biaya Umrah Naik Rp 1 Juta, Kok Bisa?

Nasional

Irwansyah Berserah Diri di Baitullah

Nasional