Jumat, 27 April 2018 03:19 WIB
citraland

Politik

Dipecat, Lukito Tidak Boleh Jalankan Kegiatan Mengatasnamakan NasDem

Redaktur:

Kuasa Hukum DPP Partai NasDem Paskalis Ascara Da Cunha.

INDOPOS.CO.ID - Kuasa Hukum DPP Partai NasDem Paskalis Ascara Da Cunha mengatakan Lukito Eko Purwandono yang statusnya sudah dipecat dari keanggotaan Partai NasDem tidak sah dalam menjalankan kegiatan sebagai anggota DPRD Kabupaten Malang dan tidak sah sebagai pengurus partai. “Secara sah Lukito sudah dipecat, dan tidak boleh menjalankan kegiatan yang mengatasnamakan Partai NasDem,” tuturnya saat ditemui di Jakarta, Jumat (13/4).

Terlebih lagi, Lukito sudah dua kali melayangkan gugatan kepada DPP dan DPW Partai NasDem Jatim namun kalah ditingkat PT Jatim. Ini menunjukkan bahwa Lukito tidak patuh terhadap aturan partai yang dibuktikan dengan adanya perlawanan.

Disinggung soal terima gaji dan tunjangan selama dua tahun, Paskalis menegaskan, karena sudah tidak mewakili partai tentunya gaji dan tunjangan yang diterima Lukito juga tidak sah. Seharusnya gaji dan tunjungan yang selama ini diterima Lukito seharusnya diberikan kepada penggantinya yang seharusnya dilakukan PAW. “Apabila ada anggota dewan yang sudah dipecat dari partai lalu masih menerima gaji dan tunjangan bisa masuk ranah pidana, karena menerima yang bukan haknya,” kata Paskalis.

Untuk itu, kata Paskalis, seharusnya DPW Partai NasDem Jatim, dengan segala kewenangannya bisa mengintruksikan kepada DPD Partai NasDem Kabupaten Malang untuk menerbitkan surat sebagaimana yang diminta oleh DPP kepada Ketua DPRD Kabupaten Malang untuk segera melakukan proses PAW.

Sementara itu, Sekretaris Badan Advokasi Hukum (BAHU) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai NasDem Reginaldo Sultan mengatakan jika kader Partai NasDem yang kini Anggota DPRD Kabupaten Malang Lukito Eko Purwandono sudah dipecat dari partai. Sedangkan pemecatan Lukito itu sudah ada surat yang dikeluarkan DPP dan ditandatangani Ketua Umum (Ketum) Partai NasDem Surya Paloh pada 30 April 2016.

Selanjutnya, lanjut dia surat pemecatan dari DPP ditindalanjuti oleh DPW Partai NasDem Jatim dan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Kabupaten Malang. “Kini pihak DPP akan kembali memberikan surat kepada DPD Partai NasDem Kabupaten Malang untuk menindaklanjuti proses PAW,” tandas dia.

Seperti diketahui, Lukito telah terbukti melakukan tindakan asusila dengan melakukan praktek perselingkuhan. Akibat tindakan itu, Lukito harus mendekam di LP Lowokwaru selama lima bulan.

Karena kasus itu, DPP NasDem mengeluarkan surat pemecatan yang ditandatangani langsung oleh Surya Paloh pada 30 April 2016. Bahkan surat DPP NasDem juga sudah ditindaklanjuti dengan adanya surat dari DPW NasDem Jatim dan DPD NasDem Kabupaten Malang yang isinya terkait pemecatan Lukito. Tapi meski sudah dipecat dari Partai NasDem, anehnya tidak dilakukan PAW. (*/jpg)


TOPIK BERITA TERKAIT: #lukito-eko-purwandono 

Berita Terkait

IKLAN


1. Ditjen PHU akan Kerjasama dengan Ditjen Bimas Islam Adakan Penyuluh Haji    2. Di Anggap Prospektif, Dirjen Nizar Minta Prodi Manajemen Haji dan Umrah Masuk Fakultas Ekonomi Syariah    3. 2019, Di Targetkan Seluruh Pembimbing Manasik Haji Bersertifikat    4. Hasilkan Pembimbing Haji Profesional, Ditjen PHU MoU dengan IAIN Purwokerto    5. Beri Kuliah Umum, Dirjen Nizar Minta Pembimbing Haji Bersertifikasi dan Profesional    6. 1.096 Jemaah Haji Khusus Masuk Pelunasan Tahap II    7. Layanan Armina Bakal Meningkat    8. Dirjen Nizar: Relokasi Anggaran ke APBN Demi Azaz Keadilan    9. Petugas Haji Bertambah, Pelayanan Optimis Meningkat    10. 2019, Pembimbing Haji Bersertifikasi dan Profesional    11. Temui Direktur Proyek E Hajj Arab Saudi, Tim Pelayanan Haji Bahas Kesiapan Layanan Haji    12. Permudah Pendataan, Ditjen PHU Siapkan Gelang QR untuk Jemaah Haji    13. FK-KBIH Teken Pakta Integritas Manasik Haji    14. Saat Ini di Ditjen PHU Sudah Ada Advokasi Haji    15. Tim harus Jaga Integritas, Komitmen dan Soliditas Tugas    16. Kemenag Merilis Daftar Nama Jemaah Haji Berhak Lunas    17. Seleksi Petugas Haji 1439 H/2018 M Dibuka 20 Maret    18. Biaya Haji 2018 Disepakati    19. Pembinaan Haji Inheren Kesehatan    20. Haji Rescue Team terus Berikan Pelayanan Maksimal    21. Asrama Haji Bermetamorfosis Menjadi Hotel Berbintang    22. Sertifikasi Haji, Kemenag Gandeng UIN Suska Riau    23. Rekrutmen Petugas Haji secara Online    24. Kemenag Targetkan Indeks Kepuasan Haji Naik    25. Cek Perkiraan Berangkat Haji Khusus via Online    26. Pedoman Pembatalan Pendaftaran Haji Reguler 2018 Kembali Dibuka    27. Ini Tata Cara Pembatalan Pendaftaran Ibadah Haji    28. Kuota Haji 2018 Sama dengan 2017    29. Diseminasi Advokasi Haji Dimulai di Bogor, Daerah Lain Menyusul    30. Rangkul Muspida, Advokasi Haji akan Lakukan Diseminasi