Rabu, 25 April 2018 11:45 WIB
citraland

Nasional

Facebook Indonesia Tegaskan Tak Ada Kebocoran Data

Redaktur: Syaripudin

RDP: Perwakilan Facebook Ruben Hattari saat bertemu dengan anggota Komisi I DPR, Selasa (17/4). Foto///Charlie lopulua/indopos

INDOPOS.CO.ID- Pihak Facebook membantah adanya kebocoran data 1 juta data penggunanya di Indonesia. Hal tersebut diutarakan oleh Kepala Kebijakan Publik Facebook Indonesia, Ruben Hattari saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi I DPR RI, Siang ini (17/4).

”Penting untuk saya sampaikan bahwa tidak pernah terjadi kebocoran data dari sistem Facebook. Kejadian ini bukanlah kejadian dimana pihak ketiga menembus sistim Facebook atau berhasil lolos dari perangkat keamanan data yang kami miliki," kata Ruben dalam pemaparannya.

Meski begitu, Ruben yang mewakili pihak Facebook menyampaikan permohonan maaf atas masalah tersebut. Dikatakan Hattari, kejadian ini adalah bentuk pelanggaran kepercayaan dan kegagalan pihaknya untuk melindungi data pengguna Facebook. "Kami mohon maaf atas kejadian tersebut," ucapnya.

Menurut Ruben juga, pihaknya saat ini tengah melakukan peninjauan kembali atas atas platform-nya untuk memastikan data pengguna Facebook terlindungi serta memastikan pelayanan Facebook berjalan sesuai dengan hukum yang berlaku.

”Kami akan terus menyampaikan perkembangan terkini terkait peninjaun menyeluruh tersebut, berikut hasil temuannya,” katanya juga.

Sementara akses Aplikasi "Thisisyourdigitallife" ke Facebook login, lanjut, Ruben sudah dihentikan sejak 17 Desember 2015. "Sehingga, para pengguna Indonesia kini sudah tidak dapat mengakses aplikasi tersebut," tambahnya.

Sebaggaimana diketahui, Komisi I DPR melakukan RDP dengan pihak Facebook untuk menggali keterangan terkait adanya kebocoran data 1 juta pengguna di Tanah Air. Dan pertemuan ini adalah pertemuan tertunda setelah seminggu sebelumnya pihak Facebook menghadiri pemanggilan oleh kongres Amerika terkait kasus yang sama. (dil)


TOPIK BERITA TERKAIT: #facebook #kebocoran-data-facebook 

Berita Terkait

IKLAN


1. Ditjen PHU akan Kerjasama dengan Ditjen Bimas Islam Adakan Penyuluh Haji    2. Di Anggap Prospektif, Dirjen Nizar Minta Prodi Manajemen Haji dan Umrah Masuk Fakultas Ekonomi Syariah    3. 2019, Di Targetkan Seluruh Pembimbing Manasik Haji Bersertifikat    4. Hasilkan Pembimbing Haji Profesional, Ditjen PHU MoU dengan IAIN Purwokerto    5. Beri Kuliah Umum, Dirjen Nizar Minta Pembimbing Haji Bersertifikasi dan Profesional    6. 1.096 Jemaah Haji Khusus Masuk Pelunasan Tahap II    7. Layanan Armina Bakal Meningkat    8. Dirjen Nizar: Relokasi Anggaran ke APBN Demi Azaz Keadilan    9. Petugas Haji Bertambah, Pelayanan Optimis Meningkat    10. 2019, Pembimbing Haji Bersertifikasi dan Profesional    11. Temui Direktur Proyek E Hajj Arab Saudi, Tim Pelayanan Haji Bahas Kesiapan Layanan Haji    12. Permudah Pendataan, Ditjen PHU Siapkan Gelang QR untuk Jemaah Haji    13. FK-KBIH Teken Pakta Integritas Manasik Haji    14. Saat Ini di Ditjen PHU Sudah Ada Advokasi Haji    15. Tim harus Jaga Integritas, Komitmen dan Soliditas Tugas    16. Kemenag Merilis Daftar Nama Jemaah Haji Berhak Lunas    17. Seleksi Petugas Haji 1439 H/2018 M Dibuka 20 Maret    18. Biaya Haji 2018 Disepakati    19. Pembinaan Haji Inheren Kesehatan    20. Haji Rescue Team terus Berikan Pelayanan Maksimal    21. Asrama Haji Bermetamorfosis Menjadi Hotel Berbintang    22. Sertifikasi Haji, Kemenag Gandeng UIN Suska Riau    23. Rekrutmen Petugas Haji secara Online    24. Kemenag Targetkan Indeks Kepuasan Haji Naik    25. Cek Perkiraan Berangkat Haji Khusus via Online    26. Pedoman Pembatalan Pendaftaran Haji Reguler 2018 Kembali Dibuka    27. Ini Tata Cara Pembatalan Pendaftaran Ibadah Haji    28. Kuota Haji 2018 Sama dengan 2017    29. Diseminasi Advokasi Haji Dimulai di Bogor, Daerah Lain Menyusul    30. Rangkul Muspida, Advokasi Haji akan Lakukan Diseminasi