Jumat, 25 Mei 2018 02:11 WIB
citraland

Jakarta Raya

Buruh Galian 9 Jam Tertimbun di Gorong-gorong

Redaktur:

Proses evakuasi buruh galian

INDOPOS.CO.ID – Seorang buruh galian tanah bernama Tarno, 42, tertimbun di dalam gorong-gorong di Jalan Jembatan Tiga Raya Penjaringan Penjaringan Jakarta Utara.

Korban dari PT Bone Mitra Abadi saat kejadian sedang mengerjakan saluran pipa air milik PT PAM Lyonnaise Jaya (PALYJA).

Kasudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (PKP) Jakarta Utara Satriadi Gunawan menjelaskan korban sudah berada di lokasi sejak Selasa pagi (1/5) sekitar pukul 08.00.

Namun sore harinya, sekitar pukul 15.00, ketika Tarno sedang menggali untuk saluran pipa air di dalam gorong-gorong di kedalaman 3 meter, korban tertimbun tanah di dinding gorong-gorong.

”Jadi ketika itu tiba-tiba terjadi dinding galian longsor. Korban di dalam terjebak di dalam lubang galian saluran air Palyja,” ujar Satriadi.

Menurut dia begitu terjadi longsor, rekan-rekan korban di dalam gorong-gorong, Iyan, Sarju, dan Jai berusaha menolong korban. Namun karena cemas terjadi longsor susulan, mereka batal menolong korban.

Dalam upaya menyelamatkan korban, pihaknya terpaksa membuat lubang baru, dengan membor jalan raya di dekat lokasi untuk memudahkan proses evakuasi.

”Pengeboran dilakukan karena lubang sudah tertutup lumpur, sehingga sangat beresiko dan berbahaya apabila kami masuk lewat jalur tersebut,” terang Satriadi.

Sudin PKP Jakarta Utara sampai Rabu,(2/5) pukul 24:00 terus melakukan evakuasi. Korban sudah 9 jam lebih tertimbun longsor di dalam gorong-gorong. ”Masih terus kami evakuasi,” tandas Satriadi.  

Sementara itu, Kanit Reskrim Polsek Penjaringan Kompol Mustakim mengatakan pihaknya tutur membantu upaya penyelamatan terhadap korban. 

Polisi belum bisa memastikan korban masih bertahan hatau tidak. ”Kami belum mengetahui kondisi korban karena masih dalam upaya evakuasi.”

Polisi sendiri hingga saat ini sudah memeriksa tiga saksi, tiga pekerja rekan korban  masing-masing Iyan, Sarju dan Jai. Mereka dalam gorong-gorong bersama korban. Polisi juga memeriksa seorang mandor pekerjaan terebut.

(ind)


TOPIK BERITA TERKAIT: #jakarta-raya #peristiwa 

Berita Terkait

Wanita 70 Tahun Hamil 6 Bulan

Wanita

Pengemis Meninggal Sebagai Jutawan

Internasional

Perempuan Cantik Terjun dari Apartemen

Jakarta Raya

Tak Dibelikan HP, Agung Bakar Rumah Sendiri

Nusantara

Tangis Iringi Pemakaman Bocah Lucu Itu

Megapolitan

IKLAN