Rabu, 17 Januari 2018 12:21 WIB

Politik

PAN Prediksi Ada Problem Pasca Putusan MK

Editor: Ali Rahman

Wakil Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat Partai Amanat Nasional (PAN), Fikri Yasin. Foto: Muhammad Rifani/Indopos.

INDOPOS.CO.ID - Disaat publik masih difokuskan dengan pro dan kontra terkait putusan Mahkamah Konstitusi (MK) tentang Pengujian Presidensial Treshold dan Verifikasi Partai Politik. Wakil Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat Partai Amanat Nasional (PAN), Fikri Yasin menanggapinya dari perspektif lain. 
 
Dirinya mengatakan tak akan menyinggung menyatakan setuju atau tidak terkait hal ini. "Kalau dibilang tidak setuju atau tidak rasanya kurang tepat, karena ini sudah diputuskan," ujarnya saat menghadiri acara Dialog Politik yang difasilitais oleh Kode Inisiatif di Kawasan Tebet, Jakarta Selatan, Jumat (11/1),
 
Dampak dari putusan MK ini adalah yang paling dicermatinya. Karena baginya ini akan memunculkan problem baru ke depannya. "Sekarang dampaknya kan bagaimana nanti setelah kita mau koalisi, karena syarat mengusung Capres, Parpol harus memiliki 20% kursi DPR. Nah gimana kedudukan partai-partai baru ini," ujarnya.
 
Terlebih katanya untuk koalisi tentu akan banyak pertimbangan khususnya antara partai baru dan sudah lama. "Pasti tak mudah koalisi ini, bahan kesannya partai baru ini seakan tak dikasih ruang karena persyaratan tadi," katanya.
 
Makanya, bagi Fikri, putusan MK yang sudah terjadi ini harus membuat lagi aturan baru untuk menghindari problem yang lebih parah di proses Pilpres 2019. (rvn)

Berita Terkait