Senin, 21 Mei 2018 05:58 WIB
citraland

Politik

Datuk Najib Razak Tamat, Berkah buat Malaysia

Redaktur: Redjo Prahananda

INDOPOS.CO.ID - Tamatnya rezim Datuk Najib Razak sebagai Perdana Menteri Malaysia, usai Pilihan Raya Umum ke 14 dimana Perseteruan jadi persekutuan Tun Mahathir Mohamad dan Datuk Anwar Ibrahim membuat Pakatan Harapan berjaya, dinilai sebagai berkah.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Zaki Mubarak salaku Mahasiswa Doktoral Universiti Sains Malaysia, pada diskusi dalam Perspektif Indonesia di Gado-Gado Boplo, Jalan Gereja Theresia No 41 Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (12/5).

Kondisi ini menjadi pembelajaran bagus dan menunjukan perubahan kawasan Asia Tenggara semakin sewasa dalam berdemokrasi. Peristiwa di Malaysia bisa dianggap sebagai berkah, bila membandingkan dengan perubahan politik di negara-negara di Asia tenggara.

Misal situasi kacau balau seperti di Thailand, Indonesia ,Myanmar dan juga beberapa negara lain.“Kehadiran Mahathir bisa memberikan proses lebih baik, sehingga semu bia berharap dengan masa dua tahun Mahathir, bisa melakukan perubahan-perubahan substansial menuju demokrasi sejati," papar Zaki mengakhiri.

Sebab menurut dia, stabilitas dan kematangan demokrasi di Malaysia berdampak pada kawasan di ASEAN" Jadi seperti Kamboja juga sedang khawatir, apakah akan mengalami efek demokratisasi seperti di Malaysia. Bahkan oposisi di Indonesia pun tampak berharap akan menerima berkah sama,"imbuh dia. (nue)


TOPIK BERITA TERKAIT: #datuk-najib-razak #partai-di-malaysia #mahathir-mohama 

Berita Terkait

IKLAN