Selasa, 16 Januari 2018 06:34 WIB

Kesehatan

Ini Tanda Anda Kurang Waktu Tidur

Editor:

Tidur. Foto: Meetdoctor

INDOPOS.CO.ID - Salah satu aktivitas yang paling menyenangkan adalah tidur. Selama tidur, korteks (bagian otak yang berperan dalam menyimpan memori pikiran/bahasa/) akan melepaskan diri dari indra dan masuk ke mode pemulihan.

Tidak heran jika setelah tidur, Anda akan kembali berenergi untuk menjalankan aktivitas.

Tidur yang cukup bisa memperbaiki tubuh dan pikiran yang bisa membuat tubuh melakukan fungsi terbaiknya.

Setiap orang membutuhkan waktu tidur setidaknya 7 sampai 8 jam per hari.

Namun, sering kali seseorang, mungkin termasuk Anda, mengorbankan waktu tidur untuk menyelesaikan pekerjaan/tugas atau sekadar bermain ponsel pintar untuk menjelajah di dunia maya.

Padahal, kurangnya waktu tidur bisa berdampak pada kesehatan tubuh Anda.

Sebuah studi juga telah menemukan bahwa kurang tidur ini bisa berkaitan dengan terjadinya tekanan psikologis dan risiko penyakit jantung/diabetes tipe 2 yang lebih besar.

Berikut adalah beberapa tanda bahwa Anda kurang tidur, seperti dilansir laman Inida Times:

1. Pilek dan flu

Kurang tidur bisa membuat Anda mengalami sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Saat Anda tidur, sistem kekebalan tubuh menghasilkan sitokin pelindung dan antibodi dan sel melawan infeksi. Penggunaan ini untuk menangkis zat asing seperti bakteri dan virus.

Jika orang tidak cukup tidur, maka sistem kekebalan tubuh mereka tidak memiliki kesempatan yang sama untuk membangun kembali kekuatannya. Mungkin juga butuh waktu lebih lama untuk pulih dari penyakit.

2. Masalah hamil

Kurang tidur juga bisa menyebabkan masalah kesuburan jika Anda laki-laki. Pria yang terlalu sedikit tidur bisa merusak kesuburannya.

Sebuah studi pada 2013 oleh University of Southern Denmark menemukan bahwa pria muda yang mengalami gangguan tidur memiliki jumlah sperma yang lebih dari seperempat lebih rendah daripada rekan mereka yang tidur lebih banyak. Kurang tidur juga bisa memengaruhi kesuburan wanita.

3. Tekanan darah tinggi

Orang yang kurang tidur mungkin berisiko tinggi terkena tekanan darah tinggi atau memburuknya tekanan darah tinggi yang ada.

Pemikirannya adalah bahwa tidur membantu darah Anda mengatur hormon stres dan membantu sistem saraf Anda tetap sehat.

Seiring waktu, kurang tidur bisa melukai kemampuan tubuh Anda untuk mengatur hormon stres yang menyebabkan tekanan darah tinggi.

4. Berat badan

Orang yang tidur kurang dari enam jam di malam hari cenderung kelebihan berat badan dan menunjukkan kadar hormon leptin penekan nafsu makan yang menekan disertai dengan tingginya kadar hormon guncang hormon perangsang skala besar.

Jumlah istirahat yang Anda dapatkan setiap malam tidak hanya memengaruhi mood dan produktivitas Anda keesokan harinya.

5. Kesehatan kulit

Jika Anda tidak tidur nyenyak, kulit Anda mungkin segera menunjukkannya. Banyak penelitian sebelumnya telah menemukan kaitan antara kurang tidur dan berjerawat, mungkin terkait dengan bagaimana mengendalikan hormon tidur di tubuh Anda.

Tidur nyenyak bisa membantu kesehatan kulit yang baik karena saat Anda kurang tidur maka tubuh Anda membuat lebih banyak hormon stres kortisol.

Peningkatan kadar kortisol bisa menyebabkan stres dan pembengkakan yang meningkat di tubuh yang tentunya akan membahayakan kualitas kulit Anda.

Peradangan pada gilirannya bisa mempercepat pemecahan asam kolagen dan hyaluronic, satu molekul yang memberi kulit cahaya.(fny/jpnn)

Berita Terkait