Senin, 28 Mei 2018 06:18 WIB
citraland

Internasional

China Kirim Pesawat Amfibi Terbesar

Redaktur:

CANGGIH - Tiongkok mengembangkan kapal amfibinya sebagai bagian dari dorongan untuk memodernisasi militernya. AFP PHOTO / - / CHINA OUT

INDOPOS.CO.ID - China akan mengirimkan pesawat amfibi terbesar di dunia AG600 yang dikembangkan di dalam negeri kepada pelanggannya pada 2022 mendatang.

"Kami berusaha keras untuk mendapatkan sertifikasi kelaikan udara dari otoritas penerbangan sipil pada 2021, dan mengirimkannya ke pelanggan pada 2022," begitu kata kepala perancang pesawat di Perusahaan Industri Penerbangan milik negara China (AVIC), Huang Lingcai seperti dimuat Xinhua.

China mengembangkan AG600 sebagai bagian dari dorongan untuk memodernisasi militernya, di tengah pendekatan yang lebih berotot terhadap sengketa teritorial di tempat-tempat seperti Laut China Selatan yang telah mengguncang saraf di kawasan Asia-Pasifik dan Amerika Serikat.

Pesawat tersebut membuat penerbangan perdananya di China pada bulan Desember lalu. Huang juga mengatakan bahwa pesawat akan melakukan lebih banyak penerbangan tahun ini, termasuk lepas landas pertama dari air.

AVIC telah menghabiskan sekitar delapan tahun mengembangkan pesawat, yang kira-kira sebesar Boeing Co 737 dan dirancang untuk melakukan penyelamatan laut dan pertempuran kebakaran hutan. Ini memiliki jangkauan hingga 4.500 km dan dirancang untuk dapat lepas landas dan mendarat di dua meter gelombang.

Didukung oleh empat mesin turboprop, AG600 dapat membawa 50 orang selama misi pencarian dan penyelamatan maritim, dan dapat mengambil 12 metrik ton air dalam 20 detik untuk perjalanan pemadaman kebakaran. (mel)


TOPIK BERITA TERKAIT: #china 

Berita Terkait

IKLAN