Jumat, 27 April 2018 04:02 WIB
citraland

makanmakan

Blue Tamblingan, Kopi Spesial Langganan Istana Presiden

Redaktur:

KOPI SPESIALIS: Pemilik restoran Don Biyu Jro Putu Ardana dengan kopi Blue Tamblingan racikannya. EKA PRASETYA/RADAR BALI

INDOPOS.CO.ID - Para penikmat kopi, perlu mencicipi kopi satu ini. Namanya Kopi Blue Tamblingan. Kopi ini lahir dari kopi arabika dan kini disebut-sebut menjadi salah satu kopi spesial di Bali.

Banyak penggemar kopi yang menikmati Blue Tamblingan. Konon kopi ini juga sudah masuk ke Istana Presiden.

Kopi Blue Tamblingan bisa Anda temukan di Restoran Don Biyu, Desa Munduk, Kecamatan Banjar. Di Bali, hanya tempat ini yang menjual Kopi Blue Tamblingan.

Selain di Bali, kopi ini hanya bisa ditemukan secara terbatas di Jogjakarta. Umumnya, kopi arabika akan memiliki perbedaan rasa karena perbedaan lokasi dan ketinggian lokasi tanam.

Pun demikian dengan Blue Tamblingan. Kopi ini ditanam pada ketinggian 1.300 meter dari permukaan laut (mdpl), dekat dengan Danau Tamblingan.

Lokasi tanamnya juga dekat dengan areal hutan lindung. Lokasi ini diyakini memberi pengaruh tertentu pada rasa.

Tanaman kopi ini juga diperlakukan special, mulai dari pemeliharaan, pemetikan, hingga pasca-panen. Hal itu memberikan rasa yang spesial dan tidak akan ditemukan pada kopi lainnya.

“Kopi ini menjadi spesial karena kami treatment secara khusus. Mulai budidaya sampai sangrai. Jadi produksinya sangat terbatas.

Hanya biji terbaik yang kami olah,” kata Jro Putu Ardana, pemilik Restoran Don Biyu sekaligus pemilik kebun kopi Blue Tamblingan.

Menurut penggemar kopi, Blue Tamblingan memiliki rasa istimewa. Rasa asam dan pahitnya cukup menonjol. Banyak yang memburunya, karena kopi ini cocok digunakan membuat espresso.

Saking istimewanya, kopi ini juga sudah masuk ke Istana Negara. Ardana mengaku tidak tahu pasti siapa yang membawanya hingga ke istana.

“Mungkin ada orang yang beli, lalu masuk ke istana dan dicicipi di sana. Saya tahunya setelah ada orang dari Kementerian BUMN yang tanya ke saya,” jelas Ardana yang juga Kelian Desa Pakraman Munduk itu.

Karena produksinya yang terbatas, kini persediaan yang tersisa di Don Biyu juga terbatas karena sudah diborong pemburu kopi.

Tahun 2017 lalu, kebun milik Ardana hanya menghasilkan enam kwintal kopi Blue Tamblingan. Sementara tahun ini, belum bisa menghasilkan.

Diperkirakan akan ada tambahan produksi kopi Blue Tamblingan, pada bulan Mei nanti. “Sekarang ya terpaksa irit-irit dulu,

karena stoknya terbatas. Mungkin bulan Mei baru ada panen lagi. Makanya sementara masih dijual terbatas dulu,” imbuhnya.

Anda yang berminat dengan kopi ini, bisa langsung membelinya di Don Biyu. Harganya cukup murah untuk kelas kopi spesialti, hanya Rp 15ribu per cangkir.

Kopi ini juga dijual dalam bentuk green bean. Bisa juga dipesan dalam bentuk sangrai, tergantung dengan selera pesanan. Harganya pun relatif murah, hanya Rp 300 ribu per kilogram. (rb/mus/eps/mus/JPR)


TOPIK BERITA TERKAIT: #indoposmakanmakan #kuliner 

Berita Terkait

IKLAN


1. Ditjen PHU akan Kerjasama dengan Ditjen Bimas Islam Adakan Penyuluh Haji    2. Di Anggap Prospektif, Dirjen Nizar Minta Prodi Manajemen Haji dan Umrah Masuk Fakultas Ekonomi Syariah    3. 2019, Di Targetkan Seluruh Pembimbing Manasik Haji Bersertifikat    4. Hasilkan Pembimbing Haji Profesional, Ditjen PHU MoU dengan IAIN Purwokerto    5. Beri Kuliah Umum, Dirjen Nizar Minta Pembimbing Haji Bersertifikasi dan Profesional    6. 1.096 Jemaah Haji Khusus Masuk Pelunasan Tahap II    7. Layanan Armina Bakal Meningkat    8. Dirjen Nizar: Relokasi Anggaran ke APBN Demi Azaz Keadilan    9. Petugas Haji Bertambah, Pelayanan Optimis Meningkat    10. 2019, Pembimbing Haji Bersertifikasi dan Profesional    11. Temui Direktur Proyek E Hajj Arab Saudi, Tim Pelayanan Haji Bahas Kesiapan Layanan Haji    12. Permudah Pendataan, Ditjen PHU Siapkan Gelang QR untuk Jemaah Haji    13. FK-KBIH Teken Pakta Integritas Manasik Haji    14. Saat Ini di Ditjen PHU Sudah Ada Advokasi Haji    15. Tim harus Jaga Integritas, Komitmen dan Soliditas Tugas    16. Kemenag Merilis Daftar Nama Jemaah Haji Berhak Lunas    17. Seleksi Petugas Haji 1439 H/2018 M Dibuka 20 Maret    18. Biaya Haji 2018 Disepakati    19. Pembinaan Haji Inheren Kesehatan    20. Haji Rescue Team terus Berikan Pelayanan Maksimal    21. Asrama Haji Bermetamorfosis Menjadi Hotel Berbintang    22. Sertifikasi Haji, Kemenag Gandeng UIN Suska Riau    23. Rekrutmen Petugas Haji secara Online    24. Kemenag Targetkan Indeks Kepuasan Haji Naik    25. Cek Perkiraan Berangkat Haji Khusus via Online    26. Pedoman Pembatalan Pendaftaran Haji Reguler 2018 Kembali Dibuka    27. Ini Tata Cara Pembatalan Pendaftaran Ibadah Haji    28. Kuota Haji 2018 Sama dengan 2017    29. Diseminasi Advokasi Haji Dimulai di Bogor, Daerah Lain Menyusul    30. Rangkul Muspida, Advokasi Haji akan Lakukan Diseminasi