Persiapan Konferensi Perkotaan Ekuador Dimulai

indopos.co.id – Kota-kota di Indonesia dituntut untuk memiliki daya saing tinggi melalui peningkatan efisiensi, produktivitas, dan nilai tambah secara bersamaan demi memenuhi pembangunan berkelanjutan. Salah satunya, melalui pembangunan infrastruktur yang terpadu dengan pengembangan wilayah, sehingga kota-kota tidak hanya menjalankan fungsi internal tetapi sekaligus memantapkan fungsi eksternalnya.

Untuk itu, Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Eastern Regional Organization for Planning and Human Settlements gelar PrepCom3 merupakan bagian dari rangkaian kegiatan menuju UN Conference On Housing And Sustainable Urban Development (Habitat III) di Quito, Ecuador, Oktober nanti.

Baca Juga :

“PrepCom3 bisa dijadikan momentum yang tepat bagi pemerintah dan pemangku kepentingan untuk berdiskusi dan mendorong lahirnya solusi penanganan masalah perkotaan,” kata Kepala BPIW yang juga Presiden EAROPH Hermanto Dardak. Penyelenggaraan Profesional Forum tersebut bertujuan menghimpun masukkan atau saran untuk menuju Prepatory Committee (PrepCom) 3 yang akan dilaksanakan di Surabaya.

Menurut Hermanto, urbanisasi yang terjadi disetiap kota yang tengah bertumbuh tidak perlu dijadikan sesuatu yang harus dihindari. “Urbanisasi itu sesuatu yang tidak harus dihindari, tapi perlu di manajemeni, agar dapat memacu pertumbuhan ekonomi sekaligus membangun perkotaan yang inklusif,” kata Dardak.

Baca Juga :

Lemonia Fun Walk Kenalkan Varian Baru

Ia juga mengatakan, negara dengan urbanisasi yang tinggi biasanya memiliki tingkat pertumbuhan ekonomi yang tinggi pula. Untuk itu, perlu adanya peningkatan efisiensi, nilai tambah, dan produktivitas secara bersamaan. Dardak menambahkan, demi memenuhi pembangunan yang berkelanjutan pemerintah telah membagi wilayah menjadi 35 wilayah pertumbuhan. “Intinya bagaimana kita memberikan peran kawasan pertumbuhan wilayah tadi dapat terinterkoneksi antar wilayah atau network cities yang bisa berkembang, peran ini yang kita tekankan,” ujarnya. (vit)

Komentar telah ditutup.