Alexa Metrics

UC Browser: Mobile Browser Media Pemasaran Berguna untuk Pemasaran Dunia Hiburan

UC Browser: Mobile Browser Media Pemasaran Berguna untuk Pemasaran Dunia Hiburan

indopos.co.id – UC Browser, produk dari UCWeb dari Alibaba mobile business group dengan pengguna aktif bulanan mencapai 400 juta, menunjukkan bahwa mobile browser tidak lagi hanya menjadi alat peramban internet saja. UC Browser telah berkembang menjadi platform yang ideal untuk target marketing di negara berkembang yang di mana mobile browser menjadi jendela informasi dunia.

“Untuk target pemasaran, UC Browser telah menjajaki kerjasama pemasaran lintas-industri dengan berbagai mitra di industri hiburan di negara berkembang termasuk Tiongkok, India dan Indonesia,” kata Kenny Ye, GM of Global Markets, Alibaba Mobile Business Group dalam keterangannya, Rabu (8/6).

Interaksi merupakan kunci untuk mendapatkan perhatian

Membangun interaksi adalah inti dari pemasaran di dunia hiburan di era digital saat ini. Hal ini terutama berlaku untuk pemasaran film, di mana produser dan studio film aktif mencari metode inovatif untuk mempromosikan film mereka melalui saluran digital, yang lebih efektif dibandingkan pemasaran tradisional seperti TVC, billboard dan iklan cetak. Bila berkaca pada pasar perfilman di Indonesia, strategi pemasaran film di negeri ini masih didominasi cara-cara tradisional yang dirasakan cukup menguras dana.

Di beberapa kasus pemasaran film nasional, ongkos pemasaran tradisional untuk menyukseskan suatu film mencapai dua kali lipat dana produksi. Produser film dituntut untuk berpikir ekstra keras agar film nya sukses di pasaran dan dapat bertahan lama di bioskop, paling tidak mencapai satu minggu agar minimal break even point tercapai.

Melihat kondisi itulah maka UC Browser menawarkan cara-cara inovatif untuk membantu praktisi dunia kreatif dengan menggandeng mereka mengintegrasikan berbagai strategi inovatif berbasis digital. Integrasi berbasis digital yang ditawarkan UC Browser ini diharapkan menjadi solusi untuk memangkas biaya pemasaran film nasional yang mahal tersebut.

Hal yang sudah UC Browser lakukan misalnya adalah dalam kampanye pemasaran terbaru dengan perusahaan film Oriental DreamWorks dan Rovio Entertainment, UC Browser menemukan bahwa integrasi fitur dalam browser termasuk splash screen (wallpaper yang dilihat pengguna setiap kali mereka membuka app), game interaktif berbasis Html5 dan channel lainnya, seperti media sosial, cetak, media online (termasuk YouTube dan TV) dapat menarik perhatian pengguna secara optimal.

“Kami telah menerapkan metode pemasaran ini di Tiongkok dan di dua pasar utama kami di luar negeri, yaitu India dan Indonesia,” ujar Kenny.

“Melalui pengoperasian produk oleh pengguna kami yang berjumlah masif, kami mendapatkan data yang luas untuk mengidentifikasi siapa target pengguna kami. Melalui data tersebut, kami meluncurkan kampanye yang terintegrasi untuk setiap project, yang mana game interaktif berbasis Html5 memainkan peran penting untuk meningkatkan perhatian dan semakin mengaktifkan penggunaan mobile browser kami. Bagi kami, game merupakan pendekatan yang cerdas untuk meningkatkan tingkat aktifasi pengguna dan juga sejalan dengan brand personality kami. Kami menemukan fakta bahwa setengah dari partisipan berbagi game di browser ke media sosial yang mereka miliki ketika mereka menikmatinya. Ketika mereka berbagi game di media sosial, kami mendapatkan eksposur terutama kepada target pengguna potensial yang belum terjangkau. Hal ini mirip dengan video yang menarik dan bermanfaat, yang dapat menyebarluaskan suatu pesan secara serentak,” jelas Kenny.

Mobile Browser memegang peranan penting dalam pemasaran di industri hiburan.
Sebagai mobile browser terbesar nomor 2 di dunia, UC Browser membantu Po dari Kung Fu Panda untuk memperoleh popularitas diantara jutaan fans di Tiongkok dengan bekerjasama dengan Oriental DreamWorks pada Februari 2016.

Selain itu UC Browser juga bekerjasama dengan artis Bollywood Sonakshi Sinha untuk mempromosikan single terbarunya ‘Aaj Mood Ishqholic Hai’ bekerjasama dengan T-Series pada Desember 2015. Bulan lalu, UC Browser juga mengadakan kampanye pemasaran di Tiongkok dan Indonesia untuk The Angry Birds Movie dengan Rovio. Untuk kampanye di Indonesia, UC Browser bekerjasama dengan Cameo Project untuk membuat video musik Kesempurnaan Cinta (Plesetan Ancur). Video ini telah dibagikan dan mendapatkan ratusan komentar di Facebook.

Poster dari teaser single debut Sonakshi dan Kung Fu Panda 3

Salah satu produk UC Browser di Tiongkok, yaitu UC News mengajak pengguna untuk membaca berita di UC News untuk menjauhkan diri dari kemarahan yang disebabkan berita-berita buruk. Screenshot dari game interaktif, themed skin dan wallpaper yang diluncurkan di Indonesia

“Dengan 400 juta pengguna aktif bulanan secara global, kami memiliki banyak hal yang bisa dicoba selain memberikan pengalaman berselancar melalui perangkat mobile yang cepat dan menyenangkan,” tutur Kenny.

“Exclusive teaser, spoilers, behind the scene dan konten film ekstra di UC Browser? Apapun mungkin. Kami bahkan siap membantu apabila ada permintaan untuk, misalnya, membantu penjualan pre-sale atau early-bird tiket bioskop bekerjasama dengan perusahaan bioskop ternama di Indonesia. Kami belajar dari kasus sebelumnya bahwa kerjasama lintas-platform atau kegiatan co-marketing dengan para pemain di industri hiburan dapat menjadi kerjasama yang saling menguntungkan untuk mitra, pengguna dan kami sendiri. Kami bertekad untuk menjelajahi kesempatan lebih lanjut dengan film-film global dan program TV, juga mitra lokal di masa depan,” pungkas Kenny. (rmn)



Apa Pendapatmu?