Selasa, 24 April 2018 05:49 WIB
citraland

Antam Terus Cari Cadangan Emas Baru

Redaktur:

KINERJA BAIK: Dirut PT Antam Arie Prabowo Ariotedjo (kedua dari kiri) bersama jajaran direksi lainnya saat memaparkan kinerja perusahaan dalam acara buka puasa bersama dengan E2S di Jakarta, Rabu (14/6/2017).

INDOPOS.CO.ID  – PT Aneka Tambang (Antam)  terus mencari sumber cadangan emas baru seiring makin menipisnya cadangan di Tambang Pongkor, Bogor, dan Tambang Cibaliung di Banten. Selain mencari lokasi baru, Antam juga siap mengakuisisi tambang emas.

Demikian dikemukakan Direktur Utama 
Antam Arie Prabowo Ariotedjo pada buka puasa bersama dengan editor bisnis, energi, dan tambang yang tergabung dalam Editor Energy Society (E2S) di Kranstkring Peleis Jakarta Pusat, Rabu (14/6/2017).

Turut mendampingi Dirut di antaranya Direktur Keuangan      Dimas Wikan Pramudhito, Direktur Pemasaran     Tatang Hendra ST MSi, Direktur Pengembangan  Sutrisno S Tetetdagat, Direktur Operasi Hari Widjajanto, dan VP Corporate Secretary PT Antam Aprilandi Hidayat Setia. 

Arie mengatakan,  ada beberapa lokasi yang sedang dijajaki, yakni di salah satu lokasi dekat dengan tambang PT Freeport Indonesia dan IUP eksplorasi yang dimiliki Antam di Oxibil, Papua.

“Namun untuk lokasi yang satu itu tantangan terbesarnya dari sisi keamanan. Lokasinya dekat perbatasan dengan Papua New Gini,” ujar Arie. 

Lokasi lainnya, tambah Arie,  ada di Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Untuk ini, Antam  sudah bertemu dengan Gubernur NTB Muhammad Zainul Majdi karena kewenangan perizinan sudah menjadi kewenangan gubernur. 
 
Antam juga bekerja sama dengan Newcrest Mining, perusahaan tambang asal Australia untuk melakukan kegiatan eksplorasi pada beberapa daerah di Indonesia. 

"Newcrest Mining akan mendukung dengan pendanaan sementara Antam lewat anak usaha Geomin akan menyediakan geologi handal dalam melakukan kegiatan eksplorasi," katanya.

Menurutnya, Newcrest menyediakan dana dan Antam menyediakan tenaga. Jika ditemukan cadangan dan kemudian dilanjutkan dengan eksplorasi dan eksploitasi, maka dana yang dikeluarkan akan dihitung sebagai pinjaman. 

"Kalau tidak ditemukan cadangan maka dianggap hilang,” ungkap Arie.

Dari sisi kinerja perusahaan, Antam menorehkan peningkatan laba bersih pada kuartal pertama 2017 senilai Rp 6,64 miliar atau naik 25 persen dibandingkan laba bersih di kuartal pertama tahun lalu.

Dari sisi penjualan, Antam mencatat nilai penjualan sebesar Rp 1,65 triliun dengan komoditas emas menjadi kontributor terbesar, yakni 70 persen dari total penjualan atau senilai Rp 1,16 triliun. 

Komiditas feronikel  memberi kontribusi terbesar kedua dari total pendapatan unaudited perusahaan. Yakni menyumbang Rp 365 miliar atau 22 persen dari total penjualan bersih pada periode pertama 2017.

Untuk ekspor, Antam telah memulai penjualan bijih nikel kadar rendah ke luar negeri seiring didapatkannya rekomendasi ekspor bijih mineral dari Kementerian ESDM RI. 

Sebagai langkah awal, Antam telah mengekspor 165.000 wet metric ton (wmt) bijih nikel ke Tiongkok dan tengah mempersiapkan jadwal shipping selanjutnya.

"Antam telah mendapatkan izin ekspor sebesar 2.7 juta wmt bijih nikel dan 850.000 wmt bijih bauksit," kata Arie. (rir)


TOPIK BERITA TERKAIT: #antam #kinerja-perusahaan-antam #cadangan-emas #penjualan-nikel #ekspor-nikel 

Berita Terkait

Kenalkan Emas Batangan Batik

Ekonomi

Turun Rp 5 Ribu, Harga Emas Antam Jadi Rp 633 Ribu

Indobisnis

Holding Tambang Rusak Citra Antam

Antam Catat Kinerja Positif

Antam Konsultasikan Rencana Pascatambang

Megapolitan

IKLAN


1. Ditjen PHU akan Kerjasama dengan Ditjen Bimas Islam Adakan Penyuluh Haji    2. Di Anggap Prospektif, Dirjen Nizar Minta Prodi Manajemen Haji dan Umrah Masuk Fakultas Ekonomi Syariah    3. 2019, Di Targetkan Seluruh Pembimbing Manasik Haji Bersertifikat    4. Hasilkan Pembimbing Haji Profesional, Ditjen PHU MoU dengan IAIN Purwokerto    5. Beri Kuliah Umum, Dirjen Nizar Minta Pembimbing Haji Bersertifikasi dan Profesional    6. 1.096 Jemaah Haji Khusus Masuk Pelunasan Tahap II    7. Layanan Armina Bakal Meningkat    8. Dirjen Nizar: Relokasi Anggaran ke APBN Demi Azaz Keadilan    9. Petugas Haji Bertambah, Pelayanan Optimis Meningkat    10. 2019, Pembimbing Haji Bersertifikasi dan Profesional    11. Temui Direktur Proyek E Hajj Arab Saudi, Tim Pelayanan Haji Bahas Kesiapan Layanan Haji    12. Permudah Pendataan, Ditjen PHU Siapkan Gelang QR untuk Jemaah Haji    13. FK-KBIH Teken Pakta Integritas Manasik Haji    14. Saat Ini di Ditjen PHU Sudah Ada Advokasi Haji    15. Tim harus Jaga Integritas, Komitmen dan Soliditas Tugas    16. Kemenag Merilis Daftar Nama Jemaah Haji Berhak Lunas    17. Seleksi Petugas Haji 1439 H/2018 M Dibuka 20 Maret    18. Biaya Haji 2018 Disepakati    19. Pembinaan Haji Inheren Kesehatan    20. Haji Rescue Team terus Berikan Pelayanan Maksimal    21. Asrama Haji Bermetamorfosis Menjadi Hotel Berbintang    22. Sertifikasi Haji, Kemenag Gandeng UIN Suska Riau    23. Rekrutmen Petugas Haji secara Online    24. Kemenag Targetkan Indeks Kepuasan Haji Naik    25. Cek Perkiraan Berangkat Haji Khusus via Online    26. Pedoman Pembatalan Pendaftaran Haji Reguler 2018 Kembali Dibuka    27. Ini Tata Cara Pembatalan Pendaftaran Ibadah Haji    28. Kuota Haji 2018 Sama dengan 2017    29. Diseminasi Advokasi Haji Dimulai di Bogor, Daerah Lain Menyusul    30. Rangkul Muspida, Advokasi Haji akan Lakukan Diseminasi