Senin, 28 Mei 2018 06:13 WIB
citraland

Internasional

Ivanka Trump akan Resmikan Pemindahan Kedubes AS ke Jerusalem

Redaktur: Ali Rahman

Bendera Negara Israel Berkibar di dekat Masjidil Aqsa, Jerusalem Palestina. Foto : Reuters

INDOPOS.CO.ID - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump akan tetap meresmikan pemindahan kedutaan besar AS dari Tel Aviv, Israel ke Jerusalem, Palestina, Senin (14/5).

Akan tetapi Trump sendiri tidak akan meresmikannya secara langsung, kabarnya ia akan meresmikan melalui video teleconference.

Trump diwakilkan oleh putrinya Ivanka Trump yang saat ini telah berada di Israel bersama penasihat Trump, Jared Kushner. Selain itu, Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin dan Deputi Menteri Luar Negeri AS John Sullivan akan berada di sana secara pribadi.

Dilansir dari kantoe berita theguardian.com , Ivanka mengaku penuh suka cita kembali ke Jerusalem, usai Trump mengklaim kota suci tiga agama itu sebagai ibu kota Israel.

"Kami berharap dapat merayakan ulang tahun ke 70 Israel dan masa depan yang cerah," tulis Ivanka di akun Instagramnya sebagaimana di kutip dari theguardian.com.

Peresmian yang berlangsung pada hari Senin (14/5) waktu setempat itu bertepatan dengan tujuh dekade sejak Israel menyatakan kemerdekaan. "Kami akan berdoa untuk potensi tak terbatas masa depan aliansi AS-Israel, dan kami akan berdoa untuk perdamaian," ujar Ivanka.

Diketahui, pada 6 Desember 2017 lalu Trump telah membuat keputusan kontroversi dengan menyatakan pemindahan Kedutaan AS dari Tel Aviv ke Jerusalem, sebagai pengakuan bahwa Jerusalem sebagai ibukota Israel.

Keputusan Trump itu ditolak dunia internasional, sebanyak 128 negara menentangnya dalam voting di sidang darurat PBB pada 21 Desember 2017.

Hanya Rumania, Paraguay, dan Guatemala yang mengikuti langkah Trump. Sementara 35 negara lain abstain. (jaa)

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #pemindahan-kedubes-as-ke-jerusalem #pemindahan-kedubes-as 

Berita Terkait

IKLAN