Rabu, 17 Januari 2018 08:32 WIB

Energi

Konsisten Jaga Lingkungan, PEP Raih Dua Penghargaan

Editor: Syahrir Lantoni

PROPER 2017: Wakil Presiden Jusuf Kalla saat hadir pada acara penghargaan PROPER 2017 di Istana Wakil Presiden, Jakarta Pusat, Senin. foto: repro setwapres.go.id

INDOPOS.CO.ID - PT Pertamina EP, anak usaha PT Pertamina (Persero) yang merupakan kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) di bawah koordinasi dan supervisi SKK Migas, selalu konsisten dan komitmen meningkatkan kinerja perusahaan dalam pengelolaan lingkungan dan tanggungjawab sosial.

Konsistensi itu dibuktikan lewat keberhasilan dua unit bisnis perusahaan, yaitu Pertamina EP Asset 1 Rantau Field dan Pertamina EP Asset 5 Tarakan Field, yang meraih PROPER  Emas Tahun 2017 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Presiden Direktur PT Pertamina EP Nanang Abdul Manaf mengatakan, perolehan dua PROPER  Emas dari Rantau dan Tarakan Field adalah hasil kerja keras dalam program pengembangan masyarakat yang dilaksanakan di seluruh unit usaha Pertamina EP di Tanah Air.

“Itu juga  sebagai bentuk tanggungjawab sosial dan implementasi dari komitmen perencanaan pengelolaan lingkungan hidup. Program ini dilaksanakan melalui kegiatan bidang lingkungan, pendidikan, kesehatan, ekonomi, dan infrastruktur (fasilitas sosial/fasilitasumum),” kata Nanang ujar Nanang di sela pemberian penghargaan PROPER di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Senin (18/12).

Dikatakan, Keberhasilan memperoleh  dua PROPER Emas ini menjadi tantangan bagi Pertamina EP untukt terus mengimplementasikan nilai-nilai ketaatan dalam bisnis, penggunaan sumber daya alam yang efisien, dan mengurangi kesenjangan kesejahteraan dengan program pemberdayaan masyarakat yang harus terus ditingkatkan.

Nanang menerima penghargaan PROPER Emas yang diserahkan Wakil Presiden HM Jusuf Kalla untuk Pertamina EP Asset 5 Tarakan Field. Sedangkan Direktur Proyek dan Pengembangan Pertamina EP John H Simamora menerima PROPER Emas untuk Pertamina EP Asset 1 Rantau Field.

PROPER merupakan program penilaian dari pemerintah kepada perusahaan tentang kinerja perusahaan dalam pengelolaan lingkungan hidup yang diatur dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 3 Tahun 2014 tentang Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan Dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (PROPER-LH).

Peringkat PROPER dibagi menjadi lima,  yaitu EMAS, HIJAU, BIRU, MERAH, dan HITAM. Peringkat tertinggi adalah EMAS dan peringkat terburuk adalah HITAM. Perusahaan yang memperoleh peringkat EMAS adalah perusahaan yang telah secara konsisten menunjukkan keunggulan lingkungan dalam proses produksi, melaksanakan bisnis yang beretika, dan bertanggung jawab terhadap masyarakat. 

Tahun ini,  enam unit bisnis Pertamina EP masuk  kandidat peraih PROPER Emas. Enam unit bisnis Pertamina EP tersebut adalah Pertamina EP Asset 3  Tambun Field, Pertamina EP Asset Tiga Subang Field, Pertamina Ep Asset Satu Jambi Field, dan Pertamina EP Asset Lima Sanga-sanga Field, Pertamina EP Asset 1 Rantau Field, dan Pertamina EP Asset 5 Tarakan Field. Selain itu, ada 12 unit bisnis yang meraih PROPER Hijau dan delapan PROPER Biru, termasuk KSO (Kerja Sama Operasi) dan TAC (Technical Assistance Contract).

“Bagi Rantau Field,  raihan Proper Emas tahun ini merupakan ketiga kalinya secara berturut, sedangkan Tarakan Field yang pertama,” jelas Nanang. (rir)

Berita Terkait

Awali 2018, PEP Tajak Sumur di Muba

Energi

Garap Proyek Gas JTB, Dongkrak Ekonomi Nasional

Indobisnis

Pertamina EP Panen Penghargaan

Indobisnis