Jumat, 21 September 2018 05:14 WIB
pmk

Fokus

Melalui Program Master Your Card, MasterCard Dorong Pertumbuhan UMKM Indonesia

Redaktur:

indopos.co.id - Berdasarkan data dari Kementerian Industri, dalam kurun waktu lima tahun terakhir, kontribusi sektor UMKM terhadap PDB meningkat dari 57,84 persen menjadi 60,34 persen. Pada periode yang sama, bisnis UMKM juga telah menyerap lebih banyak tenaga kerja di Indonesia hingga 97,22 persen.
Kontribusi sektor UMKM terhadap pertumbuhan ekonomi nasional sangat signifikan dan seiring dengan pertumbuhan tersebut, MasterCard bekerja sama dengan Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (APKOMINDO) dan asosiasi terkait lainnya akan menyelenggarakan sebuah workshop dengan tajuk ‘Master Your Card’ sebagai bentuk dukungan terhadap pertumbuhan sektor UMKM di Indonesia.
‘Master Your Card’ merupakan sebuah program pemberdayaan komunitas dari MasterCard yang fokus pada edukasi dan peningkatan kesadaran masyarakat terhadap keuntungan pembayaran elektronik. Program ini juga merupakan wujud komitmen perusahaan untuk turut membantu para pelaku bisnis UMKM di Indonesia untuk terus tumbuh dan berkembang serta meningkatkan daya saing mereka baik di kancah nasional dan internasional.
Workshop ini akan memperkenalkan inovasi teknologi pembayaran serta menyediakan sebuah pemahaman yang lebih mendalam mengenai keuntungan dari pembayaran elektronik dalam bisnis. Dilaksanakan pada Rabu, 1 Juni 2016 di Jakarta, workshop perdana ini akan dihadiri oleh berbagai asosiasi dan pelaku bisnis UMKM di Indonesia.
Ravi Aurora, Senior Vice President & Group Head, Global Policy Affairs & Community Relations, MasterCard
"Indonesia merupakan negara yang penting bagi kami dan kami merasa bangga dapat turut berkontribusi serta berpartisipasi dalam mendorong pertumbuhan dan perkembangan UMKM di negeri ini. Program ini menjadi salah satu bentuk komitmen kami untuk memberikan edukasi secara berkelanjutan mengenai pembayaran elektronik, seperti memanfaatkan secara optimal keuntungan pembayaran elektronik dalam kegiatan bisnis yang dapat mempermudah untuk mencapai tujuan bisnis dan finansial mereka. Dengan perkembangan inovasi pembayaran elektronik yang semakin beragam, kami berharap program dan kerja sama yang dilakukan dalam workshop ini dapat menjadi sebuah kemitraan jangka panjang untuk secara bersama-sama membantu para pengusaha dan pelaku bisnis UMKM untuk semakin tumbuh. Hal ini juga menjadi sebuah dukungan nyata dari MasterCard kepada pemerintah dalam memaksimalkan transaksi non-tunai serta mempercepat terciptanya cashless society di Indonesia,” jelas Ravi Aurora, Senior Vice President & Group Head, Global Policy Affairs & Community Relations, MasterCard dalam keterangannya, Selasa (31/5).
Soegiharto Santoso, Ketua Umum APKOMINDO mengatakan, Workshop ini sangat bermanfaat untuk memberikan informasi baru bagi anggota APKOMINDO dan para mitra usahanya, misalnya dalam hal pencegahan penipuan dan pencegahan chargeback serta dalam hal perlindungan konsumen.
"Selain dari itu dengan memahami sistem pembayaran elektronik, maka anggota kami dapat menerapkan manajemen resiko yang lebih terukur dengan baik, sehingga anggota APKOMINDO akan dapat menumbuhkan usaha dengan daya saing yang lebih baik, terutama di tengah-tengah pesatnya pertumbuhan transaksi e-commerce akhir-akhir ini,” ujarnya.
"APKOMINDO akan memberikan dorongan demi semakin bertumbuhnya penggunaan pembayaran elektronik melalui pengguliran kerjasama dengan berbagai pihak terkait. Kami tentunya dengan bangga telah bekerjasama dengan MasterCard dan berharap akan dapat meneruskan kerjasama dalam bentuk-bentuk lain di masa dapan, sambil mensinergikan dan memberdayakan anggotanya yang berjumlah 2.000, yang terdistribusi di 25 DPD di seluruh Indonesia,” tambahnya.
‘Master Your Card’ pertama kali diluncurkan di Amerika Serikat dan sejak saat itu telah bekerja sama dengan berbagai komunitas, asosiasi dan kelompok usaha kecil untuk memberikan edukasi serta solusi pembayaran elektronik. Di kawasan Asia, workshop Master Your Card ini telah diselenggarakan di India, dan akan segera dilaksanakan di Vietnam pada tanggal 2 – 3 Juni 2016 mendatang. (rmn)


TOPIK BERITA TERKAIT: # 

Berita Terkait

IKLAN