Senin, 28 Mei 2018 06:26 WIB
citraland

Kesehatan

Ini Kegiatan Lovepink untuk Cegah Kanker Payudara

Redaktur: Nurhayat

INDOPOS.CO.ID - Komitmen sadar kanker payudara terus dijalankan Lovepink dengan berbagai cara setiap tahunnya. Kali ini, yang akan digelar Indonesia Goes Pink (IGP) 2018 yang rencananya akan berlangsung di Mall Alam Sutera, Tangerang Selatan, Banten, pada 14 Oktober mendatang.

Madelina Mutia, salah seorang pendiri Lovepink mengatakan, di sini pihaknya berupaya membangun kesadaran publik untuk melakukan deteksi dini melalui Pemeriksaan Payudara Sendiri (Sadari) dan Pemeriksaan Payudara Klinis (Sadanis).

"Kanker payudara itu tidak hanya menyerang perempuan. Tapi juga laki-laki. Maka dari itu tahun ini IGP menargetkan partisipasi laki-laki dan pemuda untuk memberikan dukungan dan partisipasinya," ujarnya kepada INDOPOS, Jumat (27/4).

Pastinya, kanker payudara tidak bisa dicegah, namun hanya bisa dideteksi dini dengan Sadari dan Sadanis untuk meningkatkan peluang pemulihan dari penyakit tersebut.

Bahkan, jika sebelumnya kanker payudara merupakan penyebab kematian nomor satu pada perempuan berusia 40-55 tahun, kini mengalami pergerakan ke arah pasien muda yang berusia 30-an tahun. (berdasarkan potret penderita kanker payudara di Jakarta yang diperoleh dari hasil survei Lovepink tahun 2017).

Selain itu, Ia menyebutkan bahwa saat ini Indonesia disinyalir dalam keadaan darurat kanker. Itu dikatakannya berdasarkan data yang dimiliki Lovepink.

"Usia anggota kami semakin muda dalam beberapa tahun terakhir. Tentu ini menandakan bahwa kanker payudara bukan lagi penyakit untuk perempuan usia matang," ujarnya kepada INDOPOS, Jumat (27/4).

Ia menjelaskan, dengan pergerakan pasien kanker payudara ke usia yang lebih muda, pihaknya membutuhkan dukungan para pria dan anak muda untuk terus menyebarluaskan pesan Sadari dan Sadanis kepada kaum perempuan. Karena dukungan dari suami, kerabat, teman dan anak sangat penting untuk mengubah sikap perempuan Indonesia yang selama ini masih takut atau enggan melakukan cek rutin.

Sementara, Ketua IGP Pink Run, Fertina Tarasari menambahkan, tahun ini, pihaknya akan menggelar Pink Run dan Fun Walk serta aktivitas baru Pink Run for Kids untuk menyampaikan pesan hidup sehat dan terus berjuang sampai garis finish tanpa pandang usia. Untuk diketahui, pendaftaran dibuka sampai dengan 31 Mei mendatang. (iwk)


TOPIK BERITA TERKAIT: #lovepink 

Berita Terkait

IKLAN