Jumat, 19 Januari 2018 02:17 WIB

Liga Indonesia

Lawan Islandia, Timnas Waspadai Bola Atas

Editor: Wahyu Sakti Awan

Luis Milla, pelatih timnas. Foto : FourFourTwo

INDOPOS.CO.ID – Jelang menghadapi Islandia di laga persahabatan Minggu (14/1) nanti, pelatih timnas Indonesia Luis Milla sedang fokus meramu jantung pertahanan timnas Merah Putih.

Dalam latihan yang digelar di Lapangan C Senayan, Jumat (12/1) petang, pelatih asal Italia itu memberikan menu latihan untuk memperkuat koordinasi lini belakang adan antisipasi bola-bola atas.  

Luis Milla meyakini, Islandia yang memiliki keunggulan tubuh yang lebih tinggi, akan memanfaatkan keunggulan tersebut. Dia berharap, pemain timnas mampu mematahkan umpan silang ke jantung pertahanan dan mematikan peran pemain sayap lawan.

Asisten pelatih timnas Indonesia Bima Sakti mengatakan, ketika latihan Milla fokus pada urusan bertahan. Islandia yang mayoritas dihuni pemain muda dalam rombongan ke Tanah Air diakuinya lebih kuat dari Indonesia.

"Latihan taktik coach Milla fokus pada pertahanan, karena melihat permainan kemarin Islandia sangat kuat di kotak penalti," papar Bima Sakti usai sesi latihan.

Penyerang lawan yang lebih jangkung pun jadi perhatian serius. Maka koordinasi empat bek sejajar di lini belakang wajib tampil disiplin sepanjang laga.

"Coach Milla juga ingin pemain jangan hanya melihat bola, tapi juga melihat lawan,” papar Bima, seraya menambahkan jika pemain belakang juga diminta untuk bisa mengalirkan bola dari bawah. ”Dari belakang cepat naik kalau bola sudah ke depan. Jadi terfokus semuanya,” tuturnya.

Meski begitu Luis Milla tampak tak memasang bek yang kuat berduel udara. Dari latihan sore tadi, palang pintu justru diisi oleh Fachrudin dari Madura United dan Bagas Adi Utomo. Sementara, Hansamu Yama dan Victor Igbonefo justru masuk ke skuad pelapis.

Lini tengah, pelatih yang pernah jadi pemain Real Madrid itu sepertinya memainkan gelandang perebut bola. Bayu Pradana dan Hargianto berduet ditemani dengan Febri Haryadi dan Andik Vermansyah. Sementara Septian David Maulana akan bergerak bebas di belakang Boaz Salossa. (hfz)

Berita Terkait

Luis Milla Mulai Mudah Susun Formasi

Total Football

Kalah dari Suriah, Timnas U-23 Bermain Ragu-ragu

Total Football

Luis Milla Pilih Messi di Pemain Terbaik FIFA 2017

Total Football

Hadapi Kamboja, Luis Milla Ingin Indonesia Santun

Liga Indonesia

Luis Milla Prihatin dengan Referendum Catalan

Liga Inggris

Respons Luis Milla soal Niat Pemain Belgia Perkuat Indonesia

Total Football