Nasional

Tahun 2016, Logo Wonderful Indonesia Mengalami Reposisi

Editor:

Indopos.co.id-Untuk menjaga semangat mempromosikan Indonesia di mata dunia dan nasional terus ditegakkan Kementerian Pariwisata Indonesia. Salah satu buktinya, kementerian yang dipimpin oleh Arief Yahya itu terus menjaga brand wisata Indonesia dengan berbagai cara. Salah satunya menjaga bentuk Logo. Ya, logo "Wonderful dan Pesona Indonesia" mengalami reposisi di tahun 2016 namun tetap mengedepankan sayap burung Garuda sebagai ikonnya. Logo ini akan meneruskan semangat pariwisata Indonesia lewat Kementerian untuk mempromosikan destinasi di Indonesia. ”Kita tetap memberikan peluang berpromosi dengan logo tersebut, karena terlihat lebih luas. Reposisi ini juga berdasarkan konsep BAS (Branding, Advertising dan Selling). Logo ini harus terus dikenal bahkan mendunia,”ujar Arief Yahya kepada wartawan, beberapa waktu lalu. Keindahan dari logo Wonderful dan Pesona Indonesia telah dibangun selama beberapa tahun dan sekarang diperbaiki untuk meningkatkan efektivitas dari penggunaan logo tersebut.Pada reposisi terbarunya, kata "Wonderful/Pesona" diperbesar untuk memastikan tagline tetap terlihat jelas apabila logo tersebut dimuat dalam ukuran kecil pada pengaplikasiannya. Ukuran ikon burung Garuda juga diperbesar mengikuti komposisi kata "Wonderful Indonesia" atau "Pesona Indonesia". Perubahan ukuran kata "Wonderful/Pesona" secara otomatis menggeser ikon burung Garuda ke sebelahan kanan sehingga kini ikon tersebut berada di luar kata "Wonderful Indonesia". Kemudian sebagai harmonisasi, sayap burung Garuda berwarna hijau dan biru dibuat terkoneksi dengan huruf 'a' dari kata "Indonesia". Selain itu, ada perbaikan minor pada pembentukan ekor ikon burung Garuda agar keseluruhan logo termuat sempurna. Lengkungan ekor garuda dapat diatur sesuai dengan efektivitas ruang. Perbaikan ini bersifat opsional mengikuti ketersediaan ruang pengaplikasian logo. ” Tadinya kita ingin merubah menjadi Wow Indonesia, itu sangat mudah diingat, dan sangat bagus. Namun dua negara sudah menggunakan kata Wow itu. Maka dari itu, kita terus berjuang dengan logo yang lama namun mengalami reposisi,”ujar mantan Direktur Telkom itu. Panduan penggunaan logo juga diberlakukan pada pemasangan avatar sosial media yang biasanya menerapkan ruang lebih kecil. Apabila sebelumnya ikon burung garuda harus ditampilkan utuh, kini pemotongan diperbolehkan dengan tujuan memperjelas inti dari ikon dengan syarat lima paduan warna burung garuda tetap terlihat. Sementara itu, dalam pengaplikasian di ruang horizontal yang ekstrem, kata "Wonderful/Pesona" dan "Indonesia" disejajarkan secara horizontal diikuti ikon burung Garuda di belakangnya. Dalam pengaturan tipografi, jenis font "Signika" tetap dipakai dengan ketentuan "Signika Semibold" untuk kata "Indonesia", dan "Signika Light" untuk kata "Wonderful". Selain perubahan di atas, keluwesan gambar ikon burung garuda yang tanpa sudut tetap dijaga. Lima warna indah dengan masing-masing makna pada ikon tersebut juga dipertahankan. Warna biru melambangkan kesemestaan, hijau sebagai kreatifitas dan ramah pada alam, jingga lambang inovasi dan semangat pembaruan, ungu simbol daya imajinasi dan keimanan, serta magenta merupakan simbol keseimbangan akal sehat dan sifat praktis. Rentangan sayap Garuda pada logo ini memiliki makna hasrat kuat untuk terbang jauh sekaligus perlambang kedamaian.(lis) 

Berita Lainnya

Banner

Facebook




Twitter