Rabu, 17 Januari 2018 08:02 WIB

Kesehatan

Pahami Hal Ini Sebelum Lakukan Diet

Editor: Syaripudin

DIET SEHAT: Chef Steby (tengah) dalam kampanye #yakinsehat, Selasa (28/11). Foto: Afiat Ananda/INDOPOS.CO.ID

INDOPOS.CO.ID - Banyak yang mencoba diet tapi gagal. Hal tersebut menjadi pertanyaan banyak orang. Tapi tahukah, untuk diet tidak boleh sembarangan. Ada beberapa hal yang harus dipahami untuk memulai program diet untuk tubuh kita.

Dalam sebuah kampanye #yakinsehat yang digagas sebuah perusahaan asuransi dijelaskan poin-poin penting untuk diet adalah mengetahui kebutuhan tubuh masing-masing.

Seperti yang diungkapkan oleh salah seorang narasumber kegiatan itu, Chef Steby. Ia menjelaskan banyak orang salah kaprah dengan program diet yang dijalani. ”Kebanyakan yang diet hanya ikut-ikutan. Atau nyontek dari temen atau saudara. Justru ini yang bahaya,"sebut Chef Steby saat memberikan penjelasan, Selasa (28/11).

Menurut chef yang concern dalam makanan sehat itu yang utama untuk program diet adalah mengetahui kebutuhan tubuh. Ia mencontohkan, program diet yang harus dijalani oleh seorang jurnalis akan berbeda dengan pekerja kantoran. Itu bisa diukur dari aktivitas yang dijalani sehari-hari.

Maka dari itu, lanjut dia, akan sangat penting mengukur kebutuhan kalori, protein, vitamin, karbohidrat serta asupan serat.”Bisa dengan medical check-up terlebih dahulu. Setelah itu baru menentukan pola makan untuk diet yang akan di jalankan,"jelasnya.

Karena jika tidak mengetahui kondisi atau kebutuhan tubuh, maka diet yang dijalani bisa gagal. Bahkan bisa berakibat fatal yang berujung pada sakit. ”Misalkan kerjaannya banyak tenaga. Lalu cuman konsumsi sayur tanpa memperhatikan asupan protein hewani. Atau kalori yang hasu dimakan berapa. Itu kan bisa berakibat pada kesehatan kita,” tambahnya.
 
Setelah mengetahui kebutuhan tubuh, maka proses diet yang di inginkan bisa dijalankan. Dengan menyiapkan menu makanan sehat sesuai asupan yang dibutuhkan. (nda)

Berita Terkait

Yuk Minum Kurma 7Dates

Kesehatan

Dikejar Target, Pekerja Rentan Anemia

Kesehatan

Tak Ada Kasus Baru, Penderita Difteri Turun

Nasional