Rabu, 17 Januari 2018 12:12 WIB

Internasional

AS Minta Maaf kepada Jepang, Ada Apa?

Editor:

Menteri Pertahanan AS James Mattis (Reuters)

INDOPOS.CO.ID - Amerika Serikat meminta maaf kepada Jepang atas serangkaian kecelakaan yang baru-baru ini terjadi. Kecelakaan itu disebabkan oleh kegagalan dalam latihan militer AS, dan memicu kemarahan di negara tersebut.

Menteri Pertahanan AS James Mattis meminta maaf kepada Menteri Petahanan Jepang Itunori Onodera setelah serangkaian kecelakaan yang menimpa dalam latihan militer AS. Termasuk pendaratan darurat sebuah helikopter militer Amerika di Okinawa pada hari Senin, (8/1).

Pendaratan darurat itu terjadi hanya dua hari setelah insiden serupa di pulau selatan Jepang. Pulau itu ditempati lebih dari dari 47.000 tentara Amerika di Jepang. "Menteri mengatakan bahwa ada permintaan maaf dari Mattis," kata Juru Bicara Kementerian Pertahanan Jepang dilansir dari Japan Today Selasa (9/1).

"Saya menceritakan kepadanya tentang masalah ini, contoh nyata dari berbagai kecelakaan yang terjadi pada bulan September, Oktober, November, Desember tahun lalu dan Januari tahun ini di Okinawa," kata Onodera kepada wartawan setelah perundingan.

Onodera mengatakan, dia akan berangkat ke Hawai untuk bertemu dengan komandan AS di Pasifik, Harry Harris untuk membahas masalah ini. Tidak ada laporan langsung tentang luka atau kerusakan setelah helikopter mendarat di dekat sebuah hotel di Desa Yomitan kemarin.

Tapi Pemerintah Okinawa, Takeshi Onaga, menunjukkan rasa frustrasinya dengan mengatakan,"Saya tak bisa berkata-kata lagi, sungguh."

"Saya ingin mereka, militer AS merasa malu atas ketidakmampuan mereka untuk mengendalikan apa yang mereka lakukan," kata politisi di Okinawa.

Bulan lalu, jendela dari helikopter militer AS jatuh ke lapangan olahraga sekolah di dekat pangkalan udara laut Futenma di Okinawa, tapi sekali lagi tidak ada yang terluka.

Pada bulan Oktober, sebuah helikopter militer Amerika terbakar setelah mendarat di lapangan kosong di pulau itu.(iml/JPC)

Berita Terkait