Selasa, 22 Mei 2018 02:00 WIB
citraland

Jakarta Raya

Kawanan Penodong Bajaj ‘Mati Kutu’ di Tangan Polisi

Redaktur: Redjo Prahananda

Foto : Istimewa

INDOPOS.CO.ID - Kawanan penodong dengan bajaj berjumlah tiga orang berhasil diamankan aparat Polsek Kembangan, Jakarta Barat.

Ketiganya masing-masing bernama Jul alias Apriyanto, 20, Afrizal Sanjaya, 21, dan seorang wanita bernama Friska, 20.

Modus operandi ketiga pelaku tergolong unik, sebab dalam setiap beraksi tiga serangkai ini selalu menggunakan angkutan Bajaj dalam mencari calon korban.

Kapolsek Kembangan Kompol Supriadi menjelaskan peran masing-masing tersangka. ”Tersangka JUL mengemudikan Bajaj, sedangkan tersangka FRI (Friska) dan AFR (Afrizal) menjadi penumpang Bajaj itu,” terang Supriyadi di Mapolsek Kembangan, Minggu (14/1).

Dia melanjutkan, mereka berkeliling menggunakan Bajaj untukmenentukan calon korban di lokasi sepi. Setelah menemui korban,tersangka Jul menghentikan Bajaj beberapa puluh meter di depan korban. Kemudian, tersangka Afrizal turun dari Bajaj menunggu korban menghampirnya.

Kemudian tersangka Jul dan Friska memutar balik Bajaj supaya posisi Bajaj kembali berada di belakang korban. Lalu Jul dan Friska mendekati korban dari arah belakang sampai posisi berdampingan korban dan bajaj berdampingan.

Tersangka Friska bertugas menggoda korban dari dalam Bajaj . ”Jadi tersangka FRI ini bertugas mengalihkan perhatian korban dengan berpura-pura menggoda,” ujar Supriyadi.

Bila perhatian korban sudah beralih, Afrizal dan langsung menodongkan pisau ke arah korban. Karena korban sudah ketakutan maka cuma bisa pasrah ketika ponsel dan dompet dirampas.

Selanjutnya Afrizal kembali masuk ke dalam Bajaj lalu kabur seorang diri. Sedangkan Jul dan Friska pergi mengendarai Bajaj.

”Setelah beraksi, tersangka AFR ini langsung kabur sendiri. Sedangkan tersangka FRI dan JUL pergi menggunakan Bajaj sehingga seolah-olah tidak ikut terlibat dalam penodongan tersebut. Jadi tersangka cewek ini berperan untuk mengalihkan perhatian calon korban,” dia memaparkan

Polisi menangkap korban saat baru saja beraksi di Jalan Baru Taman Aries Meruya Utara Kembangan. Aksi mereka kala itu dipergoki tim Buser Polsek Kembangan yang sedang berpatroli.

Anggotaitu langsung melakukan pengejaran dan menangkap mereka. Kepada penyidik, para pelaku mengaku sudah lima kali beraksi di kawasan Jakarta Barat.

Barang bukti dalam penangkapan itu antara lain sebilah pisau stainless, serta satu unit Bajaj B 4182 BZC digunakan para pelaku. ”Ketiga tersangka sudah kami tahan dan dikenakan pasal 365 KUHP tentang pencurian dengan kekerasan dengan ancaman hukuman di atas 5 tahun penjara,” ujar Supriyadi. (ind)


TOPIK BERITA TERKAIT: #penodong-bajaj 

Berita Terkait

IKLAN