Jumat, 27 April 2018 03:13 WIB
citraland

Jakarta Raya

Polisi Bekuk Pencuri yang Terekam CCTV

Redaktur: Ali Rahman

Ilustrasi.

INDOPOS.CO.ID - Seorang juru parkir, Poniman alias Eman, 50, terekam kamera CCTV saat menggasak laptop canggih merek Apple Macbook Air dan sebuah handphone. Akibat aksi pencuriannya di kantor Pionicon di Jalan Tebet Utara II F, No. 04, RT 004 RW 001, Kelurahan ebet Timur, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan, Eman dan dua orang lainnya dibekuk polisi, Kamis (12/4).

"Dari yang terekam di CCTV, diketahui pelaku yang mengambil adalah seseorang dengan ciri - ciri berbadan kurus tinggi, warna kulit sawo matang, mengenakan kacamata dan usia sekitar 40-50 tahun, mengenakan kaos warna orange strip putih dan celana panjang warna coklat," ungkap Kapolsek Tebet, Kompol Maulana J. Karespina.

Komisaris Maulana J Karepesina menceritakan kronologis kejadian pencurian oleh Poniman. Awalnya, pada Selasa (10/4) sekitar pukul 18.30 WIB, pelaku datang ke kantor tersebut karena dia memang sudah mengenal dengan baik lokasi itu. Kondisi kantor saat itu sudah sepi karena sebagian karyawan sudah pulang.

Poniman, yang melihat laptop dan handphone tergeletak di atas meja di ruang meeting kantor itu, mengendap-endap masuk ke dalam ruangan. Setelah memastikan keadaan aman, ia segera membawa kabut sebuah laptop serta handphone tersebut.

Pemilik laptop dan handphone itu adalah Dimaz Prasetyo, 28. Saat dia masuk kembali ke ruang meeting, dia kaget tidak menemukan barang-barangnya.

Dimaz, yang mengetahui laptop dan handphonenya hilang kemudian mengecek rekaman CCTV. Dia kemudian melaporkan tindakan pencurian itu ke Mapolsek Tebet.

Kompol Maulana menambahkan, meskipun mendapat rekaman kamera CCTV, pihaknya sempat kesulitan menggambarkan siapa sosok pria dalam rekaman itu.

"Berbekal informasi tersebut karyawan kantor dan anggota Polsek membuat sketsa wajah pelaku dikarenakan resolusi pixel CCTV rendah sehingga wajah pelaku kurang jelas. Kemudian kami simpulkan wajah itu mengarah seorang sosok bernama panggilan Eman dan tinggal di sekitar Jalan KH. Abdullah Syafei, Tebet," pungkasnya.

Kepolisian kemudian mendatangi pria itu dan melakukan intrograsi. Dari pengakuan pelaku, laptop dan handphone sudah dijual melalui situs jual beli online kepada pria bernama Usman Radiana.

"Oleh penadah, dikarenakan laptop Apple Macbook Air tersebut dalam keadaan terkunci lock system, akhirnya barang tersebut ia serahkan kepada tekhnisi agar dapat dibuka kunci lock programnya agar bisa digunakan kembali," tegasnya.

Kepolisian menangkap tiga orang dalam kasus ini yakni Poniman sebagai pencuri, Usman sebagai penadah serta Gabrie seorang karyawan Toko HP 234 di Jalan Pal Batu I, No. 01, Kel. Menteng Dalam, Tebet. (ibl)


TOPIK BERITA TERKAIT: #pencurian 

Berita Terkait

Warga Galur Hajar Pelaku Curanmor sampai Babak Belur

Megapolitan

Polisi Sempat Tembak Dada Residivis, Tapi ...

Jakarta Raya

Polisi Tembak Mati Maling Spesialis Rumah Kosong

Jakarta Raya

Dua Pencuri Spesialis Mal Tertangkap Basah di Central Park

Jakarta Raya

IKLAN


1. Ditjen PHU akan Kerjasama dengan Ditjen Bimas Islam Adakan Penyuluh Haji    2. Di Anggap Prospektif, Dirjen Nizar Minta Prodi Manajemen Haji dan Umrah Masuk Fakultas Ekonomi Syariah    3. 2019, Di Targetkan Seluruh Pembimbing Manasik Haji Bersertifikat    4. Hasilkan Pembimbing Haji Profesional, Ditjen PHU MoU dengan IAIN Purwokerto    5. Beri Kuliah Umum, Dirjen Nizar Minta Pembimbing Haji Bersertifikasi dan Profesional    6. 1.096 Jemaah Haji Khusus Masuk Pelunasan Tahap II    7. Layanan Armina Bakal Meningkat    8. Dirjen Nizar: Relokasi Anggaran ke APBN Demi Azaz Keadilan    9. Petugas Haji Bertambah, Pelayanan Optimis Meningkat    10. 2019, Pembimbing Haji Bersertifikasi dan Profesional    11. Temui Direktur Proyek E Hajj Arab Saudi, Tim Pelayanan Haji Bahas Kesiapan Layanan Haji    12. Permudah Pendataan, Ditjen PHU Siapkan Gelang QR untuk Jemaah Haji    13. FK-KBIH Teken Pakta Integritas Manasik Haji    14. Saat Ini di Ditjen PHU Sudah Ada Advokasi Haji    15. Tim harus Jaga Integritas, Komitmen dan Soliditas Tugas    16. Kemenag Merilis Daftar Nama Jemaah Haji Berhak Lunas    17. Seleksi Petugas Haji 1439 H/2018 M Dibuka 20 Maret    18. Biaya Haji 2018 Disepakati    19. Pembinaan Haji Inheren Kesehatan    20. Haji Rescue Team terus Berikan Pelayanan Maksimal    21. Asrama Haji Bermetamorfosis Menjadi Hotel Berbintang    22. Sertifikasi Haji, Kemenag Gandeng UIN Suska Riau    23. Rekrutmen Petugas Haji secara Online    24. Kemenag Targetkan Indeks Kepuasan Haji Naik    25. Cek Perkiraan Berangkat Haji Khusus via Online    26. Pedoman Pembatalan Pendaftaran Haji Reguler 2018 Kembali Dibuka    27. Ini Tata Cara Pembatalan Pendaftaran Ibadah Haji    28. Kuota Haji 2018 Sama dengan 2017    29. Diseminasi Advokasi Haji Dimulai di Bogor, Daerah Lain Menyusul    30. Rangkul Muspida, Advokasi Haji akan Lakukan Diseminasi