Rabu, 25 April 2018 12:00 WIB
citraland

Jakarta Raya

Proyek Galian Picu Kecelakaan

Redaktur:

SEMRAWUT- Galian proyek di berbagai lokasi jalanan di Jakarta, menimbulkan kecelakaan dan kemacetan. JOESVICAR IQBAL/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Galian proyek yang banyak ditemui di berbagai lokasi jalanan di Jakarta, menimbulkan berbagai masalah. Mulai dari kemacetan lalu lintas, merusak penataan kota, hingga memicu kecelakaan. Terakhir, galian proyek menyebabkan sebuah dump truk terguling di kawasan Permata Hijau, Jakarta Salatan, Rabu (11/4) lalu, hingga memicu kemacetan panjang di wilayah tersebut.

Kepala Suku Dinas Binamarga, Agustio mengatakan, pihaknya telah sering menegur PLN dan perusahaan lain, untuk memastikan pekerjaan para vendornya dilakukan secara profesional. Dia mengatakan, sering mendapati bekas galian yang ditambal secara asal-asalan.

"Kita sudah tegur pihak PLN dan perusahaan lainnya agar segera memperbaiki bekas galian," kata Agustio, Minggu (15/4).

Namun,Agus mengaku tidak punya wewenang untuk memberikan sanksi kepada pihak kontraktor dari PLN meskipun pekerjaan yang mereka lakukan kerap merusak jalan.

"Yang bisa memberikan sanksi kepada kontraktor adalah pihak PLN. Karena yang berkontrak mereka. Kita hanya bisa memberi intruksi agar segera diperbaiki bekas galian itu," imbuhnya.

Kanit Laka Lantas Polres Metro Jakarta Selatan, AKP Sunar menuturkan, laporan adanya kecelakaan truk akibat galian sudah diterima. “Sudah selesai laporannya,” ucap Sunar.

Seperti diketahui, sejumlah pemberitaan ramai menayangkan dump truk terguling di bekas galian kabel listrik milik PLN. Berbagai pihak menilai, vendor dari PLN tidak bekerja secara serius hingga bekas galian mudah runtuh dan membahayakan pengguna lalu lintas.

Namun, pihak PLN dalam pernyataannya kepada media terkesan membantah mengenai tudingan itu. Menurut Suherman selaku Deputi Manajer Hukum dan Komunikasi PT PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Barat (UIP JBB), galian Saluran Kabel Tegangan Tinggi (SKTT) 150 Kv tersebut merupakan proyek yang dilakukan PLN UIP JBB untuk menghubungan Gardu Induk Pasangan Dalam atau Gas Insulated Substation (GIS) Senayan-New Senayan.

Adapun, menurutnya, pekerjaan itu dilakukan demi meningkatkan keandalan listrik di wilayah Jakarta khususnya di sekitar lokasi pembangunan.

"Pengerjaan dilakukan oleh PLN UIP JBB dan bekerja sama dengan pihak vendor. (galian) telah ditutup pada pekan pertama Maret 2018," kata Suherman melalui pesan tertulisnya, Minggu (15/4).

Ia menambahkan, proyek galian SKTT itu tidak dilakukan di badan jalan dimana kendaraan melintas.

"Pada saat kejadian, truk melintas keluar dari jalur kendaraan dan melintasi proyek bekas galian yang sudah ditutup. Kondisi tanah saat ditinjau pagi harinya pasca kejadian, adalah kering dan keras, tidak berlumpur maupun licin. Pada hari Kamis (12/4), PLN telah memperbaiki kembali galian," ujarnya.

Meski demikian, ia meminta masyarakat untuk ikut pengawasi pekerjaan-pekerjaan penggalian serupa yang dilakukan oleh vendor agar dalam pelaksanaannya tidak mengganggu kepentingan umum.

"Untuk itu, kami sangat mengharapkan masyarakat untuk ikut serta mengawasi ketertiban pengerjaan proyek agar tidak menganggu kepentingan umum," tandasnya. (ibl)


TOPIK BERITA TERKAIT: #kecelakaan 

Berita Terkait

Van Maut Melaju ke Trotoar, 10 Pejalan Kaki Tewas

Internasional

Taksi Tabrak Tiang Lampu Penerangan Jalan Umum

Jakarta Raya

Heli Jatuh, Seorang Tewas

utama

Helikopter Terjatuh, Satu Tewas dan 6 Luka-Luka

Nasional

Brak, Halte Busway Simprug Ditabrak Truk

Jakarta Raya

Galian Picu Kecelakaan, PLN Tindak Vendor

Jakarta Raya

IKLAN


1. Ditjen PHU akan Kerjasama dengan Ditjen Bimas Islam Adakan Penyuluh Haji    2. Di Anggap Prospektif, Dirjen Nizar Minta Prodi Manajemen Haji dan Umrah Masuk Fakultas Ekonomi Syariah    3. 2019, Di Targetkan Seluruh Pembimbing Manasik Haji Bersertifikat    4. Hasilkan Pembimbing Haji Profesional, Ditjen PHU MoU dengan IAIN Purwokerto    5. Beri Kuliah Umum, Dirjen Nizar Minta Pembimbing Haji Bersertifikasi dan Profesional    6. 1.096 Jemaah Haji Khusus Masuk Pelunasan Tahap II    7. Layanan Armina Bakal Meningkat    8. Dirjen Nizar: Relokasi Anggaran ke APBN Demi Azaz Keadilan    9. Petugas Haji Bertambah, Pelayanan Optimis Meningkat    10. 2019, Pembimbing Haji Bersertifikasi dan Profesional    11. Temui Direktur Proyek E Hajj Arab Saudi, Tim Pelayanan Haji Bahas Kesiapan Layanan Haji    12. Permudah Pendataan, Ditjen PHU Siapkan Gelang QR untuk Jemaah Haji    13. FK-KBIH Teken Pakta Integritas Manasik Haji    14. Saat Ini di Ditjen PHU Sudah Ada Advokasi Haji    15. Tim harus Jaga Integritas, Komitmen dan Soliditas Tugas    16. Kemenag Merilis Daftar Nama Jemaah Haji Berhak Lunas    17. Seleksi Petugas Haji 1439 H/2018 M Dibuka 20 Maret    18. Biaya Haji 2018 Disepakati    19. Pembinaan Haji Inheren Kesehatan    20. Haji Rescue Team terus Berikan Pelayanan Maksimal    21. Asrama Haji Bermetamorfosis Menjadi Hotel Berbintang    22. Sertifikasi Haji, Kemenag Gandeng UIN Suska Riau    23. Rekrutmen Petugas Haji secara Online    24. Kemenag Targetkan Indeks Kepuasan Haji Naik    25. Cek Perkiraan Berangkat Haji Khusus via Online    26. Pedoman Pembatalan Pendaftaran Haji Reguler 2018 Kembali Dibuka    27. Ini Tata Cara Pembatalan Pendaftaran Ibadah Haji    28. Kuota Haji 2018 Sama dengan 2017    29. Diseminasi Advokasi Haji Dimulai di Bogor, Daerah Lain Menyusul    30. Rangkul Muspida, Advokasi Haji akan Lakukan Diseminasi