Selasa, 24 April 2018 05:51 WIB
citraland

Liga Indonesia

Organizing Commitee Piala Presiden Tunggu Persipura di Manager Meeting

Redaktur:

Yoo Jae-hoon

INDOPOS.CO.ID - Polemik yang dialami Persipura Jayapura menjelang Piala Presiden 2018 bergulir tak kunjung menemukan titik temu. Lebih-lebih untuk Liga 1 2018, untuk menghadapi Piala Presiden saja, Persipura sudah dirundung masalah, baik teknis maupun non teknis. Tim berjuluk Mutiara Hitam itu diketahui terkendala pendanaan.

Dana Rp.8,5 miliar dari Bank Papua dinilai belum cukup untuk pembiayaan semusim ke depan. Di sisi lain, mereka harus kehilangan banyak pemain bintang pada awal musim ini. Terakhir nama Yoo Jae-hoon, palang pintu mereka dari Korea Selatan dipastikan hengkang ke Mitra Kukar. Situasi itu tentu tidak mengenakkan bagi Persipura.

Tetapi, Organizing Commitee Piala Presiden 2018 masih menunggu kesediaan Persipura pada manager meeting yang berlangsung hari ini. "Lihat saja besok, seperti yang saya sampaikan sebelumnya, belum ada surat pengunduran diri resmi dari Persipura," kata Tigorshalom Boboy kepada Jawa Pos (Grup Indopos) kemarin (11/1).

Sebagai salah satu klub besar di Indonesia, kehilangan Persipura di Piala Presiden tentu disayangkan. Sebab, dengan mengandalkan banyak potensi lokal Papua, mereka masih menjadi salah satu tim yang disegani. Bahkan, setelah kehilangan pemain reguler mereka musim lalu.

Manajemen Mutiara Hitam sebelumnya menuntut penyelesaian sisa subsidi Liga 1 musim lalu. Akhir 2017 lalu, PT. LIB (Liga Indonesia Baru) dan PSSI sudah mencicil subsidi satu bulan dengan besaran Rp.625 juta. Selanjutnya, masih ada dua termin pelunasan dengan masing-masing besaran Rp.625 juta dan Rp.1,5 miliar.

Dalam hal ini, Persipura meminta PT. LIB untuk bisa mencairkan itu. Tigor menjelaskan, sesuai mekanisme sebelumnya, pertengahan Januari pihaknya akan mencairkan termin kedua. "Sebenarnya kalau Persipura menagih subsidi itu, yang lain juga," ujarnya.

Terpisah, manajemen Persipura belum memastikan bakal mengirim perwakilan dalam manajer meeting yang berlangsung di Jakarta hari ini. "Kalaupun kami datang tentu butuh pertimbangan besar," kata  Sekretaris tim Persipura Rocky Bebena.

Sementara itu, dari 18 klub peserta yang beredar di Liga 1 2017, Tigor membenarkan masih menangguhkan subsidi Persegres Gresik. "Alasannya, mereka tidak komitmen menyelesaikan tanggungan gaji kepada pemain," terangnya. Sedangkan manajemen Persegres berharap turunnya subsidi itu digunakan untuk melunasi gaji para pemainnya.

Lebih lanjut, bila Persegres tidak menyelesaikan masalah tersebut, PT.LIB bisa melakukan take over untuk membayarkan gaji pemain via subsidi klub yang masih ada di mereka. "Itu tidak menutup kemungkinan, itu juga bergantung pada manajemen Persegres," sebutnya.

Terpisah, Semen Padang, salah satu klub yang terdegradasi dari Liga 1 musim ini mengaku tidak mengalami masalah pencairan subsidi. "Memang benar masih ada tunggakan, yang termin pertama sudah cair kok, infonya dua termin selanjutnya sebelum Liga bergulir lagi," beber Rinold Thamrin, Direktur Umum Semen Padang. (nap/jpg)


TOPIK BERITA TERKAIT: #liga-indonesia 

Berita Terkait

Persegres Gaet Sponsor lewat Performa

Liga Indonesia

Persebaya Lega, Rodeg Hanya Butuh Istirahat

Liga Indonesia

Siapkan Skenario Tanpa Febri

Liga Indonesia

IKLAN


1. Ditjen PHU akan Kerjasama dengan Ditjen Bimas Islam Adakan Penyuluh Haji    2. Di Anggap Prospektif, Dirjen Nizar Minta Prodi Manajemen Haji dan Umrah Masuk Fakultas Ekonomi Syariah    3. 2019, Di Targetkan Seluruh Pembimbing Manasik Haji Bersertifikat    4. Hasilkan Pembimbing Haji Profesional, Ditjen PHU MoU dengan IAIN Purwokerto    5. Beri Kuliah Umum, Dirjen Nizar Minta Pembimbing Haji Bersertifikasi dan Profesional    6. 1.096 Jemaah Haji Khusus Masuk Pelunasan Tahap II    7. Layanan Armina Bakal Meningkat    8. Dirjen Nizar: Relokasi Anggaran ke APBN Demi Azaz Keadilan    9. Petugas Haji Bertambah, Pelayanan Optimis Meningkat    10. 2019, Pembimbing Haji Bersertifikasi dan Profesional    11. Temui Direktur Proyek E Hajj Arab Saudi, Tim Pelayanan Haji Bahas Kesiapan Layanan Haji    12. Permudah Pendataan, Ditjen PHU Siapkan Gelang QR untuk Jemaah Haji    13. FK-KBIH Teken Pakta Integritas Manasik Haji    14. Saat Ini di Ditjen PHU Sudah Ada Advokasi Haji    15. Tim harus Jaga Integritas, Komitmen dan Soliditas Tugas    16. Kemenag Merilis Daftar Nama Jemaah Haji Berhak Lunas    17. Seleksi Petugas Haji 1439 H/2018 M Dibuka 20 Maret    18. Biaya Haji 2018 Disepakati    19. Pembinaan Haji Inheren Kesehatan    20. Haji Rescue Team terus Berikan Pelayanan Maksimal    21. Asrama Haji Bermetamorfosis Menjadi Hotel Berbintang    22. Sertifikasi Haji, Kemenag Gandeng UIN Suska Riau    23. Rekrutmen Petugas Haji secara Online    24. Kemenag Targetkan Indeks Kepuasan Haji Naik    25. Cek Perkiraan Berangkat Haji Khusus via Online    26. Pedoman Pembatalan Pendaftaran Haji Reguler 2018 Kembali Dibuka    27. Ini Tata Cara Pembatalan Pendaftaran Ibadah Haji    28. Kuota Haji 2018 Sama dengan 2017    29. Diseminasi Advokasi Haji Dimulai di Bogor, Daerah Lain Menyusul    30. Rangkul Muspida, Advokasi Haji akan Lakukan Diseminasi