Jumat, 20 April 2018 04:26 WIB
citraland

Ekonomi

Infrastruktur Dukung Poros Maritim

Redaktur:

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi

INDOPOS.CO.ID - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terus menggeber sejumlah pembangunan infrastruktur. Misalnya, gencar membangun pelabuhan dan Terminal Petikemas. Itu dilakukan untuk mendukung poros maritim. 

Saat ini telah terbangun 3.357 pelabuhan dan terminal untuk mendukung konektivitas. Pembangunan dan pengembangan pelabuhan sepanjang 2015-2017 sebanyak 167 lokasi. Jumlah itu melebihi proyeksi rencana pembangunan jangka menengah nasional (RPJMN) di kisaran 163 lokasi.

Untuk periode 2018-2019, pembangunan dan pengembangan pelabuhan direncanakan 32 lokasi. Di mana, saat ini pemerintah fokus membangun dan mengembangkan pelabuhan Indonesia Timur (Intim). Misalnya, pembangunan Pelabuhan Sorong-Seget, Pelabuhan Hub Internasional Bitung, dan Makassar New Port. "Itu semua untuk menyokong sektor kemaritiman," tutur Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, di Jakarta, Kamis (12/4).

Sejumlah pelabuhan dibangun dengan kedalaman cukup terukur bertujuan  menampung kapal asing berukuran besar. Untuk Pelabuhan Hub Internasional Bitung secara geografis di jalur perdagangan internasional, merupakan salah satu jalur sutera yaitu jalur pelayaran Selat Sulawesi.

Pembangunan infrastruktur secara masif itu tidak sia-sia. Di mana, daya saing global Indonesia tahun lalu naik signifikan. Yaitu menduduki peringkat 36 dari edisi 2016 di posisi 41."Lonjkana peringkat itu tidak lepas dari peran pemerintah menggenjot pembangunan infrastruktur," aku Budi.

Menyusul pembangunan masif itu, tidak sedikit kapal perusahaan pelayaran internasional berlabuh. Sejumlah perusahaan pelayaran asing berkomitmen untuk ikut berkontribusi mengembangkan bisnis shipping line di Indonesia. "Kami akan ikut terlibat secara aktif," beber Presiden Director CMA CGM Indonesia Farid Belboub.

Awal April lalu, Grup Meratus mewakili CMA CGM Group sebagai sub agen di berbagai lokasi outports di pulau Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, dan Timor (Padang, Kumai, Bitung, Makassar, Kupang, Samarinda, Samarinda, Sampit, Palu, Pelabuhan Balikpapan, Kendari dan Benoa).

Selain itu, ENG LEE, mewakili CMA CGM Group sebagai sub agen di Jambi, di Pulau Sumatera. ENG LEE merupakan pemimpin operator tongkang Asean, mengoperasikan lebih dari 100 tongkang dari Sumatra ke Singapura. Dengan jejak kuat sektor pabrik kertas, ENG LEE memungkinkan CMA CGM menembus pasar Sumatra.

Mulai 1 Mei 2018, CMA CGM akan membuka agen di Palembang, Sumatra Selatan (Sumsel). Palembang merupakan wilayah produksi karet kedua dunia, dan akan mengakomodasi pabrik kertas terbesar di dunia dari Grup APP di OKI. Kerja sama dua kemitraan strategis itu, dan peluncuran agensi CMA CGM di Palembang, jelas membuka era baru CMA CGM Group di Indonesia dengan cakupan komprehensif, penawaran unik dari Pulau Sumatra ke Papua dan kemampuan mengusulkan ujung ke ujung layanan. (dai)


TOPIK BERITA TERKAIT: #kemenhub 

Berita Terkait

IKLAN


1. Ditjen PHU akan Kerjasama dengan Ditjen Bimas Islam Adakan Penyuluh Haji    2. Di Anggap Prospektif, Dirjen Nizar Minta Prodi Manajemen Haji dan Umrah Masuk Fakultas Ekonomi Syariah    3. 2019, Di Targetkan Seluruh Pembimbing Manasik Haji Bersertifikat    4. Hasilkan Pembimbing Haji Profesional, Ditjen PHU MoU dengan IAIN Purwokerto    5. Beri Kuliah Umum, Dirjen Nizar Minta Pembimbing Haji Bersertifikasi dan Profesional    6. 1.096 Jemaah Haji Khusus Masuk Pelunasan Tahap II    7. Layanan Armina Bakal Meningkat    8. Dirjen Nizar: Relokasi Anggaran ke APBN Demi Azaz Keadilan    9. Petugas Haji Bertambah, Pelayanan Optimis Meningkat    10. 2019, Pembimbing Haji Bersertifikasi dan Profesional    11. Temui Direktur Proyek E Hajj Arab Saudi, Tim Pelayanan Haji Bahas Kesiapan Layanan Haji    12. Permudah Pendataan, Ditjen PHU Siapkan Gelang QR untuk Jemaah Haji    13. FK-KBIH Teken Pakta Integritas Manasik Haji    14. Saat Ini di Ditjen PHU Sudah Ada Advokasi Haji    15. Tim harus Jaga Integritas, Komitmen dan Soliditas Tugas    16. Kemenag Merilis Daftar Nama Jemaah Haji Berhak Lunas    17. Seleksi Petugas Haji 1439 H/2018 M Dibuka 20 Maret    18. Biaya Haji 2018 Disepakati    19. Pembinaan Haji Inheren Kesehatan    20. Haji Rescue Team terus Berikan Pelayanan Maksimal    21. Asrama Haji Bermetamorfosis Menjadi Hotel Berbintang    22. Sertifikasi Haji, Kemenag Gandeng UIN Suska Riau    23. Rekrutmen Petugas Haji secara Online    24. Kemenag Targetkan Indeks Kepuasan Haji Naik    25. Cek Perkiraan Berangkat Haji Khusus via Online    26. Pedoman Pembatalan Pendaftaran Haji Reguler 2018 Kembali Dibuka    27. Ini Tata Cara Pembatalan Pendaftaran Ibadah Haji    28. Kuota Haji 2018 Sama dengan 2017    29. Diseminasi Advokasi Haji Dimulai di Bogor, Daerah Lain Menyusul    30. Rangkul Muspida, Advokasi Haji akan Lakukan Diseminasi