Rabu, 25 April 2018 11:46 WIB
citraland

Jakarta Raya

Terkait Program Rumah DP 0 Rupiah, Dewan Korek Pengembang dan Dinas Perumahan

Redaktur:

Foto : Ilustrasi

INDOPOS.CO.ID - Komisi D (bidang pembangunan) DPRD DKI Jakarta berencana menggelar pertemuan dengan Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman DKI Jakarta, bersama pengembang proyek rumah susun (rusun) Dp 0 Rupiah. "Pemanggilan tersebut untuk meminta klarifikasi terhadap pembangunan hunian ini," ujar Anggota Komisi D Pandapotan Sinaga, Selasa (13/2).

Pandapotan mengatakan, dalam pertemuan nanti Komisi D akan menanyakan sejauh mana kesiapan dan pelaksanaan program tersebut. Di samping sejauh mana kebutuhan bagi masyarakat.

Pemanggilan itu juga dilakukan untuk mempertanyakan seputar persyaratan yang meliputi pembelian hunian itu. Sehingga warga yang berminat membeli rusun tersebut tidak dirugikan di kemudian hari.

"Tidak kita pungkiri masih banyak warga yang bertanya-tanya tentang regulasi dan mekanisme terhadap program ini. Karenanya kami ingin memanggil dan meminta penjelasan instansi terkait,” kata politisi PDIP itu.

Kemudian, dewan juga akan memperjelas menyangkut regulasi sebagai payung hukum pelaksanaan pembangunan rusun DP 0 Rupiah ini. Regulasi ini diungkapkannya sangat penting untuk memberikan jaminan kepada pembeli bahwa apa pembangunan rumah tersebut tidak melanggar aturan. 

Hal lain yang ingin diperjelas ialah mekanisme pembayaran yang dibebankan warga. Pasalnya sistem pembayaran yang dilakukan ini berjangka panjang. “Kalau seandainya di tengah jalan cicilan itu macet bagaimana mekanisme dan konsekuensinya untuk warga. Semua harus jelas,” tegas dia.

Seperti diketahui, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan meresmikan ground breaking pembangunan rumah DP 0 Rupiah di kawasan Pondok Kelapa, Jakarta Timur, Kamis (18/1) silam.

Rumah DP 0 Rupiah ini berupa rumah susun sederhana milik (Rusunami) dan dibangun di lahan seluas 1,4 hektare milik Pemprov DKI Jakarta. Program ini menjadi salah satu dari 23 janji kampanye Anies-Sandiaga saat Pilkada DKI lalu.

Saat itu keduanya berjanji akan membuat rumah DP 0 Rupiah untuk kalangan tidak mampu dan dalam bentuk rumah tapak bukan rumah susun. Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), PD Pembangunan Sarana Jaya ditunjuk menjadi pengembang proyek tersebut. (wok)

Kisi-Kisi Pertanyaan untuk Dinas Perumahan DKI

  • Kesiapan pengembang dan instansi terkait
  • Proses pelaksanaan program DP 0 Rupiah
  • Sejauh mana kebutuhan bagi masyarakat
  • Syarat pembelian hunian itu
  • Dewan akan memperjelas regulasi pembangunan rusun DP 0 Rupiah


TOPIK BERITA TERKAIT: #rumah-dp-0-rupiah #pemprov-dki 

Berita Terkait

Pergub Rumah DP 0 Rupiah Diterbitkan

Jakarta Raya

Wagub DKI Dorong Digitalisasi UMKM dan PKL

Jakarta Raya

IKLAN


1. Ditjen PHU akan Kerjasama dengan Ditjen Bimas Islam Adakan Penyuluh Haji    2. Di Anggap Prospektif, Dirjen Nizar Minta Prodi Manajemen Haji dan Umrah Masuk Fakultas Ekonomi Syariah    3. 2019, Di Targetkan Seluruh Pembimbing Manasik Haji Bersertifikat    4. Hasilkan Pembimbing Haji Profesional, Ditjen PHU MoU dengan IAIN Purwokerto    5. Beri Kuliah Umum, Dirjen Nizar Minta Pembimbing Haji Bersertifikasi dan Profesional    6. 1.096 Jemaah Haji Khusus Masuk Pelunasan Tahap II    7. Layanan Armina Bakal Meningkat    8. Dirjen Nizar: Relokasi Anggaran ke APBN Demi Azaz Keadilan    9. Petugas Haji Bertambah, Pelayanan Optimis Meningkat    10. 2019, Pembimbing Haji Bersertifikasi dan Profesional    11. Temui Direktur Proyek E Hajj Arab Saudi, Tim Pelayanan Haji Bahas Kesiapan Layanan Haji    12. Permudah Pendataan, Ditjen PHU Siapkan Gelang QR untuk Jemaah Haji    13. FK-KBIH Teken Pakta Integritas Manasik Haji    14. Saat Ini di Ditjen PHU Sudah Ada Advokasi Haji    15. Tim harus Jaga Integritas, Komitmen dan Soliditas Tugas    16. Kemenag Merilis Daftar Nama Jemaah Haji Berhak Lunas    17. Seleksi Petugas Haji 1439 H/2018 M Dibuka 20 Maret    18. Biaya Haji 2018 Disepakati    19. Pembinaan Haji Inheren Kesehatan    20. Haji Rescue Team terus Berikan Pelayanan Maksimal    21. Asrama Haji Bermetamorfosis Menjadi Hotel Berbintang    22. Sertifikasi Haji, Kemenag Gandeng UIN Suska Riau    23. Rekrutmen Petugas Haji secara Online    24. Kemenag Targetkan Indeks Kepuasan Haji Naik    25. Cek Perkiraan Berangkat Haji Khusus via Online    26. Pedoman Pembatalan Pendaftaran Haji Reguler 2018 Kembali Dibuka    27. Ini Tata Cara Pembatalan Pendaftaran Ibadah Haji    28. Kuota Haji 2018 Sama dengan 2017    29. Diseminasi Advokasi Haji Dimulai di Bogor, Daerah Lain Menyusul    30. Rangkul Muspida, Advokasi Haji akan Lakukan Diseminasi