Selasa, 16 Januari 2018 06:49 WIB

Politik

Pengganti Airlangga, Pengamat : Jokowi Jangan Asal Tampung

Editor: Redjo Prahananda

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto

INDOPOS.CO.ID - Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya memprediksi, Partai Golkar tetap mendapat jatah kursi Menteri Perindustrian.

Posisi Menperin masih dipegang Airlangga sekaligus Ketua Umum Golkar.
Menurut Yunarto, Golkar tetap mendapat kursi menteri sesuai dengan kesepakatan ‘di depan’ sejak kabinet terbentuk

"Logika dalam pada setiap rezim terkait dengan politik akomodatif, jumlah disepakati diawal jangan sampai berubah," terang Yunarto di Kawasan Kalibata Jakarta Selatan, Kamis (11/1).

Namun demikian, Yunarto mengingatkan Jokowi harus melihat sosok pengganti Airlangga, secara kualitatif. Jangan sampai mengorbankan kualitas Airlangga. Ketum Golkar itu memiliki latar belakang luar biasa dan mengerti dunia perindustrian sekaligus pengusaha.

"Saya berharap Jokowi tetap memiliki filter andaikata ingin mengganti dengan sesama kader Golkar. Jangan kemudian serta merta menerima setiap nama," papar dia.

Jokowi harus melihat, bahwa pengganti Airlangga adalah orang yang memiliki kapabilitas atau paling tidak orang tersebut setaraf dengan Airlangga.

"Masyarakat sekarang bisa menilai dari latar belakangnya lho. Apakah memiliki background yang sesuai dengan kapasitas menperin atau ini hanya sebatas barter politik," pungkasnya. (jaa)

Berita Terkait