Rabu, 25 April 2018 11:24 WIB
citraland

Fashion

Simpel & Fresh di Ragam Nuswantara

Redaktur:

KEKAYAAN INDONESIA-Berbagai rancangan desainer Iwan Tirta yang mengusung budaya khas nusantara dalam gelaran Plaza Indonesia Fashion Week (PIFW) 2018, Senin (19/3) malam lalu.  Foto: Ismail Pohan/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Kekayaan wastra nusantara, batik khususnya, selalu mengilhami desainer Iwan Tirta untuk membuat sebuah rancangan. Kembali mengusung citra batik, Iwan memperkenalkan koleksi busana Spring/Summer 2018 di gelaran Plaza Indonesia Fashion Week (PIFW).

Kali ini, mengusung tema "Nuswantara", dia mempersembahkan rangkaian koleksi batik Jawa Tengah yang dipadu apik dengan batik wilayah lain yang kental budaya Eropa dan Jepang. Marketing Manager Iwan Tirta Private Collection Rindu M Pradnyasmita mengatakan, Nuswantara berasal dari kata Nusantara. Terdiri dari rangkaian pulau dengan segala budaya khasnya.

''Batik sendiri sangat erat dengan kultur di Jawa Tengah. Tetapi untuk koleksi Nuswantara Iwan Tirta kali ini tidak hanya menampilkan motif dari Jawa Tengah saja, tapi juga beberapa batik khas Pulau Jawa lainnya," terangnya dalam pembukaan PIFW, Senin (19/3) malam lalu.

Kombinasi itu bisa terlihat dari kolaborasi motif Boketan dan Hokokai yang sangat feminin, serta banyak dipengaruhi dari budaya Eropa dan Jepang. Hal tersebut, lanjutnya, diaplikasilan melalui motif batik menyerupai gradasi yang biasanya ditampilkan pada motif batik mega mendung. 

''Sebanyak 24 koleksi wanita ready to wear dengan kombinasi warna biru, ungu, marun, hitam, dan putih dalam material organza, cotton viscose, satin silk yang dikombinasikam dengan kain tenun,'' paparnya. Creative Director Iwan Tirta Private Collection Era Soekamto menambahkan, koleksi kali ini lebih terkesan fresh, young, dan simple.

Keunikan koleksi terlihat dari penggabungan motif batik berbagai daerah di Indonesia seperti Cirebonan dan Mega Mendung. ''Untuk koleksi Spring/Summer 2018 kita mengangkat kekayaan adat istiadat dan budaya Nusantara yang beragam. Sedangkan untuk motifnya sendiri ter-influence dari motif Eropa, Jepang, Tiongkok, dan Hokokai yang lebih fresh,'' beber Era.

Dengan mengusung look yang simpel dan fresh,  koleksi Nuswantara diperuntukkan bagi wanita modern yang menyukai kepraktisan dalam kesehariannya. Tanpa menanggalkan sisi elegan, etnik, dan tradisional dalam tiap detail bajunya. 

''Motif yang kita gunakan belum pernah ada di koleksi sebelumnya. Siluet koleksi ini very modern karena memang DNA-nya Iwan Tirta kan sangat elegan dan mature,'' tutupnya. (dew)


TOPIK BERITA TERKAIT: #pameran #fashion 

Berita Terkait

IKLAN


1. Ditjen PHU akan Kerjasama dengan Ditjen Bimas Islam Adakan Penyuluh Haji    2. Di Anggap Prospektif, Dirjen Nizar Minta Prodi Manajemen Haji dan Umrah Masuk Fakultas Ekonomi Syariah    3. 2019, Di Targetkan Seluruh Pembimbing Manasik Haji Bersertifikat    4. Hasilkan Pembimbing Haji Profesional, Ditjen PHU MoU dengan IAIN Purwokerto    5. Beri Kuliah Umum, Dirjen Nizar Minta Pembimbing Haji Bersertifikasi dan Profesional    6. 1.096 Jemaah Haji Khusus Masuk Pelunasan Tahap II    7. Layanan Armina Bakal Meningkat    8. Dirjen Nizar: Relokasi Anggaran ke APBN Demi Azaz Keadilan    9. Petugas Haji Bertambah, Pelayanan Optimis Meningkat    10. 2019, Pembimbing Haji Bersertifikasi dan Profesional    11. Temui Direktur Proyek E Hajj Arab Saudi, Tim Pelayanan Haji Bahas Kesiapan Layanan Haji    12. Permudah Pendataan, Ditjen PHU Siapkan Gelang QR untuk Jemaah Haji    13. FK-KBIH Teken Pakta Integritas Manasik Haji    14. Saat Ini di Ditjen PHU Sudah Ada Advokasi Haji    15. Tim harus Jaga Integritas, Komitmen dan Soliditas Tugas    16. Kemenag Merilis Daftar Nama Jemaah Haji Berhak Lunas    17. Seleksi Petugas Haji 1439 H/2018 M Dibuka 20 Maret    18. Biaya Haji 2018 Disepakati    19. Pembinaan Haji Inheren Kesehatan    20. Haji Rescue Team terus Berikan Pelayanan Maksimal    21. Asrama Haji Bermetamorfosis Menjadi Hotel Berbintang    22. Sertifikasi Haji, Kemenag Gandeng UIN Suska Riau    23. Rekrutmen Petugas Haji secara Online    24. Kemenag Targetkan Indeks Kepuasan Haji Naik    25. Cek Perkiraan Berangkat Haji Khusus via Online    26. Pedoman Pembatalan Pendaftaran Haji Reguler 2018 Kembali Dibuka    27. Ini Tata Cara Pembatalan Pendaftaran Ibadah Haji    28. Kuota Haji 2018 Sama dengan 2017    29. Diseminasi Advokasi Haji Dimulai di Bogor, Daerah Lain Menyusul    30. Rangkul Muspida, Advokasi Haji akan Lakukan Diseminasi