Minggu, 20 Mei 2018 05:10 WIB
citraland

Politik

Kader Idaman Bisa Daftar Caleg Melalui PAN

Redaktur: Redjo Prahananda

Sekretaris Jenderal PAN, Eddy Soeparno

INDOPOS.CO.ID - Partai Idaman telah resmi menjadi bagian dari Partai Amanat Nasional (PAN). Dengan ini pula, alasan Idaman yang tidak bisa mengikuti ajang Pemilu 2019 bisa tertutupi, dengan cara para kadernya mendaftar sebagai calon legislatif melalui PAN.

Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno menjelaskan, para kader Idaman yang ingin nyaleg harus mempunyai Kartu Tanda Anggota (KTA) PAN sebagai salah satu syarat pencalonan.

"Pada saat kader Idaman sudah mendaftar sebagai caleg PAN syarat utama adalah punya KTA PAN. Akan tetapi orang itu tidak boleh punya dua KTA (KTA PAN dan KTA Idaman). Jadi secara administratif KTA yangg dipegang adalah KTA PAN," urai Eddy di Kuningan Jakarta Selatan, Sabtu (12/5).

Dia menegaskan, hal ini bukan berarti terjadi eksodus. Pasalnya, PAN dan Idaman telah bergabung. "Jadi saya pikir itu merupakan konsekuensi logis dan hukum karena untuk mencaleg harus punya KTA PAN," cetusnya.

Terkait dengan para kader PAN sendiri, menurut Eddy mereka tidak mempermasalahkan atau pun merasa tersaingi bergabungnya Idaman.

Sebab, PAN sistemnya sangat terbuka. Bahkan, kata Eddy banyak caleg daerah yang jago tempur dan justru hal itu meningkatkan suara yang akan memperbesar probabilitas untuk mendapatkan kursi.

Hal ini juga menepis anggapan bahwa PAN sendiri kekurangan kader yang produktif. "Nggak (kurang kader) justru ini kita memperoleh kader-kader kuat di daerah tertentu yang merupakan basis kekuatan Partai Idaman," katanya.

Dilain pihak, Idaman pun merasa tidak mengkhawatirkan akan terjadi gesekan antar-kader PAN dan Idaman. Ketua Umum Partai Idaman, H. Rhoma Irama yakin karena kesamaan visi misi mereka dengan PAN anggapan-anggapan itu tidak akan terjadi.

"Jadi kader Idaman yang (akan) jadi legislator di dprd dan dpr, walau berbeda harus jadi kader PAN tetapi visi dan misinya sama," ungkap pelantun tembang judi itu.

Bang Haji menambahakan, dengan membesarkan PAN, itu sama saja artinya dengan visi Idaman yang berkomitmen untuk menegakkan Pancasila dan UUD 1945. "Ini artinya, kami titipkan kader (Idaman) di PAN karena visi misi dan platform sama," pungkasnya. (jaa)


TOPIK BERITA TERKAIT: #pan #kader-idaman-bisa-daftar-caleg 

Berita Terkait

IKLAN