Jumat, 19 Januari 2018 02:47 WIB

Kuliner

Nyeruput Kopi, Rindukan Batavia Tempo Doeloe

Editor:

NYAMAN - Atmosfer Warung Koffie Batavia yang khas dengan paduan kultur Betawi dan Belanda.

INDOPOS.CO.ID - Ibukota Jakarta dahulu dikenal dengan sebutan Batavia, saat masih berada di masa penjajahan Belanda. Di Batavia kala itu, perpaduan kultur Betawi-Belanda (baca: Eropa) kental terasa.

Atmosfer paduan budaya Betawi-Belanda tempo dulu itulah yang coba ditawarkan Warung Koffie Batavia. ''Kami ingin mempromosikan Jakarta dengan menu kopinya dan sekaligus dengan menawarkan interior khas Batavia. Seperti diketahui, kopi menjadi komoditas utama perdagangan di Batavia kala itu. Makanya, kami tonjolkan varian kopi dipadu dengan atmosfer Batavia tempo dulu,” jelas Marketing Manager Warung Koffie Batavia Shara Moza ditemui INDOPOS di Grand Indonesia, Jakarta, baru-baru ini.

Setiap outlet Warung Koffie Batavia diidentifikasi oleh karakteristik Belanda-Indonesia, yang hadir di seluruh interior dan menu. Interior dan embience dominasi warna putih ditonjolkan.

Sisi tempo dulu juga diterapkan pada corak biru dari keramik serta sofa dan furniture yang ada. Mengusung konten lokal mulai dari biji kopi yang diambil semua asli dari Indonesia termasuk untuk makanannya, bisa dibilang tempat ini berbeda dengan kafe kopi lain.

Disini, Anda harus mencoba kopi andalannya yaitu ice coffee peranakan. Aslinya minuman ini tidak disajikan dalam bentuk es, tapi kopi panas.

”Tapi untuk memenuhi selera anak muda yang menjadi target pasar kami, ada juga pilihan menu es. Merupakan campuran kopi tubruk dengan susu dalam kadar tertentu, namun kopinya sudah disaring ampasnya,” terangnya.

Selain menu kopi, pengunjung juga bisa menikmati sajian nasi goreng kampung, nasi bakar, sop buntut, hingga berbagai camilan tempo dulu seperti kue cubit dan laba-laba yang akan mengingatkan pada jajanan masa kecil,'' tutupnya. (dew)

Berita Terkait

Warung Tekor, Dijamin Nggak Rugi

Kuliner

Kafe Ini Semua Barista dan Pelayannya Bercadar

Nusantara

First Crack Coffee Academy Cetak Ahli Kopi

Kuliner

Gooloong, Evolusi Martabak Zaman Now

Kuliner

Reaktiv Coffee, Cara Lain Menikmati Kopi

Kuliner

Berinovasi dengan Sate

Kuliner