Senin, 21 Mei 2018 03:58 WIB
citraland

Hukum

Andi Agustinus dan KPK Sama-sama Ajukan Kasasi

Redaktur: Redjo Prahananda

Foto : Istimewa

INDOPOS.CO.ID - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hingga saat ini masih terus mendalami kasus tindak pidana korupsi KTP elektronik. Bahkan salah satu terdakwa Andi Agustinus(AA) telah mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung. 

KPK dan Andi Agustinus sama-sama mengajukan kasasi. Juru Bicara KPK Febri Diansyah kepada media melalui pesan singkat, Selasa (8/5) menjelaskan, “KPK sejak 17 April 2018 lalu telah mendaftarkan Kasasi terhadap putusan pengadilan tinggi DKI," ungkap Febri
Menurutnya, Kasasi penting diajukan karena KPK berharap posisi Andi Agustinus sebagai Justice Collaborator (JC) lebih dipertimbangkan secara adil. “Poin kasasi antara lain penerapan hukum tentang vonis andi 11 tahun lebih tinggi dari tututan KPK 8 tahun. Padahal  bersangkutan adalah JC,"jelas dia.

Dari pengalaman KPK sebelumnya jelas Febri, selama menangani e-KTP hingga dapat membuktikan perbuatan dan aliran dana terhadap Setya Novanto, keterangan yang disampaikan Andi cukup signifikan membantu pengungkapan kasus ini.

" Sehingga kami pandang, sepatutnya penegak hukum menghargai posisi sebagai JC tersebut. Apalagi dalam kasus-kasus korupsi kompleks dan bersifat transnasional, peran JC mengungkap skandal-skandal besar  melibatkan aktor kelas atas sangatlah penting. Konsepsi tersebut tidak hanya diakui di hukum nasional di Indonesia tetapi sejumlah konvensi internasional juga menganut prinsip tersebut," dia mengakhiri.

Pertimbangan lain adalah terkait penggunaan Pasal 2 UU tipikor oleh hakim. KPK memandang yang tepat adalah Pasal 3, mengingat terhadap Irman, sugiarto dan setnov yang sudah inkracht diputus terbukti bersalah secara bersama-sama berdasar pasal 3.  

Dengan demikian KPK berharap putusan MA nantinya benar-benar sesuai dengan rasa keadilan, baik terhadap masyarakat ataupun dalam posisi terdakwa sebagai JC. (nue)


TOPIK BERITA TERKAIT: #kpk #e-ktp #andi-agustinus 

Berita Terkait

KPK Jerat PT NKE

Headline

KPK Periksa Joko Widodo

Nasional

IKLAN