Selasa, 22 Mei 2018 01:59 WIB
citraland

Nasional

Tak Miliki KTP-el, Warga Masih Bisa Memilih Kok

Redaktur: Redjo Prahananda

KOMPAK: Anggota KPU RI saat konferensi pers terkait kesiapan gerakan Coklit Pilkada Serentak 2018 di kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Minggu (14/1) _ foto : muhammad rifani (rvn)

INDOPOS.CO.ID - KPU RI menjamin warga yang belum memiliki KTP-el masih bisa menyumbangkan hak pilihnya. Melalui pendataan dan verifikasi Coklit di tiap rumah warga.

"Memang acuan dasar membentuk daftar pemilih tetap adalah hasil rekam KTP-el, tapi kami juga akan mengamodir mereka yang belum masuk daftar pemilih. Kami ada formulir khusus untuk yang memang belum masuk daftar pemilih," sebut Ketua KPU RI, Arief Budiman di Kawasan Imam Bonjol Jakarta Pusat, Minggu (14/1).

Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) saat melakukan pengecekan juga akan mendata warga diluar list. Dengan catatan mereka benar-benar sudah memenuhi syarat. Mulai dari Warga Negara Indonesia (WNI), sudah berusia 17 tahun sampai syarat-lanjutannya.

"Siapapun yang berhak dan memenuhi syarat sebagai pemilih tidak boleh ada yang terlewatkan. Hak masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya, wajib dilindungi," ucapnya.

Walaupun nantinya akan didata saat Coklit serentak pada 20 Januari, orang nomor satu di KPU itu tetap meminta masyarakat untuk segera melakukan perekaman KTP-el. Karena nantinya data rekam juga akan digunakan kembali untuk dasar di Pemilu DPR dan Presiden 2019.

"Nanti PPDP juga akan mensosialisasikan saat melakukan Coklit," tutup dia. (awa)


TOPIK BERITA TERKAIT: #ktp-el #kpu 

Berita Terkait

KPU Ingin Pileg Lebih Berkualitas

Nasional

KIPP Minta KPU Jangan Cuma Berwacana

Politik

PSI Terancam 1 Tahun Penjara

Politik

IKLAN