Jumat, 27 April 2018 03:57 WIB
citraland

makanmakan

Yuk Nikmati Serabi Notosuman dari Sebuah Desa di Solo

Redaktur:

INDOPOS.CO.ID - PENAMPILANNYA dibalut daun pisang, dengan aroma santan yang kuat. Ya, ini adalah Serabi Notosuman, makanan khas Solo, Jawa Tengah. Mengikuti gelaran Jakarta Food Festival 2018 yang berlangsung di La Piazza, Summarecon Kelapa Gading, mengusung tema Kampoeng Tempoe Doeloe (KTD).

Beragam aneka kuliner tumpah ruah disini. Mulai dari makanan berat hingga makanan ringan ada disini, termasuk serabi notosuman. Stagenya sudah ramai pembeli, dengan sigap penjual serabi notosuman langsung menggulungnya dan dimasukan ked alam sebuah wadah yang telah disediakan.

Penamaan Serabi Notosuman itu diambil dari sebuah desa yang tepatnya berada di Solo, Jawa Tengah. Mungkin mempunyai makna khsusus di balik penamaan itu. Alhasil menambah pundi pundi keuntungan dari nama Desa Notosuman itu.

Supervisor serabi notosuman, Lucky Indra Jaya mengungkapkan, bahwa Serabi Notosuman memang rutin mengikuti gelaran Jakarta Food Festival tiap tahunnya. Setiap mengikuti gelaran ini selalu ramai pembeli dan terus setiap tahun pasti meningkat pembelinya.

”Serabi notosuman itu sebenernya nama kampung kalau di Solo itu. Nama jalan asal Notosuman di Solo. Dari Solo ikut acara Jakarta Food Festival,” ujar Supervisor Serabi Notosuman, Lucky Indra Jaya saat berbincang dengan Indopos, di La Piazza, Summarecon Kelapa Gading, Jakarta Utara, Kamis (12/4).

”Selalu rutin ikutan Jakarta Food Festival ini, pembelinya selalu setia beli serabi notosuman. Lebih banyak tahun ini, Setiap tahun ada peningkatan,” ungkapnya.

Untuk komposisi Serabi Notosuman ini, terdiri dari tepung beras, tepung terigu, santan kental, gula pasir. Ini untuk rasa originalnya. Adapula varian rasa coklat, hanya ditambahkan toping miseseres yang ditaburi menyeluruh di bagian atas serabinya.

”Tepung beras santen, gula, sama garam. (Original) Kita pakai tepung beras diadonin pakai air, nanti dituang ke penggorengan baru santannya dituang ke atas itu yang bikin beda serabi notosuman,” tutur Lucky Indra Jaya.

Meski kini banyak varian rasa dari serabi, tapi menurut Lucky, Serabi Notosuman ini mempertahankan ciri khasnya dengan memprodukasi original dan coklat. ”Ciri khasnya serabi notosuman, ada dua macam, original dan coklat,” jelasnya.

Kota Solo pasti selalu dikaitkan dengan orang nomor satu di Indonesia, Presiden Joko Widodo. Solo merupakan kampung halamannya, dari sinilah Jokowi begitu disapa mulai dikenal. Menurut Lucky, sewaktu Jokowi menjabat sebagai WaliKota Solo selalu menyempatkan waktu untuk membeli serabi notosuman ini. ”Waktu jadi masih Walikota Solo dulu biasa beli dan msuk ke toko sendiri. Setelah jadi Presiden yang beli ajudannya,” terang Lucky sambil tersenyum. (cr-2)


TOPIK BERITA TERKAIT: #indoposmakanmakan #kuliner 

Berita Terkait

IKLAN


1. Ditjen PHU akan Kerjasama dengan Ditjen Bimas Islam Adakan Penyuluh Haji    2. Di Anggap Prospektif, Dirjen Nizar Minta Prodi Manajemen Haji dan Umrah Masuk Fakultas Ekonomi Syariah    3. 2019, Di Targetkan Seluruh Pembimbing Manasik Haji Bersertifikat    4. Hasilkan Pembimbing Haji Profesional, Ditjen PHU MoU dengan IAIN Purwokerto    5. Beri Kuliah Umum, Dirjen Nizar Minta Pembimbing Haji Bersertifikasi dan Profesional    6. 1.096 Jemaah Haji Khusus Masuk Pelunasan Tahap II    7. Layanan Armina Bakal Meningkat    8. Dirjen Nizar: Relokasi Anggaran ke APBN Demi Azaz Keadilan    9. Petugas Haji Bertambah, Pelayanan Optimis Meningkat    10. 2019, Pembimbing Haji Bersertifikasi dan Profesional    11. Temui Direktur Proyek E Hajj Arab Saudi, Tim Pelayanan Haji Bahas Kesiapan Layanan Haji    12. Permudah Pendataan, Ditjen PHU Siapkan Gelang QR untuk Jemaah Haji    13. FK-KBIH Teken Pakta Integritas Manasik Haji    14. Saat Ini di Ditjen PHU Sudah Ada Advokasi Haji    15. Tim harus Jaga Integritas, Komitmen dan Soliditas Tugas    16. Kemenag Merilis Daftar Nama Jemaah Haji Berhak Lunas    17. Seleksi Petugas Haji 1439 H/2018 M Dibuka 20 Maret    18. Biaya Haji 2018 Disepakati    19. Pembinaan Haji Inheren Kesehatan    20. Haji Rescue Team terus Berikan Pelayanan Maksimal    21. Asrama Haji Bermetamorfosis Menjadi Hotel Berbintang    22. Sertifikasi Haji, Kemenag Gandeng UIN Suska Riau    23. Rekrutmen Petugas Haji secara Online    24. Kemenag Targetkan Indeks Kepuasan Haji Naik    25. Cek Perkiraan Berangkat Haji Khusus via Online    26. Pedoman Pembatalan Pendaftaran Haji Reguler 2018 Kembali Dibuka    27. Ini Tata Cara Pembatalan Pendaftaran Ibadah Haji    28. Kuota Haji 2018 Sama dengan 2017    29. Diseminasi Advokasi Haji Dimulai di Bogor, Daerah Lain Menyusul    30. Rangkul Muspida, Advokasi Haji akan Lakukan Diseminasi