Rabu, 17 Januari 2018 12:22 WIB

Bisnis

IDX Incubator Sodorkan 42 Startup

Editor: Sicilia

INDOPOS.CO.ID - Komunitas entrepreneur Amerika Serikat (AS) serius berinvestasi di indonesia. Di bawah panji METal International, pelaku bisnis negeri super power AS itu siap menanam modal. Penyemaian modal itu terutama diarahkan pada sejumlah usaha rintisan (startup).

Pilihan investasi startup dengan pertimbangan potensi besar. Peluang untuk berkembang juga masih sangat terbuka luas. Apalagi, iklim investasi di indonesia sangat mendukung.

”Saya melihat dunia investasi indonesia sangat bagus. Namun, tidak bisa langsung mengambil keputusan saat ini,” tutur Founder METal International Ken Rutkowski, di Jakarta, Kamis (11/1).

Ken menyebut dalam kunjungan perdana kali ini, rombongan pebisnis itu, bisa disebut dalam masa penjajakan. Pendekatan lebih dekat untuk mendapat gambaran secara utuh perkembangan dunia usaha khususnya usaha rintisan.

”Tentu, kunjungan ini tidak cukup. Nanti, pasti kami akan kembali untuk mewujudkan investasi sebenarnya,” janji Ken. Sementara Kepala IDX Incubator Irmawati Amran merespon positif niat pemodal AS tersebut. Kata Irma sapaan akrab Irmawati Amran, terdapat 42 startup tengah dipersiapkan untuk go public. Untuk startup e-commerce meliputi IT's Buah, Ur-Farm, Qonet, Renovasi.id, global agro solusindo, JASAKU, jalanhalal.com, Medis Online Indonesia, Plater, Pandora's Box, Agrisia, dan DeskBy.

Selanjutnya, startup financial technologi (Fintech) terdiri dari ODEO, SyarQ, IndoGold, iasuransi.com, Niatmu,  investor.id, TRANDI-Transaksi Digital, Temen Trader, dan XEDEXA. Lalu, startup bererak di bidang education meliputi bangsacerdas, DIGIMED.id, excellence.asia, AKUNTAN.CO.ID, Klikcoaching, britisenglishclass, Algoritma, dan KNOOWLY.

Berikutnya sejumlah startup dibidang Internet of things (IoT) terdiri dari Helion, eNose Meter, VAsatu, dan AC Konek. Tidak ketinggalan startup pada jalur software as a Service (SaS) antara lain Skleem, Rexion, Magi dan EVA. ”Ada life style macam fotodong.com dan Nara Sport. Logistik meliputi Tanijoy.id dan Shipper. Dan, terakhir News Media yaitu Tarrasmart Media Indonesia. Medio tahun ini satu startup bisa initial public offering (IPO),” tukas Irma. (far)

Berita Terkait