Selasa, 16 Januari 2018 11:56 WIB

Hukum

2017, Kejagung Pecat 7 Oknum Jaksa dan 24 Oknum TU

Editor: Redjo Prahananda

Foto : Istimewa

INDOPOS.CO.ID - Sepanjang 2017, Kejaksaan Agung (Kejagung) memberhentikan 7 oknum jaksa dan 24 oknum tata usaha dari status PNS.

Jaksa Agung HM Prasetyo menjelaskan Para abdi negara itu dipecat lantaran terbukti melakukan pelanggaran kode etik .Paparan itu disampaikan dalam capaian kinerja Kejaksaan RI tahun 2017 di Kejagung, Selasa (9/1). 

"Dari jumlah itu, 2 oknum jaksa dan 8 oknum tata usaha diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri. Sedangkan, 5 oknum jaksa dan 16 oknum tata usaha lainnya diberhentikan tidak dengan hormat sebagai PNS," kata HM Prasetyo.

Selain melakukan pemecatan, korps adhyaksa juga memberikan hukuman disiplin berat lain terhadap 22 oknum jaksa dan 31 oknum tata usaha berupa penurunan pangkat setingkat lebih rendah selama 3 tahun dan membebaskan 15 oknum jaksa dari jabatan fungsional jaksa serta 5 jaksa dari jabatan struktural. 

Kejagung juga memberikan hukuman disiplin ringan terhadap 61 oknum jaksa dan 18 oknum tata usaha dan hukuman disiplin sedang  terhadap sebanyak 95 oknum jaksa dan 29 oknum tata usaha.

"Jangan coba main-main. Tidak ada kompromi bagi mereka yang melakukan penyelewengan. Kita harus berikan contoh agar kejaksaan bisa lebih baik ke depan," tegas Prasetyo.(ydh)

Berita Terkait