Senin, 28 Mei 2018 06:29 WIB
citraland

Kesehatan

Miliki Dapur Bersih dan Sehat Dengan Langkah ini.

Redaktur:

SERBA GUNA - Daun teh ternyata bisa digunakan untuk membersihkan piring.

INDOPOS.CO.ID - Menjaga kebersihan rumah sebaiknya jangan lewatkan bagian dapur. Sebab, dapur yang higienis dan bersih akan membuat keluarga sehat, betah, dan nyaman. Sayangnya, beberapa orang malas membersihkan dapur. Berbagai sudut-sudut lemari yang tak terjangkau, membuat dapur bisa menjadi sarang hewan dan penyakit. Apalagi banyaknya lemak di berbagai peralatan dapur memberi kesan jorok.

Dilansir dari Boldsky, Minggu (8/4), ada beberapa kiat untuk membuat dapur tetap bersih dan sehat. Tentunya dengan material yang mudah ditemukan di dapur.

Gunakan Daun Teh, Bukan Teh Berkantong

Saat mencuci gelas atau panci bekas memasak teh, tentu banyak noda cokelat membandel yang sulit hilang. Ternyata caranya mudah, lebih baik memilih teh langsung diseduh dari daunnya, bukan dengan kantungnya. Sebab teh memiliki sejumlah tanin yang membuat lemak dan makanan sulit menempel, sehingga cepat dan mudah untuk dibersihkan.

Manfaat Baking Powder

Taburkan baking powder secara berkala setiap sebulan sekali di tempat sampah bisa membuat tempat sampah tak terlalu bau.

Membersihkan Oven

Untuk bunda yang hobi memanggang kue dan memasak di microwave, maka saat membersihkannya cobalah taburkan garam. Kita akan melihat bahwa dalam beberapa menit seluruh kotoran rontok dan mudah dilap dengan kain.

Membersihkan Stainless Steel

Salah satu cara terbaik untuk membersihkan stainless steel adalah alkohol. Semua yang perlu dilakukan adalah menyeka alcohol pada handuk untuk membersihkannya seperti terlihat baru.

Bersihkan Wastafel Cuci Piring

Bagian ini menjadi hal yang paling menjijikkan untuk dibersihkan. Maka seringlah menyeka dengan minyak zaitun atau minyak bayi. Sehingga wastafel akan tetap bersih lebih lama.

Penyegar Ruangan

Belilah jeruk nipis dan tusuk dengan tusuk gigi. Kemudian, taruh di oven dan panggang dalam 300 derajat F, selama sekitar 10 hingga 15 menit. Lalu, biarkan pintu oven terbuka, sehingga aromanya menembus seluruh ruang dapur.

Jangan Malas

Kuncinya adalah jangan malas. Ketika piring kotor sudah menumpuk sebaiknya buru-buru dicuci. Lalu pastikan selalu tersedia lap kering di sisi dapur. (ika/JPC)


TOPIK BERITA TERKAIT: #kebersihan 

Berita Terkait

IKLAN