Minggu, 20 Mei 2018 05:04 WIB
citraland

Nusantara

Mesin ATM Dibobol, Box Isi Uang Rp 40 Juta Digondol

Redaktur:

HILANG-Sebuah mesin ATM di Jalan Sapugarut, Buaran, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah dibobol pencuri, Kamis (17/5) dini hari. Foto : Wahyu Hidayat/Radar Pekalongan/JPG

INDOPOS.CO.ID - Sebuah mesin ATM BNI di Jalan Raya Sapugarut, tepatnya di seberang Puskesmas Pembantu Sapugarut, atau tak jauh dari pabrik PT Pismatex, Kecamatan Buaran, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah (Jateng) pada Kamis (17/5) dini hari dibobol pencuri. Pelaku membawa kabur box mesin ATM, termasuk di dalamnya berisi brankas penyimpanan uang di mesin ATM. Saat pembobolan terjadi, uang yang ada di dalam box mesin ATM tersebut berjumlah kurang lebih Rp 40 juta.

Polisi dari Polsek Buaran maupun Inafis Reskrim Polres Pekalongan Kota yang menerima laporan kejadian itu, segera melakukan olah TKP pada Kamis pagi. Dari TKP, polisi mendapatkan sejumlah barang bukti ditinggalkan pelaku, berupa sebuah linggis, gunting pemotong besi.

Polisi juga mengamankan rekaman CCTV atau kamera pengintai di TKP untuk proses penyelidikan. Kapolres Pekalongan Kota AKBP Ferry Sandy Sitepu, melalui Kapolsek Buaran AKP Haryanto menjelaskan, pihaknya mendapat laporan dari BNI tentang kasus pencurian mesin ATM itu pada Kamis sekira pukul 03.00 dini hari. "Kami mendapat laporan tentang adanya pencurian mesin ATM. Pelaku diduga melakukan pencurian pada pukul 01.30 WIB," katanya, Kamis siang.

Laporan itu ditindaklanjuti dengan mendatangi TKP. Kemudian bersama Inafis Reskrim Polres Pekalongan Kota melakukan olah TKP pada pagi harinya. Dari olah TKP maupun rekaman CCTV, diketahui bahwa pelaku membongkar paksa mesin ATM tersebut menggunakan sejumlah peralatan, seperti linggis, gunting besi, dan gergaji. Pelaku juga merusak lampu yang terpasang di lokasi.

Kuat dugaan, pelaku berjumlah lebih dari dua orang. "Box mesin ATM dibawa kabur pelaku. Berat box tersebut lebih dari 3 kwintal. Berdasar laporan, uang yang terdapat di mesin ATM tersebut kurang lebih Rp40 juta, semuanya pecahan Rp50 ribuan," paparnya.

Sementara pada Kamis (17/5) siang, polisi mendapat laporan penemuan box mesin ATM yang sudah rusak dibongkar, di sebuah kebun di Desa Limbangan, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Pekalongan, atau berjarak kurang lebih 20 km dari lokasi awal. Terlihat bahwa besi pada box mesin ATM tersebut telah digergaji. Kunci gemboknya juga sudah dirusak.

Polisi selanjutnya mengamankan box ATM tersebut ke Mapolsek Buaran guna penyelidikan lebih lanjut. "Kami masih menyelidiki kasus ini. Sejumlah saksi kita mintai keterangan. Semoga pelaku segera tertangkap," imbuh AKP Haryanto. (way/jpg)


TOPIK BERITA TERKAIT: #mesin-atm-dibobol 

Berita Terkait

IKLAN