Selasa, 24 April 2018 12:21 WIB
citraland

Ekonomi

Masuki Instrumen Reksadana, Taspen Genjot Pembangunan Infrastruktur

Redaktur:

Foto : Ilustrasi

INDOPOS.CO.ID - Reksa Dana Penyertaan Terbatas (RDPT) semakin seksi. Karena itu, tidak sedikit perusahaan masuk instrumen bisnis tersebut. Tidak terkecuali PT Tabungan dan Asuransi Pensiun (Taspen). "RDPT itu sangat menarik dan kami menyambut positif RDPT," tutur Direktur Utama PT Taspen, Iqbal Latanro, di Jakarta, Senin (9/4).

Iqbal menambahkan RDPT, menjadi ciri berkembangnya reksadana terutama pembiayaan-pembiayaan infrastruktur melalui RDPT. Tahun ini, pihaknya akan mengurangi porsi saham. Yaitu untuk deposito dari 20 turun menjadi 14 dan akan turun lagi sekitar 10. "Dana dan investasi langsung akan naik 10 persen. Selanjutnya, instrumen RDPT dan lainnya 10 persen," imbuh Iqbal.

Tahun lalu, kinerja perusahaan cukup baik. Itu terefleksi layanan terus meningkat.  Laba naik hampir 200 persen. Dana kelolaan perusahaan juga meningkat. Tahun ini, bahkan diprediksi lebih menarik dari tahun lalu. Mudah-mudahan berkelanjutan," harap Iqbal.

Apakah perusahaan bakal menggelontor dividen? Iqbal mengatakan, pemerintah membuat kebijakan untuk dana pensiun, seperti Taspen tidak ada dividen. Artinya, seluruh keuntungan bakal dipakai, diputar sehingga dana kelolaan terakumulasi  semakin meningkat.

Karena itu, perusahaan akan mengurangi penempatan dana investasi di pasar modal. Maklum, dalam beberapa waktu terakhir ini volatilitas di pasar modal cukup tinggi. Itu karena pengaruh eksternal dari rencana kenaikan suku bunga Amerika Serikat (AS). Lebih mengerikan perang dagang antara AS dan Tiongkok semakin meningkat.

Tidak disangkal, tahun lalu investasi di pasar modal sangat menjanjikan. Di mana, return di pasar modal sangat menggoda investor. Namun, tahun ini Taspen mengalihkan dana yang disimpan di pasar modal ke instrumen investasi lain dengan return lebih tinggi dan volatilitas tergolong rendah. "Jadi, waktu itu bagus, terutama pada Desember 2017 memanfaatkan dengan baik. Namun, tahun ini sudah diantisipasi. HLlebih banyak pada Surat Utang Negara (SUN) dengan tingkat volatile lebih rendah atau bisa dikatakan enggak ada," tegasnya.

Tidak hanya pasar modal, Taspen juga akan mengurangi penempatan dana investasi pada deposito. Apalagi, saat ini suku bunga deposito cenderung mengalami penurunan. Di mana, instrumen investasi lain memberikan bunga lebih tinggi. Sebagai perusahaan pelat merah, kontribusi Taspen dalam membantu percepatan infrastruktur terus digenjot. Termasuk lewat penempatan investasi. Meski begitu, ia menilai secara keseluruhan instrumen SUN masih akan menjadi tempat menyimpan dana terbesar. Porsi SUN diperkirakan masih akan berada di kisaran 70 persen dari keseluruhan dana dikelola perseroan.

Sepanjang tahun lalu, Taspen mencatat hasil investasi sebesar Rp 16,81 triliun. Kondisi itu tumbuh 11 persen dibanding periode sama 2016 di kisaran Rp 15,21 triliun. Dan total aset hingga akhir 2017 tercatat sebesar Rp 230,38 triliun atau tumbuh 16 persen dibanding tahun sebelumnya. Di mana, salah satunya ditopang investasi sebesar 25 persen. (dai)


TOPIK BERITA TERKAIT: #ekonomi 

Berita Terkait

Rupiah Semakin Lemah, Kok Pemerintah Santai

utama

Waspada, Investasi Bodong Makin Menjamur

Ekonomi

Ekspor Peternakan Meningkat

Ekonomi

Tipis Jatah Investor Ritel

Ekonomi

IKLAN


1. Ditjen PHU akan Kerjasama dengan Ditjen Bimas Islam Adakan Penyuluh Haji    2. Di Anggap Prospektif, Dirjen Nizar Minta Prodi Manajemen Haji dan Umrah Masuk Fakultas Ekonomi Syariah    3. 2019, Di Targetkan Seluruh Pembimbing Manasik Haji Bersertifikat    4. Hasilkan Pembimbing Haji Profesional, Ditjen PHU MoU dengan IAIN Purwokerto    5. Beri Kuliah Umum, Dirjen Nizar Minta Pembimbing Haji Bersertifikasi dan Profesional    6. 1.096 Jemaah Haji Khusus Masuk Pelunasan Tahap II    7. Layanan Armina Bakal Meningkat    8. Dirjen Nizar: Relokasi Anggaran ke APBN Demi Azaz Keadilan    9. Petugas Haji Bertambah, Pelayanan Optimis Meningkat    10. 2019, Pembimbing Haji Bersertifikasi dan Profesional    11. Temui Direktur Proyek E Hajj Arab Saudi, Tim Pelayanan Haji Bahas Kesiapan Layanan Haji    12. Permudah Pendataan, Ditjen PHU Siapkan Gelang QR untuk Jemaah Haji    13. FK-KBIH Teken Pakta Integritas Manasik Haji    14. Saat Ini di Ditjen PHU Sudah Ada Advokasi Haji    15. Tim harus Jaga Integritas, Komitmen dan Soliditas Tugas    16. Kemenag Merilis Daftar Nama Jemaah Haji Berhak Lunas    17. Seleksi Petugas Haji 1439 H/2018 M Dibuka 20 Maret    18. Biaya Haji 2018 Disepakati    19. Pembinaan Haji Inheren Kesehatan    20. Haji Rescue Team terus Berikan Pelayanan Maksimal    21. Asrama Haji Bermetamorfosis Menjadi Hotel Berbintang    22. Sertifikasi Haji, Kemenag Gandeng UIN Suska Riau    23. Rekrutmen Petugas Haji secara Online    24. Kemenag Targetkan Indeks Kepuasan Haji Naik    25. Cek Perkiraan Berangkat Haji Khusus via Online    26. Pedoman Pembatalan Pendaftaran Haji Reguler 2018 Kembali Dibuka    27. Ini Tata Cara Pembatalan Pendaftaran Ibadah Haji    28. Kuota Haji 2018 Sama dengan 2017    29. Diseminasi Advokasi Haji Dimulai di Bogor, Daerah Lain Menyusul    30. Rangkul Muspida, Advokasi Haji akan Lakukan Diseminasi