Jumat, 20 April 2018 04:23 WIB
citraland

Politik

Kader Parpol Korupsi, Rekrutmen harus Diperketat

Redaktur: Ali Rahman

Wakil Ketua MPR RI EE Mangindaan. Foto: Nugrah/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat, EE Mangindaan menyarankan partai politik mengutamakan kualitas dalam proses rekrutmen anggotanya.

"Saya setuju saat proses seleksi, partai utamakan yang berkualitas. Jangan mau kalau ada yang bayar biar boleh masuk partai, yang berkualitas jadi tidak terlihat," ujar Mangindaan di Auditorium Universitas Sam Ratulangi, Manado, Kamis, (12/4).

Menurut dia, sosok berkualitas akan lebih mengutamakan integritas dalam kepemimpinannya, sehingga tindakan-tindakan yang mengarah pada korupsi bisa dihindari.

"Kaderisasi parpol saya kira perlu lebih serius, harus diperketat. Kita lihat ada ratusan kepala daerah yang ditangkap KPK. Kasihan rakyat," kata mantan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi tersebut.

Menteri Perhubungan pada Kabinet Indonesia Bersatu II itu juga berpendapat bahwa parpol harus menyiapkan sanksi berat bagi anggotanya yang terlibat kasus korupsi. "Kita ini masih perlu ada sanksi berat. Dengan demikian, mereka akan lebih serius mengurus rakyat jika menjadi pemimpin," ujar dia.

Kendati demikian, Mangindaan menuturkan bahwa menghadirkan pemimpin yang bersih bukan hanya menjadi tugas parpol.

Masyarakat, ungkap dia, juga harus pintar menyeleksi calon pemimpin mereka, agar ke depannya tidak dirugikan. "Pilih yang betul-betul memperjuangkan kepentingan rakyat, jangan asal. Syaratnya dia tahu tugasnya sebagai pemimpin, dia tahu batasannya dalam bertindak," terang mantan Gubernur Sulawesi Utara tersebut. (nug)

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #kader-parpol #rekrutmen-kader 

Berita Terkait

Dua Parpol Buka Pintu Bagi Gatot Jadi Kader

Headline

IKLAN


1. Ditjen PHU akan Kerjasama dengan Ditjen Bimas Islam Adakan Penyuluh Haji    2. Di Anggap Prospektif, Dirjen Nizar Minta Prodi Manajemen Haji dan Umrah Masuk Fakultas Ekonomi Syariah    3. 2019, Di Targetkan Seluruh Pembimbing Manasik Haji Bersertifikat    4. Hasilkan Pembimbing Haji Profesional, Ditjen PHU MoU dengan IAIN Purwokerto    5. Beri Kuliah Umum, Dirjen Nizar Minta Pembimbing Haji Bersertifikasi dan Profesional    6. 1.096 Jemaah Haji Khusus Masuk Pelunasan Tahap II    7. Layanan Armina Bakal Meningkat    8. Dirjen Nizar: Relokasi Anggaran ke APBN Demi Azaz Keadilan    9. Petugas Haji Bertambah, Pelayanan Optimis Meningkat    10. 2019, Pembimbing Haji Bersertifikasi dan Profesional    11. Temui Direktur Proyek E Hajj Arab Saudi, Tim Pelayanan Haji Bahas Kesiapan Layanan Haji    12. Permudah Pendataan, Ditjen PHU Siapkan Gelang QR untuk Jemaah Haji    13. FK-KBIH Teken Pakta Integritas Manasik Haji    14. Saat Ini di Ditjen PHU Sudah Ada Advokasi Haji    15. Tim harus Jaga Integritas, Komitmen dan Soliditas Tugas    16. Kemenag Merilis Daftar Nama Jemaah Haji Berhak Lunas    17. Seleksi Petugas Haji 1439 H/2018 M Dibuka 20 Maret    18. Biaya Haji 2018 Disepakati    19. Pembinaan Haji Inheren Kesehatan    20. Haji Rescue Team terus Berikan Pelayanan Maksimal    21. Asrama Haji Bermetamorfosis Menjadi Hotel Berbintang    22. Sertifikasi Haji, Kemenag Gandeng UIN Suska Riau    23. Rekrutmen Petugas Haji secara Online    24. Kemenag Targetkan Indeks Kepuasan Haji Naik    25. Cek Perkiraan Berangkat Haji Khusus via Online    26. Pedoman Pembatalan Pendaftaran Haji Reguler 2018 Kembali Dibuka    27. Ini Tata Cara Pembatalan Pendaftaran Ibadah Haji    28. Kuota Haji 2018 Sama dengan 2017    29. Diseminasi Advokasi Haji Dimulai di Bogor, Daerah Lain Menyusul    30. Rangkul Muspida, Advokasi Haji akan Lakukan Diseminasi