Senin, 28 Mei 2018 06:02 WIB
citraland

Internasional

Presiden Palestina Minta Maaf kepada Umat Yahudi

Redaktur:

Mahmoud Abbas. JPC

INDOPOS.CO.ID - PRESIDEN Palestina Mahmoud Abbas menyatakan, orang Yahudi tidak dibantai di Eropa karena agama mereka. Namun mereka dibantai karena peran sosial mereka terkait dengan riba dan bank. Rupanya pernyataan Abbas tersebut sangat menyinggung umat Yahudi dunia.

Akhirnya Abbas menyampaikan penyesalannya kepada orang-orang yang merasa tersinggung atas pernyataannya. “Jika orang tersinggung dengan pernyataan saya di depan PNC, terutama orang-orang yang beragama Yahudi, saya minta maaf kepada mereka."

Abbas meyakinkan semua orang kalau ia tidak berniat melakukannya dengan sengaja. Ia juga menegaskan kembali rasa hormat sepenuhnya terhadap iman Yahudi serta agama lainnya.

Namun pernyataan Abbas tersebut tak termasuk pencabutan pernyataannya tentang perspektifnya mengenai sejarah Yahudi Eropa. Dewan Keamanan PBB memutuskan tidak mengeluarkan pernyataan yang mengecam pernyataan Abbas.

Amerika Serikat (AS) mengkritik keras Abbas karena pernyataannya yang menyinggung umat Yahudi. Bahkan Pemerintahan Trump menyebut pernyataan Abbas sebagai penghinaan dan bersifat antisemit yang kejam. Selain itu juga merupakan bentuk teori konspirasi yang tak berdasar seperti dilansir The Jerusalem Post, Jumat, (4/5).

Kuwait membela Abbas di depan Dewan Keamanan PBB sehingga PBB tak membuat kecaman bagi Abbas. Menurut Kuwait yang merupakan anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB, pernyataan Abbas tak perlu dikecam PBB karena Abbas sudah meminta maaf.

Untuk bisa mengecam Abbas diperlukan dukungan dari 15 anggota Dewan Keamanan PBB. Duta Besar AS untuk PBB, Nikki Haley marah atas ketidakmampuan Dewan Keamanan PBB untuk bertindak mengecam Abbas. Haley menyebut keheningan Dewan Keamanan PBB sangat merusak kredibilitasnya. Itu tak bagus.(ina/ce1/iml/trz/JPC)


TOPIK BERITA TERKAIT: #palestina 

Berita Terkait

Ramadan di Gaza Gelap Gulita

Internasional

Anies Dorong Kemerdekaan Palestina

Internasional

Wafaa Indonesia Berpartisipasi untuk Palestina

Jakarta Raya

IKLAN