Rabu, 25 April 2018 11:58 WIB
citraland

Ekonomi

UMKM di Kota Padang Diajari Cara Bisnis Zaman Now

Redaktur: Ali Rahman

Ekonom BCA David Sumual memberikan pemaparan mengenai perkembangan ekonomi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) pada acara Seminar ‘Wirausaha Jaman Now’ yang diikuti oleh 100 orang pedagang Pasar Raya Padang di Padang, Kamis (12/4).

INDOPOS.CO.ID - Berbagai upaya terus dilakukan oleh PT. Bank Central Asia (BCA) Tbk dalam hal memberikan konsultasi dan pelatihan mengenai laporan keuangan sederhana dan perpajakan bagi UMKM.

Kepala SK CSR BCA, Inge Setiawati mengatakan, pihaknya memfasilitasi para pelaku UMKM di Kota Padang dengan melakukan seminar wirausaha agar para pelaku UMKM yang ada di daerah bisa mengetahui cara berbisnis jaman now.

"Paling tidak, mereka (pelaku UMKM, Red) mampu menjadi trendsetter bukan follower. Jadi mereka juga menerima paparan tentang solusi bisnis jaman now, e-commerce, dan praktek foto produk," kata Inge melalui keterangannya, Jumat (13/4).

Melalui acara yang diikuti oleh 100 orang pedagang dari Pasar Raya, Padang itu BCA terus berupaya untuk turut meningkatkan berbagai bidang usaha masyarakat agar mampu bertumbuh dan maju secara mandiri. Bahkan berbagai program telah disiapkan untuk mendukung upaya tersebut.

"Ini sudah jadi komitmen kani. Kami harus memfasilitasi pelaku UMKM agar mereka dapat mengembangkan usahanya dalam jangka panjang," ujarnya.

Inge mengatakan, untuk tahun ini, rasio penyaluran kredit UMKM ditargetkan mencapai 20 persen dari total porfotolio kredit BCA. Sementara tahun 2017 lalu, kredit komersial serta usaha kecil dan menengah (UKM) yang disalurkan BCA mencapai Rp 167,49 triliun atau tumbuh 10,3 persen.

“Saat ini pemberdayaan UMKM juga dapat meningkatkan kegiatan ekonomi di Indonesia. Besar harapan kami, seminar ini dapat mendulang kontribusi BCA dalam mengembangkan UMKM di Indonesia sehingga dapat mengurangi angka pengangguran, memerangi kemiskinan, dan menciptakan produk-produk unggulan Indonesia yang mampu bersaing di dalam dan luar negeri,” paparnya. (iwk)

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #umkm #bisnis-zaman-now 

Berita Terkait

Majukan UKM dan IKM Lokal lewat Platform Digital

Indobisnis

Wagub DKI Dorong Digitalisasi UMKM dan PKL

Jakarta Raya

Ratusan Ribu Orang Pilih Bekerja di UMKM

Megapolitan

Setengah KUR untuk Sektor Kuliner

Indobisnis

UMKM Butuh Akses Kredit Murah

Ekonomi

Pelaku Bisnis Bisa Manfaatkan Data Go-Pay

Ekonomi

IKLAN


1. Ditjen PHU akan Kerjasama dengan Ditjen Bimas Islam Adakan Penyuluh Haji    2. Di Anggap Prospektif, Dirjen Nizar Minta Prodi Manajemen Haji dan Umrah Masuk Fakultas Ekonomi Syariah    3. 2019, Di Targetkan Seluruh Pembimbing Manasik Haji Bersertifikat    4. Hasilkan Pembimbing Haji Profesional, Ditjen PHU MoU dengan IAIN Purwokerto    5. Beri Kuliah Umum, Dirjen Nizar Minta Pembimbing Haji Bersertifikasi dan Profesional    6. 1.096 Jemaah Haji Khusus Masuk Pelunasan Tahap II    7. Layanan Armina Bakal Meningkat    8. Dirjen Nizar: Relokasi Anggaran ke APBN Demi Azaz Keadilan    9. Petugas Haji Bertambah, Pelayanan Optimis Meningkat    10. 2019, Pembimbing Haji Bersertifikasi dan Profesional    11. Temui Direktur Proyek E Hajj Arab Saudi, Tim Pelayanan Haji Bahas Kesiapan Layanan Haji    12. Permudah Pendataan, Ditjen PHU Siapkan Gelang QR untuk Jemaah Haji    13. FK-KBIH Teken Pakta Integritas Manasik Haji    14. Saat Ini di Ditjen PHU Sudah Ada Advokasi Haji    15. Tim harus Jaga Integritas, Komitmen dan Soliditas Tugas    16. Kemenag Merilis Daftar Nama Jemaah Haji Berhak Lunas    17. Seleksi Petugas Haji 1439 H/2018 M Dibuka 20 Maret    18. Biaya Haji 2018 Disepakati    19. Pembinaan Haji Inheren Kesehatan    20. Haji Rescue Team terus Berikan Pelayanan Maksimal    21. Asrama Haji Bermetamorfosis Menjadi Hotel Berbintang    22. Sertifikasi Haji, Kemenag Gandeng UIN Suska Riau    23. Rekrutmen Petugas Haji secara Online    24. Kemenag Targetkan Indeks Kepuasan Haji Naik    25. Cek Perkiraan Berangkat Haji Khusus via Online    26. Pedoman Pembatalan Pendaftaran Haji Reguler 2018 Kembali Dibuka    27. Ini Tata Cara Pembatalan Pendaftaran Ibadah Haji    28. Kuota Haji 2018 Sama dengan 2017    29. Diseminasi Advokasi Haji Dimulai di Bogor, Daerah Lain Menyusul    30. Rangkul Muspida, Advokasi Haji akan Lakukan Diseminasi