Selasa, 22 Mei 2018 11:04 WIB
citraland

Jakarta Raya

Pabrik Arak Ciu Berkedok Pengobatan Alternatif Sin She di Cengkareng Digerebek

Redaktur: Ali Rahman

Pabrik ciu yang digerebek di Cengkareng, Jakarta Barat

INDOPOS.CO.ID - Polisi menggerebekl sebuah pabrik minuman arak ciu berkedok toko obat dan pengobatan Sin She di kawasan Kampung Utan RT 13 / RW 12 Cengkareng Timur Jakarta Barat. Dari dalam pabrik polisi menangkap pemiliknya yang berinisial BJF alias Bong Jiung, 51. Dari dalam pabrik polisi  menyita 17 drum ciu siap edar.

Kapolsek Cengkareng Kompol H.Khoiri menjelaskan,  lokasi pabrik berada di belakang toko obat Sin She tersebut. Sehingga siapa saja yang berkunjung ke toko obat tak akan menduga ada pabrik arak ciu dibelakangnya.

Kepada polisi yang menangkapnya BJF bersikeras kalau dirinya hanya sendiri dalam memproduksi arak ciu tersebut. Ia beralasan tidak memperkejakan karyawan karena mudah bocor dan terungkap ke polisi. ”Katanya kalau pakai karyawan cepat terbongkar,” ujar Khoiri di Mapolsek Cengkareng, Kamis (17/5).

Namun diakui pelaku, ia menyuruh beberapa orang yang dikenalnya untuk membantu mengangkat drum-drum berisi arak ciu dari lokasi pabrik ke depan rumah. ”Pengakuannya sudah dua tahun terakhir ini memproduksi arak ciu sekaligus membuka toko obat sin she. Sebelumnya rumahnya itu cukup lama kosong,” terang Khoiri.

Pelaku sendiri mengaku setidaknya dalam sehari bisa memproduksi 60 botol arak ciu ukuran 600 ML dengan harha Rp 17 ribu per botol. Kepada penyidik, BJF juga mengaku ada sekitar 40 persen alkohol di dalam arak ciu produksinya. BJF menerangkan, bahan baku arak ciu hasil produksinya terdiri dari beras, ragi ketan, gula, yang direndam di dalam air lalu difermentasi selama beberapa pekan.

Dalam penggerebekan yang digelar Rabu malam (16/5) itu, selain mengamankan 17 drum arak ciu, polisi juga menyita 1 unit alkohol meter atau hydrometer, 1 bal botol air mineral kosong, 1 bal tutup botol air mineral, 1 plastik ragi, 1 kardus ragi, 1 tong sekitar 20 liter beras merah, dan 20 Kg gula pasir. Turut disita 1 unit alat penyuling, 1 satu kompor, 3 tabung gas ukuran 15 Kg, 1 drum kosong, selang air, serta 1 tungku api.

Pelaku dan seluruh barang bukti selanjutnya diangkut ke Mapolsek Cengkareng. BJF alias Bong Jiung yang kini sudah mendekam di sel tahanan Polsek Cengkareng dijerat penyidik dengan Pasal 140 juncto Pasal 86 ayat (2), Pasal 142 juncto Pasal 91 ayat (1) dan Pasal 198 juncto Pasal 108 UU RI No. 18 tahun 2012 tentang Pangan dengan ancaman hukuman 2 tahun penjara dan denda Rp 4 miliar. (ind)

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #pabrik-arak-ciu-digerebek 

Berita Terkait

IKLAN