Selasa, 16 Januari 2018 06:42 WIB

Internasional

Bawa Obat Gila di Dalam Perut, Langkah Perempuan Terhenti di X-ray

Editor:

Beberapa Paket Kokain yang Diselundupkan di Perut Seorang Wanita (AFP)

INDOPOS.CO.ID - Upaya seorang orang perempuan asal Pantai Gading yang ingin menyelundupkan 1,2 kokain ke Phuket Thailand berhasil digagalkan. Aksi penyelundupan itu terdeteksi ketika sang pelaku melintasi pintu x-ray Bandara Internasional Phuket, Rabu (27/12) malam.

Dilansir dari Al Arabiya pada Jumat (29/12), wanita yang diketahui melakukan pejalanan dari Doha, Qatar itu melintasi pintu sinar X-ray. Petugas pun melihat di perutnya terdapat 60 paket kecil kokain di perutnya dengan total isinya mencapai 1,2 kg.

Menurut Sekretaris Jenderal Badan Pengawas Narkotika Thailand Sirinya Sitdhichai, obat-obatan tersebut kemungkinan ditujukan untuk klien di Bangkok. "Tak seperti methamphetamine, kokain dan kristal meth biasanya ditujukan untuk pelanggan kaya," kata Sitdhichai.

Dia menambahkan, pedagang obat-obatan terlarang yang berbasis di Afrika Barat biasanya mempekerjakan wanita Afrika atau Asia sebagai "keledai" untuk menyelundupkan narkotika ke Thailand. Penyelundup sering memilih penerbangan ke bandara di luar Bangkok, kemudian melanjutkan perjalanan ke ibu kota melalui jalur darat.

Di Thailand, penyelundup narkoba kerap kali ditangkap oleh kepolisian, namun pihak berwenang masih saja kesulitan membongkar jaringan narkoba yang lebih besar.

Obat yang sedang populer Thailand berjenis meth yang dikonsumsi dalam bentuk tablet. Obat mengandung kafein itu dikenal sebagai "yaba". Artinya "obat gila". Pilnya, dikenal sebagai "es".(ce1/iml/JPC)

Berita Terkait